Ilmu Matematika-Fisika-Kimia Apa Yang Dipake Teknik Sipil?

Di artikel ini saya mencoba berbagi wawasan saja bagi para pelajar, siapa tahu ada yang berminat kuliah di Jurusan Teknik Sipil. Apakah Ilmu Fisika perlu didalami? Yang jelas, untuk bisa diterima di Jurusan ini, Fisika Dasar SMA memang perlu dilalui dengan benar.

Cabang ilmu Fisika yang paling berkaitan dengan Teknik Sipil, tentu saja Mekanika, khususnya Statika. Juga pengetahuan Getaran dan Gelombang. Listrik dan Optik memang tidak dipakai. Dalam Teknik Sipil, Mekanika Teknik (Mektek) adalah tulang punggung ilmu yang menjadi dasar perhitungan Teknik Sipil.

Apakah Matematika banyak digunakan? Tentu saja, selama masa kuliah, ada 4 mata kuliah Kalkulus yang harus ditempuh, dan jumlah SKS nya cukup banyak. Meskipun begitu, penguasaan matematika dasar akan jauh lebih terpakai dibandingkan dengan Kalkulus Diferensial-Integral.

Tapi dalam praktek perhitungan Struktur Beton, Struktur Baja, Struktur Kayu, ternyata jarang sekali memakai Diferensial dan Integral tingkat lanjut. Yang banyak dipakai hanyalah matematika dasar biasa : perkalian, pembalian, penjumlahan, pemangkatan, pengakaran. Aplkasi Kalkulus itu erat kaitannya dengan Mata Kuliah Analisis Numerik dan Pemrograman Komputer, yang menjadi alat bantu perhitungan Teknik Sipil tingkat lanjut.

Jika ingin benar-benar menjiwai Teknik Sipil, jangan alergi pula dengan gambar teknik. Untuk yang kurang suka dengan belajar manual menggunakan tangan, kini tersedia banyak software gambar. Yang paling banyak digunakan di lapangan adalah AutoCAD. Jaman sekarang, belajar Ilmu Teknik Sipil sudah tidak sulit lagi, karena sudah banyak dukungan informasi di internet dan banyaknya aplikasi komputer yang menjadi alat bantu perhitungan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *