You cannot copy content of this page
Permainan Sniper dan Mafia di Bisnis MLM

Permainan Sniper dan Mafia di Bisnis MLM

Entah kapan Awalnya terjadi. Saya melihat ini sudah terjadi sejak  sekitar tahun 2008 lalu. Saat itu saya menemukan banyak sekali produk Propolis dan Melia Biyang dijual dengan harga murah, jauh di bawah harga resmi member Melia Sehat Sejahtera. Misalnya harga resmi propolis sekitar 600rb/paket, mereka jual 200rb!

Apakah ini hanya terjadi pada produk MLM binary? ternyata tidak. Di sana juga saya sering menemukan Liquid khlorophyl K-link dan Synergy Worldwide yang juga dijual dengan harga miring.  Untungnya mereka cuma kebobolan klorofil aja, gak sampe semua produknya bocor.

Saat ini, saya juga melihat produk-produk MLM lain yang diobral besar-besaran di Marketplace. Ada Milagros dijual Rp. 21.000,- dari harga normal Rp. 35.000,- Ada Mizu Co dijual Rp. 90rb dari harga normal Rp. 175.000,-/botol. Bahkan saya juga menemukan ECO RACING dijual Rp. 500,- / tablet! Ini jelas nggak sehat. Perusahaan MLM lokal harus ambil tindakan tegas untuk melindungi para membernya.

Selidik punya selidik, salah satu penyebabnya ternyata adalah ulah para SNIPER? Hah? Apaan tuch SNIPER? Sniper adalah orang yang bermain curang di system di Network Binary. Cara main mereka adalah memposting member baru secara matriks sempurna yang jumlahnya pas dengan batas flush-out perusahaan tersebut. Butuh modal lumayan besar untuk bermain Sniper. Tapi jika hasilnya untung jadi gak masalah khan? Sniper akan mendapat untung yang semakin besar pada MLM yang membolehkan multi ID. Sniper diuntungkan saat mereka mendaftar awal dengan 3, 7, 15, 31 HU. Matriks sempurna yang terbentuknya akan memberikan mereka bonus pasangan serta bonus-bonus binary plan yang lain. Sniper tentu saja sangat senang dengan perusahaan binary yang memberikan Reward dari pasangan kanan-kiri. Setelah bonusnya diambil, produk diobral ke orang yang bermain sebagai bandar. Dari bandar-bandar inilah para pedagang herbal yang jualan di berbagai Marketplace mendapat harga sangat murah yang bisa mereka jual lebih murah dari harga membernya. Di sini memang ada semacam permainan mafia.

Apakah perusahaan MLM dirugikan dengan cara ini? Tergantung alokasi bonus pasangan dan sistem pengamanan internalnya. Untuk jangka pendek, biasanya perusahaan tetap masih bisa ambil untung. Yang paling dirugikan adalah member-member yang serius berjuang membangun bisnisnya. Mereka akan sangat terganggu oleh Cutting-Priced-Product yang diobral di Marketplace.

Saya amati, ternyata banyak MLM binary lokal yang gulung tikar setelah bonus dan reward dibagikan. Saya lupa berapa jumlahnya, dan perusahaannya apa saja. Ini beberapa diantaranya :

  • Animart
  • Ganesha e-Commerce Solution
  • Mobil For Us

List di atas akan saya update terus begitu ingat dan dapat data tambahan

Kenapa yang jebol cuma perusahaan local aja ya? Saya belum pernah lihat produk-produk MLM asing diobral sesadis itu di Marketplace. Nggak ada tuch produk-produk Amway, Usana, Jeunese Global.

Penyebab pertama, dalam hal perdagangan, perusahaan MLM asing rupanya menerapkan aturan yang sangat ketat. USANA misalnya, dia betul-betul melarang secara tegas produk-produknya beredar di Marketplace. Dia langsung mengambil tindakan tegas pada membernya yang melakukan pelanggaran.

Penyebab kedua, Marketing Plan perusahaan asing ternyata memang susah di-sniper, atau memang dirancang untuk tidak menguntungkan SNIPER.

Kabarnya, masalah ini juga diketahui oleh APLI. Untuk perusahaan-perusahaan binary lokal, saat ini APLI menyarankan untuk tidak menerapkan muilti-ID. Jadi untuk amannya, jangan digunakan join awal 3 HU, 7 HU, 15 HU dan seterusnya. MLM binary yang sehat akan mensyaratkan 1 orang hanya boleh bergabung dengan 1 HU.

Saya lihat di beberapa websitenya, ada beberapa perusahaan yang sudah menerapkan aturan ini. Di Marketing Plan Mizu Co yang baru, orang hanya boleh bergabung 1 HU. Di Marketing Plan MICS1 pun begitu, 1 orang hanya boleh 1 HU. Memang ada sistem paket berjenjang : Silver, Gold, Platinum. Namun itu bukan ditentukan oleh jumlah HU awal yang boleh diambil, melainkan paket stock produk awal yang diambil member yang bersangkutan.

Untuk Perusahaan yang sudah menerapkan sistem 1 HU, saya harap semoga mereka mempunyai sistem Repeat Order yang bagus pula. Sebetulnya, MLM Binary yang bagus itu omzetnya bukan cuma dari pendaftaran member semata, namun dari kelanjutan Repeat Order yang bisa menghasilkan Passive Income Sejati bagi mereka yang berjuang di dalamnya. MLM Binary yang sehat sebetulnya adalah sistem matahari yang di-placement di dua jalur!

Ada beberapa keuntungan pada beberapa pihak terkait. Cara ini akan jauh lebih aman buat perusahaan, karena lebih aman dari bahaya SNIPER.. Cara ini pun akan terasa lebih adil untuk para membernya, FAIR, semua member awal karirnya dimulai dari 1 HU, sama halnya dengan para member yang bermain di MLM Matahari. Nanti tidak ada lagi leader curhat, “Saya menyesal dulu cuma ambil 1 HU, karena dengan kerja keras yang sama, mereka yang ambil 7 penghasilannya 7 kali lebih besar dari saya yang cuma ambil 1 HU!” 😀

Comments

comments