Hikmatul Iman : Pematahan Kikir Gantung

Hikmatul Iman : Pematahan Kikir Gantung

LSBD Hikmatul Iman, yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin di Bandung pada tanggal 20 April 1989, adalah perguruan bela diri yang memiliki aliran tersendiri dan tidak berafiliasi dengan perguruan lain. Perguruan ini mengajarkan berbagai materi yang mencakup aspek spiritual dan fisik, seperti Tenaga Dalam, Tenaga Metafisik, dan Ilmu Silat. LSBD Hikmatul Iman juga dikenal dengan pendekatannya yang mengutamakan keimanan dan pengembangan potensi manusia secara keseluruhan.

LSBD Hikmatul Iman mengajarkan tiga materi utama yang mencakup aspek-aspek spiritual dan fisik:

  1. Tenaga Dalam: Ini berkaitan dengan pengembangan energi internal melalui latihan pernafasan dan meditasi. Konsep ini melibatkan pemahaman tentang ATP (Adenosin Tri Phospat) sebagai sumber energi dalam tubuh.
  2. Tenaga Metafisik: Materi ini fokus pada penggunaan energi pada level metafisik, yang bisa mencakup kemampuan seperti pengobatan atau pertahanan diri yang tidak hanya terbatas pada aspek fisik.
  3. Ilmu Silat: Ini adalah seni bela diri tradisional yang menggabungkan aspek fisik dan spiritual dalam pertahanan dan serangan, serta memiliki filosofi mendalam3.

Materi-materi ini diajarkan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi manusia secara keseluruhan, baik dari segi fisik maupun spiritual.

Pematahan kikir merupakan salah satu bentuk uji coba hasil latihan Tenaga Dalam dengan olah nafas di Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman. Ada beberapa jenis pematahan kikir yang biasa diujikan, antara lain : kikir biasa, kikir rangkap 2, kikir rangkap 3, kikir rangkap 2 renggang, kikir di atas lantai tanpa tumpuan.

Tayangan video berikut adalah demo pematahan kikir gantung…

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *