Home  /  hikmatul iman  / MILAD 25 TAHUN HIKMATUL IMAN STKS BANDUNG

MILAD 25 TAHUN HIKMATUL IMAN STKS BANDUNG


MILAD 25 TAHUN HIKMATUL IMAN STKS BANDUNG

“Bersinergi dalam Keimanan dan Ketaqwaan untuk Menjalin Persaudaraan”, dipilih sebagai tema peringatan Milad 25 tahun Ranting Hikmatul Iman (HI) STKS Bandung. Tema ini menggambarkan eratnya tali persaudaraan antar anggota Himatul Iman. Berbagai rangkaian kegiatan diusung untuk memperingati milad HI STKS yang berdiri sejak 19 April 1991 ini. Diawali dengan pelaksanaan bhakti sosial terapi pada acara Car Free Day Dago (17/4). Bhakti sosial ini tidak hanya menawarkan terapi pada para pengunjung, tetapi juga menampilkan beberapa atraksi menarik yang diperagakan langsung oleh anggota HI STKS, seperti jurus toya, jurus putra, jurus putri dan lain sebagainya.

Puncak perayaan milad HI ke-25 akhirnya dihelat pada hari Minggu (25/4), yang dipusatkan di Kampus STKS Bandung.

Ada dua kegiatan utama yang digagas pada puncak perayaan ini yaitu dialog terbuka dan latihan gabungan. Yang cukup mengejutkan perayaan ini dihadiri hampir 1000 anggota HI yang juga berasal dari luar daerah seperti Kuningan, Jakarta dan Surabaya. Dialog terbuka dipimpin langsung oleh Guru Utama HI, Dicky Zainal Arifin. Selain itu, pembicara yang akrab disapa Kang Dicky ini juga mengumumkan adanya perubahan nama Hikmatul Iman menjadi Lanterha yang merupakan singkatan dari Lemurian Tranzentra Lagrhaven. Lemurian berarti leluhur yang memiliki peradaban maju, Tranzentra berarti menembus dan menguasai, sedangkan Lagrhaven adalah galaksi kita yang telah teratur sesuai penataan hukum Sang Maha Pencipta.

Dengan demikian Yayasan Hikmatul Iman bertransformasi menjadi Yayasan Lanterha, akan tetapi karena penggunaan bahasa asing tidak diperbolehkan maka Lanterha diganti menjadi Lantera yang merupakan singkatan dari Lantunan Bahtera Nurani. Perubahan nama ini juga diikuti dengan perubahan lambang. Lambang Lanterha digambarkan dengan manusia berwarna kuning emas yang di dadanya terdapat bola dunia dan posisi telapak tangan menghadap ke depan menempel pada lutut yang besila, terdapat sembilan bintang disekelilingnya serta warna biru sebagai dasar lambang. Adapun filosofi dari lambang tersebut adalah sebagai berikut :

  • Manusia berwarna kuning emas melambangkan kemuliaan dan tingkat energi yang diharapkan;
  • Bola dunia di dada melambangkan manusia sebagai khalifah fil ardi;
  • Bintang sembilan melambangkan galaksi yang jumlahnya tak terhitung banyaknya;
  • Warna biru dasar melambangkan kedalaman.

Pengesahan nama baru ini kemudian diikuti dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kang Dicky sebagai tanda perayaan Milad HI ke-25. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan latihan gabungan yang diikuti oleh seluruh peserta. Dalam posisi duduk bersila dan konsetrasi penuh, para peserta mulai mengolah hawa panas yang ada di dalam tubuh mereka dan kemudian menyalurkannya ke bagian yang diinginkan.

Perayaan ini terus berlanjut pada malam harinya, kali ini sifatnya internal hanya dihadiri oleh anggota dan alumni UKM HI STKS saja beserta tamu undangan dari pihak lembaga dan perwakilan OKM/UKM lainnya. Terdapat berbagai macam hiburan yang disuguhkan kepada tamu undangan yang hadir, diantaranya penampilan dari UKM Paduan Suara dan UKM Band STKS. Selain itu juga ada persembahan tari tradisional yang dibawakan oleh para srikandi HI STKS. Hal ini membuktikan bahwa anggota HI STKS tidak hanya jago bela diri saja tetapi juga berbakat di bidang lainnya. Selain itu juga ditampilkan pula video singkat cuplikan foto-foto kenangan anggota HI STKS dan video ucapan selamat dari OKM/UKM lainnya.

Berikut dokumentasi foto-foto acara ini :

This slideshow requires JavaScript.

Comments

comments

Related Post


Sejarah Kateda Internasional
Sejarah Kateda Internasional

Sejarah kateda sebagian besar tidak diketahui publik, wajar, karena memang…

Jurus Arnis dan Jurus Toya Hikmatul Iman
Jurus Arnis dan Jurus Toya Hikmatul Iman

Ada beberapa jenis senjata yang dipelajari dalam Ilmu Silat di…

Baksos Terapi Kesehatan Hikmatul Iman Cianjur
Baksos Terapi Kesehatan Hikmatul Iman Cianjur

Salah satu aplikasi dari hasil berlatih Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisik…

Sejarah Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI)
Sejarah Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPS BI)

Pada awal berdirinya, nama perguruan ini adalah "Asmaul Haq". Perguruan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *