Anti Anne Ahira

Anti Anne Ahira

Saya menemukan artikel di sebuah blog jadul. Meskipun jadul, masalahnya si blog tersebut tetap nongol di halaman 1 Google. Mungkin karena official blog Bu Guru Ahira udah gak ada, jadi blog-blog jadul yang berisi konten negatifnya yang ujug-ujug naik lagi ke permukaan. Sempat kepancing sih ingin ikutan komen di sana, tapi apa manfaatnya ya? Ngapain juga ikut nge-push blog dia jadi lebih naik di alam google? Mending bahan-bahan komentarnya sya bikin tulisan aja di blog sendiri. Iya nggak? he he…

AHIRA: dari MLM ke KURSUS

 

Semenjak bisnis MLM Ahira distop oleh FFSI, Ahira pindah jalur bikin bisnis bernama AsianBrain. Kenapa saya sebut bisnis? Karena duit yang dia dapat cukup besar!

Apa itu AsianBrain?
*. Bentuknya adalah kursus
*. Peserta membayar perbulan sekitar Rp 200 ribu
*. Topik-topik yang diajarkan antara lain:
-. Bikin blog dengan WordPress
-. Gunakan blog tsb untuk jualan apa saja, jual kuda pun bisa!
-. Cari duit lewat Google-Adsense
-. Domain Parking
*. Rp 200 ribu belum termasuk biaya fotokopi bahan “kuliah”
*. Pelajarannya sengaja dimolor-molorin, dengan bumbu “sukses”
*. …. (Silakan anda tambahkan sendiri)

Tahukah anda bahwa:
semua yang diajarkan di atas itu sebenarnya semua bahannya bisa dicari di internet secara GRATIS?

Perihal bikin blog di WordPress:
*. Harusnya tak sampai 5 menit pun bisa dilakukan sendiri, tak perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Asal niat belajar sendiri saja.

Perihal jualan di blog:
*. Dari dulu sudah dilakukan orang. Misal saya mau jual motor saya, tinggal saya tulis saja di blog saya, tanpa perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Bisa kok dilakukan sendiri. Asal niat belajar saja.

Perihal cari duit lewat Google-Adsense atau link exchange lainnya:
*. Sejak jaman geocities 10 tahun yang lalu, link-exchange seperti itu sudah ada. Google-Adsense itu cuma salah satu produk baru dari hal yang sudah ada sejak dulu. Tinggal dipelajari saja cara kerjanya, bisa dimengerti, gratis, tanpa perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Asal niat belajar sendiri aja.

Perihal domain parking:
*. AsianBrain berbisnis domain parking, jadi buat mereka yang ikutan kursusnya, digiring juga untuk keluar duit lewat domain parking AsianBrain. Ini membikin ketergantungan. Orang yang cerdik akan mengurus sendiri domainnya. Caranya, cari infonya yang banyak tersebar di internet, sehingga kita bisa tahu banyak hal. Jangan cuma mau digiring ke satu tempat oleh AsianBrain. Be Smart lah 😉

CATATAN PENTING:
Di AsianBrain, JIKA anda sudah mulai diajar bahwa: “untuk sukses, anda harus narik orang ikutan AsianBrain dan sebagian iuran dia masuk ke kantong anda” maka bisnis ini sudah masuk ke kriteria MLM karena prinsip REPLIKASI sudah terpenuhi.

Harusnya tak sampai 5 menit pun bisa dilakukan sendiri, tak perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Asal niat belajar sendiri saja.

Buat sebagian orang seperti si penulis blog AntiAnneAhira ini mungkin iya. Tapi masalahnya, bagi mayoritas orang awam, bikin blog itu cukup kompleks. Apalagi jika yang dimaksud adalah Blog yang bisa menghasilkan uang. Orang butuh detail teknis informasi tentang :

  • Potensi apa saj yang ada di blog yang dia buat
  • Apa saja yang bisa dia lakukan hingga blognya menghasilkan uang.
  • Cara memilih nama domain berdasarkan kata kuci yang berhubungan dengan rencana bisnisnya.
  • Cara memilih domain dan hosting yang cocok untuk bisnisnya
  • Plugin WordPress apa saja yang dia butuhkan
  • Cara mempromosikan blognya hingga menghasilkan uang
  • dan seterusnya

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, itu semua gak cukup dilakukan dalam waktu 5 menit hanya dengan modal google gratisan. Saya butuh penjelasan yang sistematis, modular, terstruktur. Terlalu banyak informasi yang simpang siur di mesin Google. Terlalu banyak juga distract-nya yang bikin saya gak bisa fokus di Google.

Dari dulu sudah dilakukan orang. Misal saya mau jual motor saya, tinggal saya tulis saja di blog saya, tanpa perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Bisa kok dilakukan sendiri. Asal niat belajar saja.

Dari pengalaman mencoba sendiri, jualan di blog itu ternyata gak sesederhana itu, Ferguso. Bikin blog gratisan memang gampang. Tapi untuk blog wordress berbayar, meski klo cuma bikinnya sih memang gampang juga, banyak aspek yang nguliknya cukup lama juga klo dilakukan sendiri. Tanpa bergabung di komunitas para pembelajar Internet Marketing, saya mungkin gak akan tahu soal Landingpage, Elementor, InstaBuilder, Plugin Web Affiliasi, Plugin Web Membership, Layanan Email Marketing, dan peralatan lain yang biasa digunakan oleh para Internet Marketer profesional. 

Sejak jaman geocities 10 tahun yang lalu, link-exchange seperti itu sudah ada. Google-Adsense itu cuma salah satu produk baru dari hal yang sudah ada sejak dulu. Tinggal dipelajari saja cara kerjanya, bisa dimengerti, gratis, tanpa perlu harus bayar kursus ke AsianBrain. Asal niat belajar sendiri aja.

Betul sih, tapi buat dapat akun Adsense itu gak gampang lho. Ada prosesnya yang bagi orang-orang awam, apalagi gaptek, itu jadi kendala besar. 

Lagipula gak setiap orang bisa bikin artikel berkualitas, yang dibuat berdasarkan riset kata kunci, yang bisa menghasilkan uang dari Adsense ini. Orang awam malah gak ngerti apaan tuch “Riset Keyword” 😀

AsianBrain berbisnis domain parking, jadi buat mereka yang ikutan kursusnya, digiring juga untuk keluar duit lewat domain parking AsianBrain. Ini membikin ketergantungan. Orang yang cerdik akan mengurus sendiri domainnya. Caranya, cari infonya yang banyak tersebar di internet, sehingga kita bisa tahu banyak hal. Jangan cuma mau digiring ke satu tempat oleh AsianBrain. Be Smart lah 😉

Saya belum ngerti apa maksud domain parking di sini? Apa yang dia maksud adalah beli domain di  layanan Asian Brain hosting? Saat itu memang banyak orang yang bingung cara beli domain dan hosting itu prosesnya seperti apa dan siapa yang harus dihubungi. Sangat berbeda jauh dengan kondisi sekarang. Jadi soal giring menggiring itu, ya itu cuma soal persepsi dia saja. Kata saya sih begitu.

CATATAN PENTING:
Di AsianBrain, JIKA anda sudah mulai diajar bahwa: “untuk sukses, anda harus narik orang ikutan AsianBrain dan sebagian iuran dia masuk ke kantong anda” maka bisnis ini sudah masuk ke kriteria MLM karena prinsip REPLIKASI sudah terpenuhi.

Menurut saya sih, program affiliasi AsianBrain itu khan sifatnya gak wajib. Cuma untuk para pemula, mereka khan masih banyak yang bingung apa yang mau dijual. Produk sendiri dia gak punya.Produk orang lain, dia gak ngerti harus jual produknya siapa. Jadi ya salah satu bahan yang bisa dia jual di awal belajar Internet Marketingnya, ya ikut program affiliasinya Ahira. 

Comments

comments

You cannot copy content of this page