Home  /  Renungan  / QS Al Maidah Ayat 82 – 91

QS Al Maidah Ayat 82 – 91


Pengantar :

Sebelumnya, mungkin Akang-Teteh pembaca blog bertanya, kenapa sih saya kok mengutip QS Al Maidah Ayat 82-91 di sini? Sebetulnya ini catatan pribadi juga sih, saya sedang berusaha menelaah arti, makna, dan tafsiran dari ayat-ayat ini, karena menurut sebuah artikel yang saya temukan di Facebook, ini adalah bagian dari Ruqyah untuk menyembuhkan penyakit kanker. Catatan ini Insha Allah akan sering update ketika saya menemukan hal-hal baru, baik dari membaca buku-buku tafsir, ataupun hasil diskusi dengan beberapa ustadz yang bisa saya temui….

Surah Al Maidah (Ayat 82-91).

Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.

Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Qur’an dan kenabian Muhammad s.a.w.).

Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami, padahal kami sangat ingin agar Tuhan kami memasukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh ?”.

[5:84] Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami, padahal kami sangat ingin agar Tuhan kami memasukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh ?

[5:85] Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. Dan itulah balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya).

[5:86] Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka.

[5:87] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

[5:88] Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.

[5:89] Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).

[5:90] Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

[5:91] Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).

Comments

comments

Related Post


Lipatgandakan Kebaikan Dengan Menebar Bibit Kebaikan
Lipatgandakan Kebaikan Dengan Menebar Bibit Kebaikan

Di satu desa di Osaka, Jepang, terdapat seorang petani yang…

Makna Spiritual Sabar dan Shalat
Makna Spiritual Sabar dan Shalat

Tulisan ini saya susun dari Rangkaian kultweet  Kang @dickyzainal :…

Pembahasan Masalah Poligami Akan Selalu Menuai Kontroversi
Pembahasan Masalah Poligami Akan Selalu Menuai Kontroversi

Di nagara kita, adakah contoh rumah tangga harmonis dari para…

Inovasi adalah kunci
Inovasi adalah kunci

Hari ini suka atau tidak, fakta sudah terjadi. 10 tahun…



One thought on “QS Al Maidah Ayat 82 – 91

  1. Pingback: Ruqyah Untuk Memusnahkan Sel-Sel Kanker | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *