Home  /  Renungan  / Hindari Debat

Hindari Debat


Jangan Debat

Debat itu 2-2-nya Benar

Berdebat sering kali memicu perpecahan. Karena dengan berdebat maka akan terjadi perselisihan pendapat baik dalam ucapan, bahasa tubuh, hingga akhirnya berujung pada perpecahan dan permusuhan.

Berdebat akan membuang waktu dan pikiran dengan percuma. Karena setiap manusia memiliki hak untuk berpendapat yang pasti belum tentu sama maka sia sialah usaha kita untuk berusaha memaksakan kehendak ego dengan berdebat.

Berdebat bisa membuat sesuatu yang benar menjadi salah dan sesuatu yang salah menjadi benar. Karena yang menjadi pemenang dalam debat adalah mereka yang mampu memutar balikkan kata- kata, bukti, bahasa sehingga suatu yang salah seakan bisa jadi benar. Sedangkan yang namanya kebenaran itu tidak perlu untuk diperdebatkan karena tidak akan berubah kedudukan kebenaran dimata Sang Pencipta, secerdik apapun kita mengelak, karena semua yang perbuat akan kau pertanggung jawabkan kelak di hari pembalasan.

Debat tidak pernah menyelesaikan masalah. Anda mungkin merasa “lebih baik” setelah memenangkan perdebatan, tapi mungkin kita tidak pernah menyadari bahwa memenangkan debat sebetulnya adalah hal yang sia-sia. Kenapa? Jika kita menang debat, sebetulnya kita kalah juga!

Dalam kegiatan bisnis, debat adalah hal yang sia-sia, debat membuat kita rugi. Misalkan Anda berdebat dengan calon konsumen, atau calon prospek, lalu saling adu argumen berkepanjangan, ternyata argumentasi Anda memang benar. Nah, setelah anda memenangkan perdebatan tersebut, apakah masalah anda selesai dengan mulus? Kemungkian besar Anda batal mendapatkan dia sebagai konsumen. Kenapa? Karena Orang yang kalah debat terluka harga dirinya.

Dalam perdebatan, dua-duanya berada di pihak yang benar. Jadi tidak perlu adu argumentasi untuk menunjukkan bahwa anda lebih benar dari lawan debat anda.

Satu-satunya cara terbaik untuk memangkan perdebatan adalah : Jangan terpancing untuk Berdebat!

Comments

comments

Related Post


HALAL BUAT KAMI, HARAM BUAT TUAN
HALAL BUAT KAMI, HARAM BUAT TUAN

Adalah ulama Abu Abdurrahman Abdullah bin al-Mubarak al-Hanzhali al Marwazi…

Mengetahui Kedalaman Agama Seseorang
Mengetahui Kedalaman Agama Seseorang

Di jaman Now begini, WhatApp Group adalah salah satu sarana…

Degradasi Hakikat Idul Adha
Degradasi Hakikat Idul Adha

Saya mendapatkan broadcast di group WhatsApp, judulnya "BAHAYA MEME IDUL…

Lipatgandakan Kebaikan Dengan Menebar Bibit Kebaikan
Lipatgandakan Kebaikan Dengan Menebar Bibit Kebaikan

Di satu desa di Osaka, Jepang, terdapat seorang petani yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *