Home  /  Kanuragan  / LEMBAGA SENI BELA DIRI HIKMATUL IMAN INDONESIA

LEMBAGA SENI BELA DIRI HIKMATUL IMAN INDONESIA


LEMBAGA SENI BELA DIRI HIKMATUL IMAN INDONESIA

Hikmatul Iman sudah bubar, sebetulnya bukan bubar sih, tapi bermetamorfosa menjadi Lanterha The Lemurian Meditation. Berbicara tentang Lanterha, kita tidak bisa mengesampingkan peran besar dari LSBD Hikmatul Iman. Lembaga Hikmatul Iman telah melalui perjalanan panjang yang berliku selama 27 tahun. Banyak catatan sejarah yang telah ditorehkan olehnya. Tanpa ada Hikmatul Iman terlebih dahulu, Lanterha tidak mungkin lahir.

Setelah Hikmatul Iman menjadi kenangan, apakah kita harus membuang segala sesuatu yang berbau Hikmatul Iman? Tidak! Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Banyak catatan sejarah positif mengenai Hikmatul Iman yang tenggelam dalam mesin pencarian google. Dulu sekitar tahun 2000-an awal, informasi mengenai LSBD Hikmatul Iman dapat kita akses melalui website resminya yang bernama www.hikmatul-iman.com. Namun website tersebut telah lama mati. Ada dua buah blog bernama hikmatuliman.blogspot.com dan hikmatuliman.wordpress.com, yang ternyata isinya kosong, nggak ada informasi apa-apa di dalamnya!

Sekitar 5-6 tahun yang lalu, nama baik Hikmatul Iman mulai dicemarkan oleh blog milik Peruqyah Perdana Akhmad dan seorang mantan Hikmatul Iman bernama Mohamad Jeprie asal Ciajur. Sejak itulah, informasi di mesin pencarian Google mulai didominasi oleh berita-berita negatif. Selama bertahun-tahun, seolah tidak ada yang berusaha meng-counter pemberitaan negatif tersebut. Alih-alih mengcounter secara elegan, teman-teman kami di LSBD Hikmatul Iman justru banyak yang terprovokasi, mereka ikut aktif berkomentar dan membantah tuduhan-tuduhan blog metafisis dan hikmatulimanwatch di kolom komentar blog mereka. Patut disayangkan memang, karena dengan cara ikut berdebat di blog tersebut, tetap saja tidak membuat blog negatif tersebut menjadi positif. Yang ada hanyalah menaikan rating blog mereka, sehingga tanpa kita sadari, pemberitaan negatif tentang Hikmatul Iman malah semakin naik ratingnya di Google.

Cara terbaik untuk mengimbangi berita negatif adalah membuat blog sendiri. Jika ada berita negatif dari Haters, bantahlah dalam artikel dan postingan yang kita muat di blog sendiri. Saya sangat mengapresiasi Kang Ashari dan team yang telah membuat website hikmatuliman.or.id menjadi sebuah blog yang elegan dan profesional. Kini setelah bertransformasi menjadi Lanterha The Lemurian Meditaion, semoga ke depannya, akan semakin banyak para anggota Lanterha yang membuat blog pemberitaan yang benar dan positif tentang segala segiatan organisasi tersebut.

Tapi sayangnya, seiring dengan bubarnya Yayasan Hikmatul Iman, website hikmatuliman.or.id pun ternyata harus ikut dibubarkan. Akibatnya, semua informasi resmi yang berkenaan dengan organisasi ini pun ikut hilang. Saya pribadi sangat menyayangkan hal ini. Bukan karena saya nggak mau move on, bukan karena saya ingin mengibarkan kembali masa-masa kejayaan Hikmatul Iman yang sudah berjalan selama 27 tahun lebih itu. Bukan! Melainkan karena sudah terlalu banyak berita negatif pemutar balikan fakta yang bertebaran di dunia maya. Berita negatif tersebut tetap saja akan berimbas pada pemberitaan Lanterha, karena Lanterha merupakan hasil transformasi dari Hikmatul Iman.  Pengurus Pusat Lanterha memang sudah mulai membuat website resmi sendiri, meskipun demikian, belum bisa mengimbangi kecepatan Haters yang terus menebar berita negatif ke masyarakat.

Hikmatul Iman di Google Search Engine 7 April 2017

Mengingat banyaknya berita-berita negatif tentang Hikmatul Iman yang ditulis oleh pihak-pihak yang sengaja mendeskriditkan lembaga ini, saya merasa perlu mengumpulkan data-data tentang perguruan bela diri ini, dan mengumpulkannya dalam sebuah artikel di sini, agar masyarakat mendapatkan informasi yang berimbang dan obyektif. Kenapa? Dari mana lagi masyarakat akan mendapatkan informasi tentang Hikmatul Iman saat organisasinya sudah bubar dan website resminya ikut dihapus? Tulisan ini saya buat berdasarkan penelusuran dari data-data yang tersebar di berbagai sosial media.

Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman Indonesia (LSBD HI) merupakan perguruan beladiri yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin di Bandung pada tanggal 20 April 1989, dan merupakan perguruan dengan aliran beladiri tersendiri dan tidak berafiliasi dengan perguruan manapun.

Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) Indonesia merupakan pendidikan non-formal dari Yayasan Hikmatul Iman Indonesia yang lahir di bumi pertiwi ini dengan mendasarkan diri pada hakikat dan syari’at hukum-hukum Islam.

Inilah informasi singkat tentang Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman….

Yayasan Hikmatul Iman Indonesia lahir melalui akta pendirian pada tanggal 20 April 1989. Yayasan ini didirikan oleh Kang Dicky Zainal Arifin yang sekaligus sebagai Guru Utama LSBD HI Indonesia. Pada awalnya lembaga ini bernama Al-Hikmatul Iman, namun dikarenakan menurut tata bahasa dinilai kurang tepat, nama tersebut diubah menjadi Hikmatul Iman.

Yayasan Hikmatul Iman Indonesia mengemban misi untuk turut mengembangkan kehidupan pendidikan, sosial dan ekonomi, disamping itu pembinaan mental dan spiritual terhadap generasi muda dilakukan oleh yayasan ini, sehingga akhlakul karimah dan ketaatan pribadi muslim tersentuh untuk menciptakan manusia yang cukup mampu ilmu dan amalnya guna mengembangkan syiar Islam di zaman sekarang.

Dalam hal ini, tiga materi pokok yang saling berkaitan yang akan diajarkan di LSBD HI Indonesia, adalah:

    1. Tenaga Dalam,
    2. Tenaga Metafisika,Energi metafisika adalah energi yang menyelubungi tubuh manusia berupa aura. Energi ini dapat diperkuat melalui penyerapan tenaga dari alam. Apabila energi ini sudah kuat, gelombang frekwensi energi tersebut dapat diubah-ubah menjadi berbagai macam bentuk, jenis maupun sifat sebagaimana yang kita inginkan.Keberadaan tenaga ini dapat dibuktikan dan dapat digambarkan secara visual melalui pemotretan dengan kamera KIRLIAN, yaitu sejenis kamera yang dapat mendeteksi sekaligus menggambarkan lingkaran energi yang menyelubungi tubuh manusia. Setiap makhluk yang bernyawa pasti memiliki energi metafisika ini.Kekuatan ini terdiri dari ion-ion positif dan negatif sehingga dapat dimodifikasi dengan kekuatan tanpa batas, dengan catatan energi dimiliki orang tersebut besar sekali, dan itu bisa dilatih. Tenaga ini memiliki jenis atau ras tersendiri dan mempunyai sifat hukum tersendiri. Kegunaannya sangat banyak sekali, bahkan tanpa batas. Asal kita mau memperkuatnya dengan jalan menyerap tenaga dari aiam.Dengan kekuatan energi metafisik ini, kita dapat melakukan pengobatan, pertahanan jarak jauh, lari cepat, melawan dan menghancurkan jin, dan ribuan kegunaan lain. Kekuatan metafisika ini tanpa batas, selama kita mau memperkuatnya.Di dalam Surat Ar-Raad: 11 dinyatakan bahwa manusia dijaga oleh sesuatu yang dibahasakan dalam tafsir Al-Quran dengan istilah malaikat, mungkin zaman dulu belum ada istilah enersi sebab apabila yang dimaksudkan adalah malaikat, Al Qur’an biasanya menyatakan dengan namanya misalnya: Maiaikat Jibril. Energi ini yang kita kembangkan sehingga menjadi dahsyat sekali.
    3. Ilmu Silat (jurus-jurus bela diri).

Setelah melatih kelenturan… Baru melatih tendangan dan sapuan…

Video kiriman Dicky Zainal (@dicky_zainal) pada

Semua itu diajarkan kepada yang berminat dengan tujuan :

  1. Membentuk manusia yang selalu bertaqwa kepada Allah Swt. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam Al – Quran: “Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu” (Q.S. Adz-Dzariyat :56).
  2. Membentuk manusia Indonesia yang kuat secara fisik dan mental.
  3. Hendak mengajarkan sistem pernafasan Tenaga Dalam hasil olahan LSBD HI yang apabila dilatih sangat ringan namun mampu menghasilkan Tenaga Dalam yang memiliki hasil yang maksimal.
  4. Melestarikan peninggalan leluhur bangsa Indonesia.

Dalam hal ini perlu dijelaskan mengenai arti dari Hikmatul Iman yaitu hikmahnya orang yang beriman. Jadi yang paling utama adalah keimanan dan ketaqwaan, bukan keilmuan, sebab yang namanya ilmu itu hanya daya tarik dari organisasi yang bertujuan syiar Islam ini. Oleh sebab itu ilmu-ilmu yang diajarkan di LSBD HI tidak mengenal kata akhir dan semua ilmunya tidak sama dengan perguruan manapun, hal-hal tersebut dapat dijelaskan serta dibuktikan secara logis.

Meskipun banyak informasi kontroversial yang beredar di masyarakat, namun inilah Hikmatul Iman yang saya kenal dan saksikan sendiri aktivitasnya.

Hikmatul Iman berlatih secara rutin di berbagai ranting dan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Secara berkala, mereka mengadakan demo di ranting tempat mereka berlatih, untuk menarik minat para calon anggota baru :

This slideshow requires JavaScript.

Anggota Hikmatul Iman terdiri dari berbagai usia :

Anak-anak

This slideshow requires JavaScript.

Pemuda pemudi harapan bangsa

This slideshow requires JavaScript.

Bapak-bapak, ibu-ibu hingga kakek-nenek yang selalu berjiwa muda.

This slideshow requires JavaScript.

Hikmatul Iman mempunyai gathering nasional tahunan yang disebut Latgabnas. Acara ini menjadi event reuni dan silaturahmi keluarga besar Hikmatul Iman.

This slideshow requires JavaScript.

Banyak diantara anggota Hikmatul Iman yang mengamalkan hasil latihannya dalam bentuk Terapi Energi untuk kesehatan masyarakat.

This slideshow requires JavaScript.

Komunitas Hikmatul Iman mengembangkan satu jenis pupuk organik yang bernama POC DZA. Resep dan cara pembuatan pupuk ini dibagikan ke masyarakat secara gratis, bahkan Hikmatul Iman memberikan pelatihan cara pembuatan pupuknya agar bisa diproduksi massal dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Komunitas Hikmatul Iman pun mengembangkan inovasi di bidang kemandirian energi untuk masyarakat, mulai dari Bahan Bakar Air

This slideshow requires JavaScript.

Hingga Generator Tanpa Bahan Bakar

This slideshow requires JavaScript.


Demikian tulisan dokumentasi singkat ini saya buat, semoga bermanfaat bagi sidang pembaca …..

Comments

comments

Related Post


Sejarah Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI)
Sejarah Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI)

Pada awal berdirinya, nama perguruan ini adalah "Asmaul Haq". Perguruan…

Perkumpulan Kumara
Perkumpulan Kumara

Perkumpulan Kumara adalah suatu perkumpulan yang bergerak dibidang olah pernafasan…

Sejarah Berdirinya Perguruan Bela Diri “Tenaga Dalam” di Indonesia
Sejarah Berdirinya Perguruan Bela Diri “Tenaga Dalam” di Indonesia

Sekitar tahun 1990, saat di bangku SMA, saat itu sedang…

Tenaga Metafisik
Tenaga Metafisik

Sebelum kita membahas mengenai Tenaga Metafisik, marilah kita simak bersama…



36 thoughts on “LEMBAGA SENI BELA DIRI HIKMATUL IMAN INDONESIA

  1. Pingback: Sejarah Berdirinya Perguruan Bela Diri “Tenaga Dalam” di Indonesia | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  2. Pingback: Tenaga Dalam | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  3. Pingback: Kapan Saya Mengenal LSBD Hikmatul Iman? | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  4. Pingback: Siapa Sih Kang Dicky Zainal Arifin Itu? | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  5. Pingback: PSBDTD An Nuur | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  6. Pingback: Generator Tanpa Bahan Bakar | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  7. Pingback: Konsep Bela Diri Hikmatul Iman | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  8. Pingback: Perkumpulan Kumara | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  9. Pingback: Kang Ashari : Hikmatul Iman Sesat? DZIG! – Portal Berita "Tidak Resmi" LANTERHA!

  10. Pingback: Tayangan Hikmatul Iman di Acara Rahasia Sunah | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  11. Pingback: Jurus Arnis dan Jurus Toya Hikmatul Iman | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  12. Pingback: Metoda Pengobatan Hikmatul Iman | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  13. Pingback: Profil Hikmatul Iman Bandung Selatan | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  14. Pingback: Hikmatul Iman : Perguruan Bela Diri Yang Paling Banyak Difitnah di Indonesia | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  15. Pingback: Ini 6 Pernyataan Guru Bela Diri Hikmatul Iman Tanggapi Tudingan Sesat | Portal Berita "Tidak Resmi" LANTERHA!

  16. Pingback: Ajaran Hikmatul Iman Bukan Dari Novel Arkhytirema | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  17. Pingback: Baksos Terapi Kesehatan Hikmatul Iman Cianjur | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  18. Pingback: Gerakan Tebar Manfaat Hikmatul Iman Cabang Cianjur | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  19. Pingback: KRONOLOGI PEMELINTIRAN BERITA | LANTERHA – The Lemurian Medidation

  20. Pingback: Hikmatul Iman Sedang Dipecah Belah | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  21. Pingback: Foto Kegiatan Latgab Hikmatul Iman Untuk Kegiatan Politik | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  22. Pingback: Latgabnas Hikmatul Iman 2016 : Palutungan – Kuningan | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  23. Pingback: Latgab Hikmatul Iman Bandung Raya di Depan Bandung Indah Plaza | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  24. Pingback: Hikmatul Iman Ranting Universitas Widyatama | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  25. Pingback: Mengenal Sosok Dicky Zainal Arifin | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  26. Pingback: Terapi Gratis Hikmatul Iman di Kampus Unpas | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  27. Pingback: Hikmatul Iman Sumedang | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  28. Pingback: Milad ke-23 Hikmatul Iman Indonesia | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  29. Pingback: Hikmatul Iman : Pematahan Kikir Gantung | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  30. Pingback: Hikmatul Iman Sesat? Bagaimana Sih Pemahamannya? | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  31. Pingback: Cepat Sembuh, Pak Darto | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  32. Pingback: Sekilas Lanterha The Lemurian Meditation | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  33. Pingback: Promo Ekstra Kurikuler Seni Olah Nafas Lanterha Ranting Smantika | Portal Berita "Tidak Resmi" LANTERHA!

  34. Pingback: Hikmatul Iman Tidak Menggunakan Jin | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  35. Pingback: Tenaga Metafisik | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  36. Pingback: Inilah Lanterha The Lemurian Meditation | Portal Berita "Tidak Resmi" LANTERHA!



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *