MNC Playbox Atau Playbox Bekas Indihome Yang Sudah Di-Unlock, Pilih Mana?

MNC Playbox Atau Playbox Bekas Indihome Yang Sudah Di-Unlock, Pilih Mana?

Beberapa minggu terakhir ini, saya sering sekali melihat iklan Playbox Android untuk mengubah TV bisa menjadi Smart TV.  Buat teman-teman yang sudah pada pake Smart TV sih, seharusnya memang udah gak perlu beli Playbox lagi. 

Baru-baru ini, awal tahun 2020, MNC group baru saja melaunching MNC Playbox. Mari kita lihat preview penampakan Playbox di bawah ini :

Tak lama kemudian, Transvision pun melaunching XStream Transvision Media Box. Harga starter pack yang dia tawarkan juga gak jauh beda.

Benarkah para pemilik SmartTV udah gak perlu beli playbox? Harunsya sih begitu. Tapi… beberapa bulan yang lalu saya pernah menginstall aplikasi Mola TV di HP android biar bisa nonton Liga Inggris. Namun ternyata, saat streaming berlangsung, saya gak bebas menonton streaming di HP,  lantaran cuma dikasih lihat seperempat layar! Nyebelin neh si Mola. Artinya apa? Produsen Mola TV tetap memaksa calon konsumennya untuk tetap membeli playbox atau parabola Mola. Aplikasi Mola TV juga jelas gak bakal optimal saat diinstall di Smart TV Kesimpulan, produsen playbox juga berhasil memaksa para pemilik SmartTV untuk tetap harus beli Playbox-nya dia! Kampret khan? 😀 

Untunglah itu cuma berlaku buat penggila bola aja. Menurut saya pribadi sih, provider Moia itu kurang flexible. Kenapa dia gak bikin aturan yang lebih enak, sepoerti Netflix aja, boleh diinstall di device apapun, lalu terapkan iuran bulanan. Itu khan lebih fair daripada memaksakan pelanggan buat beli playbox Mola maupun parabola Mola yang bikin ribet…

Siapa saja sih yang butuh Playbox ini? Ada beberapa golongan. Pertama, orang yang cuma punya TV biasa tapi inginn mengupgrade TV-nya menjadi Android SmartTV. Kedua, orang-orang yang gak puas dengan konten TV kabel dari para provider tempat dia berlangganan. Contoh yang paling nyata, dalam hal ini adalah para pelanggan Indihome, First Media, MyRepublic, BizzNet dll yang di konten TV kabelnya gak ada MNC Group-nya. Contohnya anak saya yang saat itu selalu komplain karena di Indihome gak ada Ipin-Upin-nya. Atau seperti Ibu saya yang butuh tayangan RCTI. Meski seberanya itu gampang banget diatasi dengan cara pasang antena luar sih.  

Buat saya pribadi, alat ini berguna buat nonton Youtube dan IFLIX di TV, karena saya belum punya Smart TV. Kalau Liga 1 maen lagi, saya juga butuh donk nonton di layar TV.

By the way, baru-baru ini saya mulai berlangganan First Media. Kenapa saya pilih First Media? Karena di tempat tinggal kami di PBR Bojongsoang gak ada pilihan lain selain First Media dan Indihome. Saya pasti gak akan pilih Indihome yang udah jelas ngeblokir Netflix, he he…  Setelah layanan terpasang, Saya baru nyadar klo TV kabel First Media ternyata belum ada TV on Demand-nya seperti Indihome dan MNC Play Media. Layanan TV on demand First Media baru tersedia jika kita ambil playbox-nya dengan tambahan biaya sekitar 50rb rupiah per bulan. Sebetulnya tadinya saya malah cuma ingin internetnya saja tanpa harus ada TV kabelnya, karena udah tahu klo di First Media-pun, TV-TV dari MNC Groupnya juga gak ada. Tapi ternyata harganya malah lebih murah include TV kabel, karena masih dalam masa promosi. Daripada saya harus nambah biaya 50Rb per bulan untuk berlangganan First Media X, saya lebih suka beli STB Android ini.

Kembali ke masalah Android Playbox. Info menarik saya dapatkan dari Google. Saat ini di marketplace banyak dijual Playbox bekas Indihome yang sudah di-utak-atik. Di Google pun ternyata banyak tutorial cara meng-unlock dan me-root STB tersebut. Kalau kita sulit meng-unlock-nya sendiri, ternyata cukup banyak juga layanan jasa unlock untuk STB-STB bekas Indihome. Kalau kita gak punya STB bekasnya karena sebelumnya memang gak pernah langganan Indihome, ternyata cukup beli aja yang udah di-unlock dan dipasangin banyak aplikasi di dalamnya. Sebagai catatan saja, jika kita berhenti berlangganan Indihome, biasanya petugasnya pada males ngambilin router dan STB yang pernah terpasang di rumah kita. Mungkin itu sebabnya kenapa banyak STB bekas Indihome yang dijual bebas di Marketplace.

Apa saja bedanya MNC Playbox dengan Unlocked Playbox?

Karena kebetulan saat ini, dua-duanya saya punya, saya akan coba review dan share dari pengamatan dan pengalaman pribadi selama menggunakan kedua jenis playbox ini

Apa sih bedanya STB Indihome resmi dengan STB tidak resmi yang sudah dioprek ini? Kalau yang asli masih dikunci sama pihak Telkom. Dalam kondisi ini kita gak bisa bebas install berbagai aplikasi tambahan di dalamnya. Untuk STB yang sudah unlocked oleh pihak-pihak kreatif yang nge-rootnya, begitu dinyalain, kita gak bakal lihat logo Indihome lagi di layar TV.-nya. Aplikasinya lebih banyak, udah kayak di HP Android. Untuk memainkan Playbox ini, tinggal hubungkan dengan TV,  atur settingan wifi-nya, lalu jalan dech tanpa harus berlangganan Indihome, he he…

Harga Beli

Pertama, dari segi harga. MNC Playbox  dijual dengan harga resmi sekitar 1 juta rupiah, kondisinya baru. Itu termasuk biaya berlangganan untuk 3 bulan pertama. Playbox Transvision XSTREAM pun dijual dengan harga sekitar sejutaan juga, termasuk paket berlangganan 3  hingga 6 bulan. Nah, kalo STB  Indihome Unlocked, harganya cukup di sekiar Rp. 200 Ribu,-, hingga 300 Ribu rupiah saja, kondisinya tentu saja bekas. Tidak ada biaya langganan apapun, karena semua aplikasi yang ada di dalamnya sudah bisa langsung dimainkan tanpa harus berlangganan apapun selain koneksi internet. Nanti saya cerita apa saja plus minusnya dibanding dengan Playbox baru yang resmi itu ya…

Tampilan di Layar

Saat dinyalanan, tampilan MNC Playbox di TV agak mirip-mirip dengan Indihome Hybrid box lah. Ada saluran TV berbayarnya. Tiga bulan pertama, pelanggan MNC Play box bisa menikmati seluruh saluran TV. Setelah tiga bulan, pelanggannya mulai dech disuruh bayar sesuai dengan pilihan paket yang diinginkan pelanggan. Biayanya dimulai dari 50rb-an hingga di atas 100rb/bulan. 

Salah satu keunggulan Playbox resmi dibanding STB unlocked adalah pada fitur Catch-Up TV, atau TV on Demand, yang memungkinkan kita untuk menonton siaran-siaran TV yang udah kelewat hingga 7 hari ke belakang. Apakah fitur ini penting? Ya relatif. Tapi bagi saya yang gak punya jadwal nonton TV sih jelas penting. Dengan fitur ini, saya gak perlu rebutan TV dengan istri dan anak-anak. Biarkan mereka menikmati acara TV-nya duluan. Saya nontonnya nanti belakangan setelah mereka sibuk yang lain.

Kelengkapan Aplikasi

MNC Playbox ada akun Google-nya, semua aplikasi terhubung dengan akun Google. Untuk install dan uninstall aplikasi, semuanya dilakukan lewat Google Playstore. Nah, pada STB yang Unlocked, Google Play Storenya gak ada. Tapi di sana disediakan menggunakan APKPure dan Uptoid sebagai penggantinya.

Kualitas Tayangan Live TV

Karena gak ada program saluran TV resmi, pada STB unlock, kita bisa memainkan Live TV dari beberapa aplikasi alternatif, antara lain vidio.com. Saya mencoba streaming dengan kecepatan 10 Mbps. Hasilnya? Lumayan sih. Awalnya gambar tampak agak pecah, tapi lama-lama bagus juga. Kadang saat internetnya down, masih terjadi buffering juga. Secara kualitas sih, memang belum sebagus yang berbayar. Tapi lumayan lah buat gratisan tanpa biaya bulanan. 

Youtube, IFLIX, HOOQ, NETFLIX dkk...

Untuk teman-teman yang senang nonton Youtube di layar TV, kabar baiknya, ternyata si STB unlocked ini bisa memberikan kualitas gambar yang sama baiknya dengan si resmi berbayar ini. Setelah beberapa hari saya coba, ternyata Youtube di STB Unlocked semuanya bebas iklan. Kalau yang di Playbox MNC, Youtubenya sama persis dengan yang di HP android. Banyak iklan! 😀

Untuk IFLIX-nya, saya cukup puas dengan yang di STB Unlock. Semua tayangan bebas ditonton tanpa biaya berlangganan. 

HOOQ berjalan baik pada MNC Playbox. Namun, HOOQ ternyata tidak berhasil saya install di STB Unlocked. Saat saya coba install dari APKPure, ternyata HOOQ gak tersedia di daftar aplikasi yang bisa diinstall. Tapi untunglah layanan HOOQ bubar di akhir bulan April 2020. Jadi satu masalah berkurang 😀

Pada STB Unlock juga banyak siaran TV luar negeri yang dapat diakses melalui Red Box TV. Untuk menjalankan aplikasi ini kita butuh bantuan mouse, gak cukup pake remote. Memang agak repot sih kalau buat orang gaptek, he he..

Di STB unloked juga ada aplikasi Gudang Movie, namun ternyata udah gak bisa jalan. Wajar, karena saat ini situs-situs web video streaming lokal memang sudah banyak yang harus ditutup dengan alasan pembajakan.

Bagaimana dengan NETFLIX? Nah, ini dia yang paling nyebelin. NETFLIX tidak disupport oleh MNC Playbox. XStream Transvision juga gak mendukung Netflix. Pada saat saya mencoba di STB Unlock pun, ternyata Netflix-nya error 🙁 Satu-satunya cara ngakalin biar kita bisa nonton Netflix pake STB ini, ya cuma dengan cara Mirroring, setel di Smartphone, mirror-kan ke layar TV pake aplikasi MIRACAST.  Gak praktis sih, tapi lujmayan lah daripada sama sekali gak bisa. 

Jadi, apa donk solusi buat maenin NETFLIX dengan lancar? Untuk saat ini, Playbox mahal MNC dan STB unlocked belum bisa jadi solusi. Mungkin teman-teman bisa mempertimbangkan untuk beli yang lain. Setahu saya yang pasti bisa itu salah satunya adalah XIAOMI.

TV on Demand

 😀 Bisa gak sih kita akalin supaya di STB Unlocked ini kita punya fitur TV on Demand? Ternyata BISA, teman-teman, dengan syarat dan ketentuan berlaku tentunya. Saya coba menginstall Aplikasi TV on Demand itu ada pada aplikasi MNC Now atau Vision+, melalui aplikasi APKPure yang secara default ada di  STB Fiberhome. Setelah terinstall, lalu kita hubungkan dengan akun MNC Play Media. Setelah Aplikasi Vision+ terpasang di STB Fiberhome, ternyata gak cukup pake remote, saya membutuhkan bantuan mouse untuk menjalankan Vision+ dengan optimal. Beberapa aplikasi yang terpasang di STB itu juga ternyata memang butuh bantuan Mouse & Keyboard. Pantesan banyak yang menjual keyboard khusus untuk Playbox. 

Kabar baiknya, apl;ikasi Vidio juga punya fasilitas Catch Up TV. Memang gak selengkap Vision+. Tapi ini udah cukup bagus kok. Buat saya pribadi sih, udah cukup buat berhenti berlangganan TV Cable atau TV satelit 

Mirroring

Mirroring adalah proses menampilkan apa yang ada di lapar HP kita ke layar TV. Banyak orang yang memanfaatkan kegiatan mirroring ini untuk presentasi, atau menonton film. Baik MNC Playbox maupun STB Unlock ternyata memberikan hasil yang sama-sama memuaskan.. Mirroring ini paling sering saya gunakan saat ingin menonton NETFLIX di layar TV, lantaran aplikasi Netflix saya gak jalan, baik di box MNC maupun box ex Indihome.

Meskipun demikian, khusus untuk aplikasi Youtube dan Vidio, proses mirroringnya jauh lebih praktis. Gak perlu jalankan Miracast, karena sudah ada CHROMCAST-nya

Surfing dan Browsing

Pada MNC Playbox resmi, tidak ada aplikasi browser. Tapi di sana ada Google Assistant yang bisa membantu kita memberikan berbagai informasi. Informasi yang diberikan biasanya diarahkan pada aplikasi yang terpasang pada playbox, misalnya diarahkan ke Video Google. 

Pada STB Indihome unlock, ada browsernya, selain browser native-nya, juga tersedia opera mini. Kalo kurang cocok dengan yang dua ini, bisa saja sih kita install sendiri browser lain. Tapi buat saya pribadi sih ini gak terlalu masalah. Klo butuh browser sih, saya masih milih dari laptop dari HP. Ngapain juga dari TV? he he.. . 

KESIMPULAN

Last but not least, jujur saja, saya pribadi agak nyesel beli MNC Playbox ini. Buat pihak MNC ini masalah sepele, tapi buat saya ini masalah serius. Udah bbeli box mahal-mahal kok gak bisa maenin NETFLIX sih. Tahu gitu saya beli merek Siomay aja 😀

Comments

comments

You cannot copy content of this page