Home  /  Dunia Pendidikan  / Software Mathcad : Alat Bantu Perhitungan Numerik Untuk Pelajar, Mahasiswa, Hingga Insinyur

Software Mathcad : Alat Bantu Perhitungan Numerik Untuk Pelajar, Mahasiswa, Hingga Insinyur


Software Mathcad : Alat Bantu Perhitungan Numerik Untuk Pelajar, Mahasiswa, Hingga Insinyur

Saya yakin sebagian besar teman-teman pembaca sudah sangat familiar dengan Software Autocad yang biasa dipergunakan oleh para arsitek dan Insinyur pembangunan. Yang mau saya bahas di sini bukan AutoCad, tapi MathCad, sama-sama “Cad” di belakangnya, tapi beda fungsi. Saya mengenal dan mulai belajar Mathcad  saat masih kuliah di Jurusan Teknik Sipil ITB dulu. Waktu itu ada satu orang teman saya yang memang hobi dan rajin mengutak-atik software komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang banyak melibatkan rumus dan hitungan. Contoh penampakan Mathcad :

Software Mathcad 1

 

Belajar Mathcad itu jauh lebih mudah daripada belajar AutoCad. Salin saja print-an hasil-hasil perhitungan Mathcad yang dibuat oleh temen anda yang sudah ahli, Insha Allah cepet bisa kok, dijamin!

Saya melihat Mathcad bagaikan melihat perpaduan spreadsheet Excel dan Microsoft Equation saat kita mengetik dengan Microsoft Word. Hal yang membuat Mathcad istimewa adalah, dia bisa menghitung sekaligus dengan satuan-satuannya. Jadi bukan cuma keluar angka-angkanya saja.

Awalnya saya tidak percaya Mathcad bisa digunakan sebagai alat bantu perhitungan untuk menyelesaikan Tugas Besar Struktur Baja, namun saya melihat dia menyelesaikan tugas tersebut dengan software itu. Memang sempat ada sedikit perdebatan dengan Asisten Mata Kuliah, karena memang masih di luar kebiasaan umum mahasiswa saat itu. Kekaguman saya pada Software Mathcad semakin membesar ketika melihat ada seorang Dosen di Universitas Katolik Parahyangan menyusun Diktat Kuliah Struktur Baja LRFD dengan Software Mathcad. Ternyata bukan cuma Struktur Baja yang beliau susun, Struktur Kayu pun begitu.

Banyak kemampuan lain Mathcad yang bisa dieksplor oleh para pencinta matematika, Fisika, dan para Insinyur praktisi desain perencanaan struktur. Mathcad teryata juga  bisa menampilkan grafik fungsi matematis yang terlibat dalam perhitungan kita.

Agar punya gambaran bagaimana cara kerja Mathcad, silahkan perhatikan dan pelajari contoh lembar kerja perhitungan desain elemen struktur baja yang saya buat di bawah ini :

Desan Batang Tekan 01

Desan Batang Tekan 02

Asyik bukan? Rumus-rumus perhitungan yang rumit tampil dalam bentuk apa adanya. Hasil perhitungan tentu sangat akurat. Dengan menggunakan lembar kerja elektronik MathCAD diatas, untuk soal-soal serupa, pembaca tinggal mencoba  mengganti angka-angka seperlunya untuk mendapatkan solusi secara instan. Lembar kerja di atas juga dapat kita percantik tampilannya dengan menambahkan gambar-gambar ilustrasi pelangkap.

Setelah memahami cara kerja MathCAD, cobalah untuk membuat sendiri. Untuk anda para mahasiswa Teknik Sipil, banyak manfaat yang bisa diambil dengan menguasai Software ini. Mathcad membuat kita terbiasa berpikir sistematis dalam memecahkan masalah perhitungan. Berdasarkan apa yang pernah saya alami sendiri, alat ini tebukti ampuh digunakan dalam perhitungan Struktur Baja, Struktur Beton Bertulang, Struktur Beton Prategang, Hidraulika, Mekanika Tanah dan Desain Pondasi.

Hal yang menghambat semangat mahasiswa untuk mempelajari software ini cuma satu sih, buat apa saya mempelajari software ini kalau dosen saya tidak paham? Begini saja, ajak saja dosen anda tersebut untuk sama-sama belajar MathCAD, he he…

Comments

comments

Related Post


Inilah Buku-Buku Eksakta “Jaman Old” Yang Melegenda dan Tetap Dicari Orang
Inilah Buku-Buku Eksakta “Jaman Old” Yang Melegenda dan Tetap Dicari Orang

Saat saya masih SMA dulu, Pak Suateng dan Pak Obos…

Apakah Borland Delphi Cocok Untuk Teknik Sipil?
Apakah Borland Delphi Cocok Untuk Teknik Sipil?

Saya tidak tahu anda-anda ini kuliah di mana. Tapi di…

Rumus The King GO
Rumus The King GO

Saat saya membuka admin area untuk memoderasi teman-teman yang berkomentar…

Mabal
Mabal

Istilah mabal saya kenal sejak SMP dulu. Mabal adalah istilah…



3 thoughts on “Software Mathcad : Alat Bantu Perhitungan Numerik Untuk Pelajar, Mahasiswa, Hingga Insinyur

  1. Pingback: Sebaiknya Mahasiswa Teknik Sipil Mengenal Software Ini | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *