Home  /  Opini  / Sebaiknya Mahasiswa Teknik Sipil Mengenal Software Ini

Sebaiknya Mahasiswa Teknik Sipil Mengenal Software Ini


Sebaiknya Mahasiswa Teknik Sipil Mengenal Software Ini

Buat para mahasiswa dan fresh graduate Teknik Sipil, bertanyalah pada diri kita sendiri, apakah penguasaan komputer kita sudah memadai? Aplikasi office MS word dan Excel sih standar semua orang, bukan standar teknik Sipil. Bukankah begitu? Tapi khusus untuk Excel, saya sarankan untuk menguliknya sampai tingkat advanced. Banyak rahasia kekuatan Excel tersembunyi yang sangat bermanfaat untuk para insinyur 🙂

Kalau saya amati dan alami, ternyata banyak juga ya perangkat lunak yang berguna bagi mahasiswa dan alumni teknik sipil.

Software Untuk Menggambar

AutoCad

Di tingkat 1, ada mata kuliah gambar teknik atau konstruksi bangunan, khan? Setelah lulus mata kuliah itu, seharusnya mahasiswa mulai mendalami Autocad. Dalam pekerjaan nyata, gambar-gambar detail bangunan dibuat dengan program ini. Autocad adalah software untuk gambar teknik. Software ini digunakan untuk membuat detail gambar dari perencanaan. Misalnya detail perencanaan gedung dan jembatan. Sayang sekali, dulu waktu jaman saya kuliah tahun 93 hingga 98-an, dalam kegiatan asistensi ternyata banyak asisten dosen, terutama dari kalangan senior, yang justru tidak menguasai Autocad.

Oh iya, AutoCad juga ternyata bisa digunakan sebagai alat bantu perhitungan Mekanika Teknik. Saya pernah menggunakan AutoCad untuk menghitung gaya-gaya batang pada struktur Rangka Atap dengan cara grafis atau metoda Cremona, karena panjang vektor-vektor gaya dan sudut-sudutnya bisa dihitung dengan sangat tepat. Jauh lebih tepat dibandingkan dengan pensil, penggaris, busur derajat, dan kertas berpetak tentunya 🙂

Aplikasi Teknik Sipil AutoCAD

Visio Drawing

Sangat membantu untuk membuat sketsa gambar teknik yang tidak terlalu membutuhkan detail skala. Dalam mata kuliah bahasa pemrograman komputer dan Metoda Numerik, software ini sangat membantu penggambaran diagram alir. Visio juga punya template khusus untuk menggambar denah rumah dan bangunan. Cukup lumayan sih kalau cuma buat gambar denah. Tapi kalau urusannya udah sampai ke gambar bestek, tentu saja Visio sudah kurang memadai. Teman-teman harus beralih ke AutoCad, yang di dunia pekerjaan nyata Teknik Sipil menjadi salah satu tulang punggungnya.

Aplikasi Teknik Sipil Visio Drawing

Corel Draw

Untuk yang hobi menggambar, Corel Draw wajib dicoba. Jika AutoCad untuk detail gambar teknik yang sangat presisi, Corel Draw adalah untuk seni supaya gambar kita terlihat indah saat dipresentasikan. Salah satu materi pelajaran Corel Draw yang dibahas di buku The Magic of Corel Draw nya Hendi Hendratman adalah gambar denah desain rumah. Itu urusan seni ya, kalau sudah urusan detail gambar elemen-elemen gedung dan jembatan, Corel sudah gak cocok, mau gak mau harus ke AutoCad juga 🙂

Adobe Photoshop

Software Photo Editor ini sangat canggih. Tidak perlu menguasai semua kecanggihannya sih. Minimal bisa mengoptimalkan untuk edit gambar untuk pengerjaan tugas. Saat saya bantu teman yang kerja di konsultan, photoshop ini ternyata banyak digunakan untuk manipulasi ijazah dan sertifikat.. Opps! Mulai jadi kriminal kalau sudah begini mah, hi hi hi… 😀 Tapi harus saya akui dengan sejujurnya ya, hal-hal seperti ini seringkali ditemui saat dulu bekerja di konsultan-konsultan rekanan PU. Semoga ke depannya negara kita sudah jauh lebih bersih dari praktek-praktek seperti ini.

Software Alat Bantu Perhitungan

MathCAD

Nah.. ini dia informasi penting dan berguna, karena masih banyak sekali para alumni dan dosen teknik sipil yang belum tahu manfaat software ini.

Software Mathcad

Seperti kita ketahui, banyak sekali pekerjaan perencanaan Teknik Sipil yang melibatkan perhitungan-perhitungan matematis. Sebaiknya program ini mulai diutak-atik sejak masuk tahun ke 2 kuliah. Software ini berguna untuk mendalami mata kuliah apapun yang menggunakan hitungan. Saya pribadi menggunakan MathCAD untuk alat bantu perhitungan pada mata kuliah Struktur Baja, Struktur Beton Bertulang, Struktur Beton Prategang, Mekanika Fluida, dan Hidraulika. Keistimewaan mathcad adalah:

  • bentuk rumus sesuai dengan aslinya
  • sekaligus dapat menganalisis satuan hitungan yang digunakan.

Bagi yang ingin mendalami mathcad, saya rekomendasikan untuk mengkopi diktat kuliah Struktur Baja LRFD, Prof Bambang Suryoatmono, PhD, Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Oh ia, saat ini, ternyata diktat Struktur Kayu Unpar yang dosennya Prof Bambang juga ditulis dengan software Mathcad.

Cara terbaik belajar Mathcad adalah mencoba sendiri. Berawal dari “menyalin” diktat baja terebut, lambat laun saya semakin paham ara kerja software ini. Setelah semakin familiar, lalu mulai nekad menggunakan MathCad untuk perhitungan Struktur Beton dan mata kuliah lain.

Dan ternyata, MathCad ini kepake terus buat bantuin pekerjaan di Konsultan. Ciyus, Gan.. nih saya kasih contoh penggunaan MathCad untuk perhitungan Struktur Baja yang pernah saya bikin dulu 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Untuk gambar-gambar ilustrasi laporan tugas dan pekerjaan, saya biasanya menggunakan Visio dan Corel Draw untuk gambar yang tidak perlu berskala. Untuk gambar yang berskala, ya mau gak mau harus pake AutoCad.

Microsoft Excel

Excel sangat berguna di hampir semua penyelesaian tugas mata kuliah Teknik Sipil. Dulu saya sangat senang menggunakan Excel untuk membantu menyelesaikan tabel Distribusi Moment pada pelajaran Analisis Struktur (Mekanika Teknik).

Pada dasarnya, hampir semua perhitungan perencanaan Teknik Sipil selalu melibatkan Excel. Ilustrasi berikut memperlihatkan contoh penggunaan Microsoft Excel untuk membantu analisis dan desain pondasi :

Perencanaan Pondasi Dengan Excel

Salah satu tools yang sangat powerful dari Excel yang jarang dimanfaatkan orang adalah Bahasa Pemrograman Visual Basic for Application. Saya pernah memanfaatkan fitur ini untuk menggambar diagram interaksi kolom beton bertulang 🙂 Dengan memadukan kekuatan dari MathCAD dan Excel, kita bisa menyelesaikan segala perhitungan Teknik Sipil dengan laporan yang terstruktur dan sistematis.

Software Analisis Struktur

Jika telah menguasai Mekanika Teknik dan dasar-dasar perencanaan struktur, cobalah untuk mempelajari software-software berikut:

  • SAP2000,.
  • ETABS, software  analisis struktur tiga dimensi khusus gedung.
  • STAAD Pro
  • Midas Civil

Untuk level mahasiswa, minimal kuasailah SAP2000. software khusus analisis struktur umum. Bisa untuk desain gedung, jembatan, atau struktur apapun yang dibuat permodelannya. Saat kuliah, software ini berguna untuk penunjang penyelesaian tugas-tugas Perencanaan Struktur Baja, Struktur Beton, Struktur Kayu. Saat ini, SAP2000 paling mudah digunakan dan sudah tersedia banyak pustaka penunjangnya. Sebagai referensi, coba aja pelajari buku SAP2000 yang ditulis oleh Bapak Wiryanto Dewobroto, dosen Universitas Pelita Harapan, yang diterbitkan sama Elex Media Komputindo.

ETABS adalah software khusus untuk analisis struktur gedung dengan permodelan 3 dimeni.

STAAD Pro hampir mirip dengan SAP2000, bisa untuk gedung dan bisa juga untuk jembatan.

Software Manajemen Proyek

Jika sudah mengambil mata kuliah Manajemen Konstruksi atau Tata Laksana Proyek, cobalah untuk mempelajari:
Microsoft Project
Primavera Project Planner

Saya belum menemukan cara untuk menggambar Kurva S dengan MS Project & Primavera. Dulu pas masih kerja di konsultan, kurva S saya kerjakan pake Excel.

Nah, demikianlah sedikit dongeng singkat dari saya. Semoga bisa menginspirasi dan menambah semangat belajar teman-teman pembaca blog ini…

Comments

comments

Related Post


Keuntungan Visual Basic Untuk Mahasiswa Teknik Sipil
Keuntungan Visual Basic Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Dalam kurikulum pendidikan sarjana Teknik Sipil, selalu ada mata kuliah…

Cara Ampuh Melestarikan Bahasa Sunda
Cara Ampuh Melestarikan Bahasa Sunda

Bahasa sunda adalah bahasa yang sangat unik. Untuk bisa bergaul…

Anda Mau Jual Listrik ke PLN?
Anda Mau Jual Listrik ke PLN?

Kabarnya, sebentar lagi rakyat Indonesia sudah bisa jual listrik ke…

Muslim Yang Mukmin
Muslim Yang Mukmin

Ini sih untuk mereka yang gemar berpikir untuk mengkaji petunjuk…



One thought on “Sebaiknya Mahasiswa Teknik Sipil Mengenal Software Ini

  1. Pingback: Ilmu Matematika-Fisika-Kimia Apa Yang Dipake Teknik Sipil? | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *