Home  /  Kanuragan  / Perkumpulan Kumara

Perkumpulan Kumara


Perkumpulan Kumara

Perkumpulan Kumara adalah suatu perkumpulan yang bergerak dibidang olah pernafasan dan seni pengobatan yang bersumber dari Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman yang dibina oleh Kang Dicky Zainal Arifin.

Perkumpulan kumara bukan suatu aliran agama, LSM, kebatinan dan juga aliran politik, melainkan perkumpulan yang bergerak di bidang kesehatan dan terapi kesehatan. Perkumpulan ini berdiri pada tanggal 15 April 1993 di Jakarta dan diresmikan berdasarkan AD/ART tanggal 15 April 1998 di Bandung dan pendiri Perkumpulan Kumara ialah Bapak Saroso Amin Prabowo. Saat pertama kali berdiri, Perkumpulan Kumara di bawah naungan Yayasan Hikmatul Iman Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Tujuan

  1. Membentuk para anggotanya menjadi pribadi yang sehat lahir batin.
  2. Mengajarkan sistem pernafasan pembangkit tenaga dalam secara praktis yang bersumber dari LSBD Hikmatul Iman.
  3. Membentuk anggotanya yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT.

Motto

Kuasai diri – Mantapkan iman – Raih hikmahnya.

Visi

Membantu program pemerintah untuk mencapai masyarakat yang sehat lahir dan batin.

Misi

Mempererat tali silaturahmi sesama anggota Kumara dan menyebarluaskan olah raga pernafasan dan seni pengobatan.

Metode Latihan

Membangkitkan tenaga dalam secara tepat/efektif dan praktis.
Penyaluran energi untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.
Penyaluran energi untuk pengobatan.

Kegiatan

  • Latihan Olah raga pernafasan dan seni pengobatan
  • Bakti sosial
  • Posko Pengobatan
  • Hicking
  • Latihan Gabungan
  • Rubrik Pengetahuan

PERNAFASAN

Pernafasan dengan methode pelatihan pernafasan terarah dan berkesinambungan dapat mengoptimalkan distribusi oksigen keseluruh tubuh dan dapat merangsang Mitochondria untuk meproduksi ATP (Adenosin Tri Posphate) lebih optimal.

ATP inilah yang merupakan sumber energi bagi semua proses mekanisme fisiologis tubuh. Beberapa manfaat yang dapat dicapai dari pelatihan pernafasan ini:

  • Relaksasi dan kesegaran tubuh
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menyeimbangkan kimia tubuh
  • Mengendalikan stress
  • Mempercepat regenerasi sel
  • Menyeimbangkan metabolisme tubuh
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit
  • Mengaktifkan sel-sel otak
  • Mengaktifkan syarat sensorik dan motorik

Bio listrik dan aura yang dihasilkan tubuh ini dapat digunakan untuk pengobatan dan mencegah berbagai penyakit. Pembangkitan bio listrik tubuh ini dilakukan melalui proses pelatihan pernafasan tertentu, terarah dan berkesinambungan yang dapat membangkitkan getaran hawa panas / dingin. Sedangkan untukmengoptimalkan fungsi aura dilakukan dengan cara menyerap energi alam sehingga dapat mepertebal aura tubuh. Bio listrik dan aura ini adalah energi aman yang dapat dikembangkan melalui pelatihan pernafasan dan penyerapan energi alam tanpa ada amalan-amalan atau proses ritual tertentu.Pemanfaat kedua energi ini dalam pemeliharaan kesehatan sama sekali tidak menimbulkan efek samping yang negatif dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Mitochondria : Salah satu organel sel yang menghasilkan ATP melalui proses respirasi sel.

Bio Listrik : Energi yang dimiliki setiap manusia yang bersumber di ATP.

AURA

Aura adalah pancaran energi di luar tubuh yang dihasilkan / terbentuk akibat dari proses metabolisme yang terjadi didalam tubuh ( yang membentuk pancaran gelombang energi yang terdiri dari ion positif dan negatif.

Aura adalah semacam pelindung tubuh yang berada disekeliling tuguh, merupakan pelindung bagaikan atmosfir menyelimuti bumi.

This slideshow requires JavaScript.

Pada manusia yang normal Aura ini akan terlihat seperti PELANGI.

Pada manusia yang sudah melakukan olah nafas beserta olah gerak akan mampu merubah warna Aura itu sekehendak hatinya.

  • Setiap mahluk yang mempunyai peredaran cairan didalam tubuhnya, pasti memiliki Aura.
  • Pada manusia umumnya Aura ini sangat tipis adanya, berbeda dengan orang yang telah melakukan olah nafas
  • beserta olah gerak, Auranya akan menebal dan melebar.
  • Kalau ada kerusakan dari fungsi tubuh, akan terlihat pada Auranya.
  • Terjadinya Aura disebabkan adanya proses yang rumit dalam tubuh mahluk, seperti proses oksidasi-reduksi, gesekan cairan dengan dinding pembuluh, pelepasan energi makanan dsb.

KAIDAH PENGOBATAN YANG DIPAKAI DI KUMARA

1. PENYEIMBANG KIMIA TUBUH

Di dalam olah nafas untuk menuju kesehatan, baik dalam diri pasien maupun didalam tubuh kita sendiri pada prinsipnya adalah untuk mengoptimalisasi seluruh kapasitas sel dalam tubuh, yang diperkirakan berjumlah 50 triliun atau sepuluh ribu kali jumlah penduduk bumi.Sel itu sendiri merupakan sebuah kantong plastik dibungkus membran (selaput dinding sel, bagian dalamnya berisi campuran air dan senyawa kimia lain) yang berputar ditengah sel kecuali pada sel darah atau Nukleus (inti sel) melindungi DNA yang melingkar erat.Setiap sel yang hidup dalam tubuh mempunyai karakteristik yang berbeda misalnya Sel Hati yang memproduksi bahan yang berbeda dengan Sel Ginjal.Dari uraian diatas dengan begitu banyaknya fungsi-fungsi sel koordinasi pengelolaannya jadi sangat rumit, dengan susunan saraf pusat sebagai koordinator semua aktifitasnya.Seluruh pabrik (organ dalam tubuh) tak pernah berhenti bekerja baik waktu kita sedang tidur atau terjaga, sehat atau sakit, kenyang atau lapar hanya aktivitasnya ada yang aktif dan pasif berproduksi.

Kenapa tubuh bisa sakit

Sebab tak terdapat keseimbangan aktivitas sel-sel tubuh dalam bahasa medis disebut Hemeostatis Disequilibrium, dalam pengertian lain adalah:

–         Terjadinya ketidak seimbangan rohani dan jasmani

–         Irama dinamika tubuh tak seimbang.

Program dan tujuan penyaluran energi penyeimbang kimia tubuh adalah untuk menyeimbangkan atau menjadi keadaan Homeostatis (ingat dalam keadaan tubuh sakit tubuh seringkali mensintetis bahan-bahan yang tak berguna atau bahkan beracun).

Teknik dan cara penyaluran energi untuk menyeimbangkan kimia tubuh.

  • Tangan kanan atau kiri sentuhkan atau tempelkan pada daerah dada/perut/kepala atau tempat lain yang anda perkirakan cocok dengan posisi anda.
  • Getarkan atau salurkan energi anda dengan program menyeimbangkan kimia tubuh pasien (pemrograman disesuaikan secara otomatis, untuk menyehatkan tubuh pasien anda).
  • Lama penyaluran minimal 5 (lima) menit maksimal tergantung kebutuhan pasien anda.
  • Program penyaluran ini dapat dikerjakan diawal proses pengobata atau pada akhir pengobatan tergantung kebutuhan pasien anda.

2. Penyeimbang Metabolisme Tubuh

Setelah efek penyeimbang secara makro kita beralih ke sesi yang lebih spesifik yaitu menyeimbangkan metabolisme tubuh (pertukaran zat) didalam tubuh.Sebenarnya apa yang dimaksud dengan fungsi menyeimbangkan metabolisme tubuh ini, disini penulis bermaksud untuk memberikan contoh yang termudah dengan melihat sistem pencernaan tubuh kita bekerja.Ketika makan masuk mulut dimulailah perjalanan menempuh sistem pencernaan tubuh selama perjalanan itu hampir semua yang bernilai gizi terserap.Pada saat pencernaan selesai yang tersisa hanya serat, lemak dan bahan limbah lainnya untuk dikeluarkan.Pencernaan mulai dimulut, gigi menguyah makanan sementara zat kimia dalam liur terutama zat yang disebu amilase mengubah pati menjadi gula, setelah makanan ditelan, lambung mulai mengambil alih.Kontraksi ototnya mencampur makanan dengangetah lambung yang berisi enzim, misalnya pepsin yang menguraikan protein, makanan kemudian bergerak kebagian pertama usus halus yang disebut duodenum (usus dua belas jari) disitu enzim pencerna dari pancreas melanjutkan penguraiannya protein dan karbohidrat, sementara bagian lain bekerja dengan empedu hati untuk menghancurkan lemak.Usus halus menyerap hampir semua zat hara yang diperlukan tubuh, usus besar menyerap air dari bahan yang tersisa, kemudian mengeluarkan sisanya lewat anus.Sebagian besar zat hara dan air diserap selama pencernaan itu dibawa oleh vena porta menuju hati.Karbohidrat masuk kedalam darah dan berjalan ke hati sebagai glukosa ; protein berjalan sebagai asam amino dan asam lemak memasuk pembuluh getah bening (limfa).Dari uraian ringkas diatas dapat kita bayangkan bagaimana jika karena sesuatu penyakit, fungsi metabolisme usus halus, atau fungsi hati misalnya tak bekerja sesuai dengan yang diharapkan oleh tubuh yang bersangkutan.Teknik dan cara penyaluran energi untuk menyeimbangkan fungsi metabolisme tubuh.Tangan kanan atau tangan kiri sentuhkan (tempelkan) pada daerah dada/perut/kepala atau tempat lain pada organ tubuh yang menurut deteksi perkiraan anda metabolismenya sedang bekerja dengan tidak sempurna.Getarkan atau salurkan energi anda dengan program penyeimbang metabolisme tubuh pada tempat (organ tubuh yang tak beres) pasien yang bersangkutan.Lama penyaluran minimal 5 (lima) menit maksimal tergantung kebutuhan pasien anda.Program penyaluran ini dapat dikerjakan pada awal proses di tengah proses tergantung dari pendiagnosaan anda sebagai seorang pengobat.Dan pemrograman disesuaikan secara otomatis untuk penyembuhan dan pemulihan kesehatan pasien anda.

3. Energi Pembunuh Bakteri atau Pelemah Virus

Setelah kita membahas tentang penyeimbang sel dan metabolisme tubuh, kita menginjak pada sesi berikutnya yaitu penyalur energi yang lebih spesifik lagi karena energi penyaluran kita gunakan untuk menumpas atau melemahkan sistem penyakit yang menyerang dalam tubuh pasien kita.Manusia itu termasuk organisme paling komplek di bumi ini, mereka lebih mudah rusak atau terkena penyakit dari pada mahluk lain dimanapun berada.

suatu keseimbangan yang menunjang kehidupan dijaga oleh sistem tubuh, namun keseimbangan rumit ini dapat diganggu bermacam-macam cara, tetapi meski tubuh mengalami gangguan cukup banyak, tubuh cukup kuat untuk melawannya, atau untuk hidup bersamanya, penyakit yang mempengaruhi tubuh manusia dapat berupa infeksi atau non infeksi.

Penyakit infeksi dapat disebabkan oleh patogen organisme kecil virus, bakteri dan jamur. Patogen (zat pembawa penyakit) dapat masuk kedalam tubuh dengan beragam cara dan beragam pula keganasannya dari virus selesma (pilek) yang tak terlalu berbahaya hingga virus penyebab AIDS yang praktis membawa maut.

Untuk melindungi tubuh terhadap patogen ini, manusia mengembangkan serangkaian pertahanan yang disebut sistem kekebalan yang bekerja dengan manganalisis protein patogen dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat protein sendiri yang disebut antibodi untukm melawan serangan tersebut.

Penyakit non infeksi sperti diabetes dan arteriosklerosis banyak penyebabnya seringkali bersifat turunan karena timbul lebih sering pada keluarga tertentu dari pada keluarga lainnya.

Penyakit lain yang menyerang manusia adalah virus, contoh yang oaling populer adalah virus influenza atau bahasa awamnya selesma atau infeksi saluran pernafasan dan selaput mucus pada pernafasan dan gejala pilek yang paling klasik yaitu bersinn batuk dan hidung berair. Gejala selesma berbeda-beda tergantung virus penyerangnya, contohnya

Rinitis : dimana ada gangguan pada rongga hidung, hidung tersumbat atau berlendir.

Faring : Radang tenggorokan disebut faringitis

Bronkus : peradangan disebut bronkitis.

Jenis-jenis virus ini umumnya tak dapat dibunuh hanya dapat dilemahkan dengan menguatkan bantuan dari sel antibodi.

Jenis yang ketiga setelah bakteri, virus adalah sel yang berproduksi terlalu cepat yang kita sebut dengan kanker.

Biasanya membentuk jalinan tumbuh yang disebut tumor, hampir setiap bagian tubuh termasuk kulit kebanyakan kebanyakan organ sistem limpa dapat menumbuhkan tumor.

Tak semua tumor berupa kanker, perbedaan kanker dan bukan kanker terletak pada sifat tumor itu, tumor non kanker (tumor jinak) tetap tinggal pada tempat mulainya dan tumbuhnya sangat lambat.

Kanker atau tumor ganas jauh lebih gawat sebab menyerang dan menghancurkan sel sehat disekitarnya. Apalagi dalam suatu proses yang disebut metastasis ( penyebaran) sel dari tumor ganas dapat lepas dan menyebar kebagian tubuh lain dan menghancurkan jaringan sel sehat ditempat yang baru.

Kalau tak dirawat tumor ganas cukup banyak menghancurkan banyak jaringan hingga korban meninggal dunia.

Teknik dan cara penyaluran energi untuk membunuh bakteri / pelemah virus atau penyetop sel yang abnormal :

Pertama tempelkan tangan kanan atau kiri, dapat juga dengan menekan telunjuk dengan program untuk menghancurkan jenis patogen yang bersangkutan pada bagian tubuh yang terkena serangan patogen tersebut.

Kedua visualisasikan energi anda untuk membunuh bakteri / melemahkan virus / menyetop pertumbuhan kanker dll. otomatis sesuai dengan tingkatan penyakit pada pasien anda.

Ketiga lama penyaluran minimal 5 menit maksimal tergantung pendeteksian anda sesuai dengan kondisi pasien yang bersangkutan.

Comments

comments

Related Post


PSBDTD An Nuur
PSBDTD An Nuur

Perguruan Seni Beladiri Tenaga Dalam dan Ilmu Hikmah (PSBDTD) An…

Yayasan Hikmatul Iman
Yayasan Hikmatul Iman

Yayasan Hikmatul Iman Indonesia lahir melalui akta pendirian pada tanggal…

Siapa Sih Kang Dicky Zainal Arifin Itu?
Siapa Sih Kang Dicky Zainal Arifin Itu?

Dicky Zainal Arifin atau lebih dikenal dengan Kang Dicky ini…

Latgab Hikmatul Iman 2014 – Pelabuhan Ratu
Latgab Hikmatul Iman 2014 – Pelabuhan Ratu

Latgab kali ini diselenggarakan di Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa…



One thought on “Perkumpulan Kumara

  1. Pingback: Latgab Lanterha Baraya – Padepokan, 23 Juli 2017 | Portal Berita "Tidak Resmi" LANTERHA!



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *