Home  /  hikmatul iman  / Hikmatul Iman : Perguruan Bela Diri Yang Paling Banyak Difitnah di Indonesia

Hikmatul Iman : Perguruan Bela Diri Yang Paling Banyak Difitnah di Indonesia


Hikmatul Iman : Perguruan Bela Diri Yang Paling Banyak Difitnah di Indonesia

Pengantar Admin

Mengingat semakin gencarnya gerakan fitnah terhadap Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman, yang sekarang sudah bertransformasi menjadi Lanterha The Lemurian Meditation, kiranya banyak sekali arsip dokumentasi lama yang harus dimuat ulang agar bisa terlihat oleh masyarakat awam yang belum mengenal LSBD Hikmatul Iman.

Isi tulisan ini secara garis besar dibuat oleh Kang Dicky Zainal Arifin pada tahun 1990-an dan pada tahun 2003 Beliau menyuruh untuk ditulis ulang agar bisa dimuat pada web site HI, alhamdulillah dengan ijin Allah setelah direvisi sedikit, tulisan ini bisa diselesaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi komunitas HI dan komunitas Islam. Aamiin.

Yang jadi masalah, ternyata website resmi Hikmatul Iman pada saat itu, www.hikmatul-iman.com, sudah lama terbengkalai hingga akhirnya mati, akibatnya tulisan ini juga ikutan hilang. Untunglah ada seorang facebooker yang menuliskannya di catatan miliknya….

Admin menemukannya di https://www.facebook.com/notes/muhammad-fahmi-mulki/fitnah-terhadap-hikmatul-iman-indonesia/556482874402817/


Assalaamu’alaikum wr.wb.

Firman Allah SWT:

“Sesungguhnya orang-orang yang menyukai tersiarnya (berita) kekejian di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS:24 [An-Nur]: 19)”

FITNAH TERHADAP LSBD HIKMATUL IMAN

Ayat pada QS:24 [An-Nur]: 19 di atas berisi ancaman terhadap orang-orang yang senang menyiarkan berita bohong yang merusak keakraban dan kedamaian kedamaian umat Islam.

Akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita di masyarakat yang kebenaranya meragukan. Terlebih yang paling menyedihkan lagi masyarakat cenderung senang mendengar berita tentang sesuatu yang jelek dan menjelekkan. Sekarang kita jangan dulu membicarakan berita-berita besar yang direkayasa. Kita bicarakan dulu contoh kecil yang ada; yaitu berita tentang Lembaga Seni Beladiri Hikmatul Iman Indonesia. Banyak sekali fitnah-fitnah yang melanda lembaga ini, seperti :

  1. Awas jangan belajar di Hikmatul Iman, ilmunya bantuan jin.
  2. Hikmatul Iman itu sesat, karena puasa-puasa, wirid-wirid, jampi-jampi, bisa-bisa kamu jadi gila.
  3. Jangan belajar di Hikmatul Iman karena semua yang dipelajarinya bid’ah.
  4. Dan banyak lagi fitnah-fitnah lain yang tidak perlu disampaikan disini.

Banyak orang yang tertipu pada berita bohong tersebut. Hal itu disebabkan karena para penyampainya adalah orang-orang yang biasanya menyampaikan masalah agama, soal kebaikan dan kebenaran, dan bukan hal-hal lain yang bersifat ideal.

Lebih fatal dan lebih menyedihkan, fitnah tersebut justru malah lebih banyak disampaikan dan dibahas dalam mentoring yang diadakan di DKM-DKM yang tidak perlu disebutkan disini. Padahal seharusnya, kegiatan mentoring keagamaan adalah sarana dimana orang menyampaikan kebenaran dan orang yang mencari kebenaran.

Mengapa sekarang DKM-DKM dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sebagai tempat penyebaran fitnah (plus ghibah) ?!

Setelah diselidiki lebih lanjut ternyata mereka sama sekali tidak tahu-menahu tentang LSBD HI. Dengan hanya bermodalkan rasa tidak suka (mungkin juga iri) pada Hikmatul Iman dan malu bila tidak menjawab pertanyaan tentang Hikmatul Iman dari orang awam maka dengan muka tebal mereka bicara tidak karuan tentang LSBD Hikmatul Iman Indonesia.

Diriwayatkan daripada Huzaifah r.a katanya: Saidina Umar r.a pernah bertanya aku ketika aku bersamanya. Katanya: Siapakah di antara kamu yang pernah mendengar Rasulullah s.a.w meriwayatkan tentang fitnah? Para Sahabat menjawab: Kami pernah mendengarnya. Saidina Umar bertanya: Apakah kamu bermaksud fitnah seorang lelaki bersama keluarga dan jiran tetangganya? Mereka menjawab: Ya, benar. Saidina Umar berkata: Fitnah tersebut boleh dihapuskan oleh sembahyang, puasa dan zakat. Tetapi, siapakah di antara kamu yang pernah mendengar Nabi s.a.w bersabda tentang fitnah yang bergelombang sebagaimana lautan bergelombang? Huzaifah berkata: Para Sahabat terdiam. Kemudian Hudzaifah berkata: Aku, wahai Umar! Saidina Umar berkata: Engkau. Lantas Saidina Umar memuji dengan berkata ayahmu adalah milik Allah. Huzaifah berkata: Aku dengar Rasulullah s.a.w bersabda: Fitnah akan melekat di hati manusia bagaikan tikar yang dianyam secara tegak-menegak antara satu sama lain. Mana-mana hati yang dihinggapi oleh fitnah, nescaya akan terlekat padanya bintik-bintik hitam. Begitu juga mana-mana hati yang tidak dihinggapinya, akan terlekat padanya bintik-bintik putih sehinggalah hati tersebut terbahagi dua: Sebahagiannya menjadi putih bagaikan batu licin yang tidak lagi terkena bahaya fitnah, selama langit dan bumi masih ada. Manakala sebahagian yang lain menjadi hitam keabu-abuan seperti bekas tembaga berkarat, tidak menyuruh kebaikan dan tidak pula melarang kemungkaran, segala-galanya adalah mengikut keinginan hawa nafsunya.

“Dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan (QS:2 [Al-Baqarah]: 191)”

FITNAH TERHADAP KANG DICKY

1. Bertapa di Garut

Pada suatu malam sekitar tahun 1996, setelah melatih di STKS, ada salah satu radio di Bandung memberitakan bahwa Kang Dicky bertapa di Garut untuk mendapatkan ilmunya. Hal ini memberikan berbagai reaksi dari pendengarnya, ada yang percaya, ada yang langsung menelepon pada pengisi acara tsb, bahkan ada beberapa murid HI yang datang dan menanyakan langsung pada pengisi acara yang kebetulan masih ada di radio tsb. Namun, masalahnya tidak terselesaikan pada saat itu.

2. Berselingkuh

Diriwayatkan daripada Usamah bin Zaid r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Tidak ada fitnah yang paling membahayakan kaum lelaki selepas zaman aku kecuali fitnah dari kaum wanita.

Begitu pula dengan Kang Dicky yang tidak lepas dari fitnah seorang wanita, hingga pernah diisyukan berselingkuh dengan seorang wanita. Ia meneror dan mengirim surat kaleng ke rumah Kang Dicky. Benarkah perselingkuhan itu terjadi? Ternyata hal itu tidak benar. Karena yang melakukannya adalah seseorang yang pernah menyukai Kang Dicky tapi bertepuk sebelah tangan. Saat ini, setelah terlihat bahwa Guru Silat itu menjadi makmur, ia berupaya dengan segala cara agar bisa mendapatkannya kembali. Akhirnya masalah ini terselesaikan setelah Kang Dicky menjelaskan pada keluarganya bahwa ia tidak punya hubungan apa-apa dengan wanita tsb.

3. Memusuhi Aa Gym

Diberitakan bahwa Kang Dicky memusuhi Aa Gym yang berasal dari ucapa Aa Gym yang memfitnah HI menggunakan jin, maka bagi siapapun yang menjadi murid HI wajib memukul Aa Gym! Benarkah demikian? Masalah ini dipicu oleh Diktat LSBD HI yang kemudian mencuat ke Forum di Web site HI.

4. Menyebarkan Faham Aliran Sesat

Di negara kita ini, nampaknya isyu agama adalah cara paling ampuh untuk melakukan pembunuhan karakter bagi seseorang. Apa yang diberitakan sekelompok orang terorganisir bernama Hikmatulimanwatch dan blog metafisis milik seorang praktisi ruqyah adalah pemelintiran informasi yang sangat masif dan terstruktur. Mereka memelintir dan merekayasa kumpulan informasi berbagai diskusi internal murid-murid HI yang materinya memang out of the box yang sebetulnya semuanya berada di paparan diskusi. Data-data tersebut mereka olah dalam bentuk artikel narasi persuasi untuk menggiring opini pembaca yang sangat awam mengenai Hikmatul Iman dan Guru Utamanya. Dengan kucuran dana “dari pihak sponsor”, mereka mendatangi media masa cetak, media online, radio, hingga televisi untuk membuat tulisan dan reportase yang mendeskriditkan pihak Hikmatul Iman.

This slideshow requires JavaScript.

Saya ilustrasikan, bagaimana gampangnya membuat fitnah dan provokasi dari sebuah informasi, hanya berdasarkan  sudut pandang  dari data yang sama :

Misalkan ada Informasi seperti ini :

Sang provocator melakukan crop sedikit, jadilah gambar tak senonoh dan provokatif dari sebuah informasi yang dipotong-potong dan tidak lengkap, yang bisa diinformasikan sebagai “kata-kata makian yang tidak senonoh”

Seperti itulah ilustrasi sederhana dari metoda fitnah dan provokasi yang dilakukan oleh Hikmatulimanwatch dan Blog Metafisis tersebut.

Mereka menyusun berbagai artikel dari potongan-potongan pembicaraan internal anggota HI yang tersebar di Facebook hingga group WhatsApp dan Blackberry Messenger, lalu dibungkus dengan kutipan-kutipan ayat Al Qur’an dan berbagai hadits sehingga bagi orang awam tampak benar. Bukankah cara berbohong pada masyarakat awam adalah membungkusnya dengan agama? Cobalah Anda pikirkan, benarkah yang mereka lakukan itu Islami?

ANTISIPASI YANG DILAKUKAN

1. Penjelasan LSBD HI

Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) didirikan pada bulan April 1989 oleh Kang Dicky Zainal Arifin dengan tujuan syiar islam, atau minimal untuk meng-Islamkan orang yang Islam sendiri. Zaman sekarang banyak orang yang mengaku Islam tetapi tidak pernah menjalankan apa yang diperintahkan oleh agama yang dianutnya. Lembaga ini mencoba dengan cara menggunakan daya tarik Bela Diri untuk berdakwah secara tidak langsung. Ada 3 macam yang dipelajari, yaitu: Tenaga Dalam, Tenaga Metafisika, dan Ilmu Silat.

Di LSBD HI diajarkan cara mengembangkan energi tubuh yang dihasilkan oleh suatu unsur kimia tubuh yang berfungsi menghasilkan energi yang disebut ATP (Adenosin Tri Phospat). Energi yang dihasilkan oleh ATP ini sangat melimpah ruah dan kita sendiri tidak tahu sampai akhirnya, sedangkan dalam sehari-hari kita hanya menggunakan 2,5% dari seluruh energi yang dihasilkan oleh kimia tubuh tersebut.

Energi itu bila dikembangkan melalui sistem pernafasan tertentu secara kontinyu, maka akan menghasilkan tenaga yang luar biasa berasal dari 97,5% energi yang berfungsi sebagai cadangan, sehingga dapat dipergunakan untuk berbagai hal. Seperti: menghancurkan benda-benda keras, menguatkan tubuh, membangkitkan kemampuan ESP (Extra Sensory Perception) yang biasa disebut dengan indra keenam, menyembuhkan berbagai penyakit dan kelainan tubuh, baik pada diri sendiri maupun pada orang lain, serta ribuan manfaat lain.

Tenaga Dalam yang terlatih sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit medis dan non medis. Sudah ada puluhan ribu orang yang merasakan manfaat terapi di Manajemen Terapi Hikmatul Iman.

Selain itu diajarkan pula cara menyerap energi alam dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik tubuh. Energi tersebut memebentuk atmosfir kasat mata yang menyelubungi tubuh sejak mansuia dilahirkan. Sebagian orang menyebut atmosfir ini dengan istilah Aura.

Apabila gelombang ini dimanfaatkan untuk menyerap gelombang yang sejenis di alam, maka kekuatannya akan meningkat tanpa batas. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, membentuk medan perisai (energy shield), mempengaruhi kekuatan lain dan ribuan manfaat lainnya.

Seorang ilmuwan Rusia bernama KIRLIAN telah berhasil menemukan alat yang dapat menagkap sekaligus merekam gelombang atmosfir Elektromagnetik tubuh. Alat tersebut dinamakan Kamera Kirlian, sesuai dengan nama penemunya. Setelah dikembangkan lebih lanjut, jadilah kamera yang lebih canggih yang diberi nama Aura Camera 3000.

Satu lagi yang diajarkan sebagai pelengkap di LSBD HI adalah ilmu silat. Ilmu silat adalah gerak tubuh yang berupa teknik dan taktik untuk membela diri, dan mengantisipasi setiap aksi berupa serangan – serangan fisik. Ilmu silat yang diajarkan di LSBD HI memiliki jurus – jurus yang berbeda dengan perguruan lain, sebab memiliki rahasia tersendiri.

Semua yang diajarkan di LSBD HI dapat dipertanggungjawabkan secara agama dan dapat dibuktikan secara iptek dan ilmiah. Ilmu-ilmu yang diajarkan di LSBD HI tidak mengenal kata akhir atau tanpa batas.

2. Konfirmasi

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesali atas perbuatanmu itu. (QS:49 [Al-Hujurat]: 6)”

Hampir pada setiap kasus fitnah terhadap HI, selalu dilakukan konfirmasi/tabayyun melalui lisan/pembicaraan ataupun tulisan, jika tetap membandel, terpaksa diberikan teguran secara fisik. Seperti yang pernah terjadi pada mahasiswa sekaligus aktifis DKM Al-Ihsan STKS oleh murid HI karena aktifis DKM tsb. memberitahukan pada setiap mentoringnya bahwa HI bidah dan menggunakan jin.

Konfirmasi dilakukan pula pada kasus Aa Gym, dimana Kang Dicky mendatangi langsung rumah Beliau, bahkan percakapan yang dilakukan direkam. Untuk sesaat masalahnya selesai, tapi dikarenakan ada pihak yang terus menginginkan ada perseteruan antara ke-2 pihak ini, maka masalahnya kembali berlanjut. Secara pribadi Kang Dicky tidak memusuhi Aa Gym, bahkan siap membantu jika Aa Gym memerlukan bantuan.

Pihak HI meminta agar Pihak DT melakukan konfirmasi sehubungan dengan isyu yang berasal dari DT bahwa HI menggunakan jin, konfirmasi diperlukan agar DT terlepas dari fitnah dan Program MQ bisa berjalan sesuai dengan kejernihan Qolbu komunitas DT. Bagi Keluarga Besar Daruut Tauhiid yang kebetulan membaca tulisan ini, tolong diberitahukan kepada Aa Gym bahwa pihak HI siap untuk mengkonfirmasi kapan saja dan dimana saja agar masalah yang ada bisa cepat terselesaikan demi tegaknya syi’ar Islam.

Pada kasus dengan salah satu radio yang memberitakan bahwa Kang Dicky bertapa, masalahnya selesai setelah pengisi acara didatangi langsung oleh Kang Dicky, lalu setelah berdialog pengisi acara tersebut yang juga pendiri salah satu perguruan pernafasan di Bandung meminta maaf atas kesalahannya. Oleh Kang Dicky yang bersangkutan diminta agar mengklarifikasi hal tsb. dalam 3 kali siarannya bahwa Kang Dicky tidak bertapa di Garut yang nota bene bahwa HI atau Kang Dicky justru melarang bertapa karena tidak sesuai dengan syariat Islam.

3. Pembuktian

“Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) agama itu hanya untuk allah belaka . Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim. (QS:2 [Al-Baqarah]: 193)”

Tidak jarang orang-orang menginginkan pembuktian bahwa HI itu benar, baik dari segi keilmuan berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah saw maupun dalam bukti kongkrit.

Dengan senang hati, jika ada pihak yang menginginkan hal ini, akan dilayani oleh pihak HI, selama tujuannya demi kebenaran bukan untuk mencari pembenaran dan kemenangan sepihak. Sebetulnya sejak awal, HI lebih menekankan pada bukti daripada teori, ini yang belum banyak diketahui oleh pihak yang berada di luar komunitas HI.

BAHAYA FITNAH

Sungguh, sebagaimana peringatan Allah SWT dalam QS:2 [Al-Baqarah]: 191, yang menekankan tentang bahaya fitnah maka dalam berbagai kesempatan Rasulullah memperingatkan kita akan bahaya fitnah tersebut, diantaranya:

Diriwayatkan daripada Huzaifah r.a katanya: Aku telah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda: Tidak masuk Syurga orang yang suka menabur fitnah.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a katanya: Ketika Rasulullah s.a.w melalui dua buah kubur, baginda bersabda: Ingatlah, sesungguhnya dua mayat ini sedang disiksa, tetapi bukan kerana melakukan dosa besar. Seorang disiksa karena dulunya dia suka membuat fitnah dan seorang lagi disiksa kerana tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. Kemudian baginda meminta pelepah kurma lalu dibelahnya menjadi dua. Setelah itu beliau menanam salah satunya pada kubur yang pertama dan yang satu lagi pada kubur yang kedua sambil bersabda: Semoga pelepah ini bisa meringankan siksanya, selagi pelepah ini belum kering.

Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Apabila seseorang dari kamu berada dalam keadaan tasyahhud, maka hendaklah dia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan berdoa: Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadaMu dari siksaan Neraka Jahannam, dari siksa Kubur, dari fitnah semasa hidup dan selepas mati serta dari kejahatan fitnah Dajjal

PENUTUP

Dengan adanya uraian mengenai fitnah terhadap Hikmatul Iman, kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap semua hal, termasuk iantaranya tentang berita yang kurang/tidak valid, karena tidak mungkin akan muncul fitnah-fitnah baru atau fitnah yang lama terulang lagi.

Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Akan terjadi berbagai fitnah, di mana pada ketika itu orang yang menjauhi fitnah lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik dari orang yang berjalan, manakala orang yang berjalan lebih baik dari orang yang melibatkan dirinya dengan fitnah tersebut, orang yang terlibat dengan fitnah tersebut akan mengalami kehancuran. Sesiapa yang menemui tempat berlindung maka hendaklah beliau berlindung dari fitnah tersebut.

Bagi komunitas Islam di seluruh dunia, tidak ada salahnya jika dalam sehari-hari kita berdoa pada Allah SWT:

Ya Tuhan kami , janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagiorang-orang kafir. Dan ampunlah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau, Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana . (QS:60 [Al-Mumtahanah]: 5)

Kami memohon bantuan kepada masyarakat yang sengaja atau tidak sengaja, mendengar opini atau argumen yang menjelekkan Hikmatul Iman Indonesia, dimohon untuk memberitahukan orang/lembaga tersebut kepada kami.

Sejak dahulu kala LSBD Hikmatul Iman memang sudah mulai banyak difitnah. Ketika organisasinya masih kecil, Perguruan Silat ini banyak diadu domba dengan pihak-pihak DKM. Kini setelah organisasi ini membesar, pihak radikal berusaha membenturkan pihak Hikmatul Iman dengan berbagai ormas Islam. Sebuah strategi yang jaman dahulu sukses diterapkan di Bumi Nusantara oleh Snouck Hurgronje. 

Comments

comments

Related Post


Aura Tubuh Manusia
Aura Tubuh Manusia

Aura merupakan suatu aliran listrik yang hidup secara psikis. Aura…

Perjuangan Tim HIW Untuk Meyakinkan Masyarakat Bahwa GTBB Mustahil Bisa Terwujud
Perjuangan Tim HIW Untuk Meyakinkan Masyarakat Bahwa GTBB Mustahil Bisa Terwujud

Generator Tanpa Bahan Bakar memang menjadi kontroversi di masyarakat. Alat…

Hikmatul Iman Sumedang
Hikmatul Iman Sumedang

Ini adalah kegiatan latihan rutin Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul…

PSBDTD An Nuur
PSBDTD An Nuur

Perguruan Seni Beladiri Tenaga Dalam dan Ilmu Hikmah (PSBDTD) An…



One thought on “Hikmatul Iman : Perguruan Bela Diri Yang Paling Banyak Difitnah di Indonesia

  1. Pingback: Hikmatul Iman Sesat? Bagaimana Sih Pemahamannya? | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *