Home  /  Internet Experience  / Wajah Baru liteBIG Messenger

Wajah Baru liteBIG Messenger


Wajah Baru liteBIG Messenger

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis review pribadi tentang LiteBig Messenger. Di artikel sebelumnya juga saya sempat membahas bermasalahnya liteBig messenger di Lenovo Vibe X2 yang saya gunakan. Sekarang saya install di Sambung Galaxy J7 Prime, dan ternyata berjalan mulus tanpa masalah.

Setelah lebih dari 1 tahun tidak membuka liteBIG, ternyata saya lihat tampilannya sudah banyak berubah dibanding dulu saat pertama kali install. Sudah jauh lebih canggih dan berkembang. Boleh juga nih progress Messenger karya anak bangsa yang satu ini. Mereka terus berbenah agar tidak kalah dengan WhatsApp, Line, dan Telegram! Saya gak bandingin dengan Kakao Talk dan Bee Talk ya, karena yang dua terakhir itu sudah lama saya uninstall.

Emoticon mirip WhatsApp dan Telegram.  Bentuk emoticon ini nampaknya sudah menjadi standar universal yang digunakan pada program messenger berbasis android.

Ada fitur baca berita seperti Line

Beberapa fitur serta sedikit perbandingan dengan aplikasi sejenis

Beberapa Fitur LiteBIG yang tidak saya temukan di WhatsApp dan Line

HAPUS PESAN
Menghapus semua pesan yang salah kirim. Fitur ini belum ada di WhatsApp dan Telegram. Anda pernah mengalami pesan salah kirim atau salah kamar? Kadang sering bikin malu dan jadi bahan bully-an yang maksudnya memang untuk canda-candaan. Tapi klo pesan yang salah kamar itu terlalu pribadi, memang bisa bikin malu. Untuk itulah developer liteBIG menambahkan fitur ini.

EDIT FOTO ANDA
Melakukan peng-editan dan memfilter gambar sebelum dikirim. Untuk kirim-kirim gambar, kadang kita perlu edit sedikit, misalnya cropping. Sebetulnya dengan bantuan aplikasi lain, WA-Line-Telegram pun bisa melakukan ini. Saya belum bisa nilai obyektif dari segi kenyamanan. Lagipula nyaman nggaknya khan tergantung kebiasaan. Betul? 🙂

EDIT PESAN
Melakukan peng-editan pesan typo atau salah ketik yang telah terkirim. Nah, ini di WA-Line-Telegram belum bisa. Tapi kadang typo-typo itu memang lebih seru kalau nggak usah diedit jadi bener. Biarin aja tetap salah. Terus ngetik lagi di message berikutnya, “Sorry bro, tadi typo”. Tapi untuk pesan penting dan resmi, fitur ini tentu saja bisa sangat membantu. Memang seringkali typo yang kita lakukan saat kirim pesan bisa menimbulkan rasa malu dan salah tafsir.

FLEKSIBEL FILE ATTACH
Melakukan pengiriman file mencapai 50 MB dalam sekali pengiriman. Pengalaman pake WA, kirim file video rasanya masih dibatasi di sekitar 15MB an dech. Sebelumnya untuk ukuran file besar, saya kirimnya pake Telegram. Klo masih kegedean juga, ya akhirnya pake DropBox juga ya, he he…

Fitur Umum yang di Aplikasi Lain juga ada

SUPPORT SEMUA FILE

Mendukung pengiriman semua jenis file (png, jpeg, ppt, zip, mp4,exe). Masalahnya, WhatsApp dan Telegram yang saya yang tiap hari juga tidak terlalu masalah dengan fitur ini. Hampir semua jenis file bisa dikirim dengan WhatsApp dan Telegram

QUOTE PESAN
Anggota dari group chat dapat melakukan pengkutipan pesan (quote message). Fitur ini juga ada di WhatsApp dan Telegram. Nilai minus justru ada pada Line. Kenapa ya dia belum ada? Ini juga salah satu sebab kenapa saya lebih suka WA dan Telegram dibanding Line. Jadi kalau fitur ini ada di liteBIG, tentu bisa jadi pertimbangan kenapa saya perlu mencoba aplikasi buatan anak bangsa ini.

USER FRIENDLY
Dengan adanya fitur Username, anda dimudahkan untuk mencari dan menambah teman. Ini fitur standar yang bagi saya tidak terlalu istimewa.

AMAN & NYAMAN
Melakukan enkripsi terhadap semua pesan atau data yang dikirimkan. WhatsApp juga sudah begitu khan? Tujuan liteBIG juga supaya pemakai WA mau pake liteBIG. Jadi ini tentu bagus.

FLEKSIBEL GROUP CHAT
Kapasitas dari masing-masing Group Chat mencapai 1000 anggota, sesuai untuk berbagai komunitas. Untuk jumlah sebesar ini, ada di Telegram. Bahkan Telegram punya kelebihan kemudahan akses, bisa dibuka di laptop/PC meskipun di Androidnya mati.WhatsApp membatasi group hingga 256 orang. Kalau saya amati, group-group yang saya ikuti juga jarang yang sampai penuh. Ada satu group organisasi yang saya ikuti jumlah membernya sekitar 700 orang, solusi yang dipakai adalah Telegram. Alasannya mungkin timing liteBIG tidak pas saja dengan saat kami meenggunakan group berkapasitas besar.

HEMAT & CEPAT
Melakukan kompres gambar sebelum dikirim agar lebih hemat paket data dan cepat tanpa mengurangi kualitas gambar.

Beberapa Kendala Pribadi

Teman-teman saya jarang yang mau pake liteBIG. Mungkin ada aturan tidak resmi yang terbentuk di para pemakainya secara alami. WhatsApp banyak digunakan oleh generasi Bapak-bapak, ibu-ibu, om dan tante. Sedangkan anak-anak muda lebih senang menggunakan Line.

Faktor lain yang menjadi kendala adalah rata-rata banyak yang merasa ribet harus install messenger tambahan di smartphone miliknya. Buat apa install banyak sosmed kalau temen-temennya cuma itu-itu aja?

Belum ada fitur liteBIG web seperti di WhatsApp ataupun Telegram

Fitur ini terasa sekali manfaatnya bagi orang-orang yang sehari-harinya banyak bekerja di depan Laptop atau PC. Meskipun pertumbuhan mobile user sangat cepat sekali, orang-orang yang senang bekerja depan laptop akan sangat nyaman dengan fitur ini. Jadi bisa multitasking dengan kerjaan mereka yang lain. Saya pribadi termasuk golongan orang yang nyaman bisa WA-an sambil nulis konten blog di Laptop.

Masalah Kompabilitas

Saya mempunyai kedala saat liteBIG tidak bisa jalan di Lenovo Vibe X2. Saya belum coba di Android yang lain. Tapi untuk masalah yang satu ini, saya pribadi gak nyalahin liteBIG nya kok, bisa jadi mungkin Lenovo nya aja yang kurang gaul, he he….

Harapan Masa Depan

Semoga segera tersedia fitur voice call dan video call. Meskipun fitur ini tidak dimiliki Telegram, namun tersedia di WhatsApp dan Line. Alternatif lain yang banyak disukai pemakai antara lain IMO.

Fitur sticker yang menjadi trademark Line dan sudah diikuti oleh Blackberry Messenger bisa dijadikan pertimbangan.

Comments

comments

Related Post


Telkomsel di-hack, Pelanggan Senang
Telkomsel di-hack, Pelanggan Senang

Wow... pagi ini website Telkomsel ada yang nge-hack. Uniknya, para…

Kartu Selular Mana Yang Harus Saya Eliminasi Sekarang?
Kartu Selular Mana Yang Harus Saya Eliminasi Sekarang?

Saat ini saya punya 4 kartu seluler aktif. Banyak teman…

Internet Indihome Lemot? Mungkin Modemnya Cuma Perlu Direset Saja
Internet Indihome Lemot? Mungkin Modemnya Cuma Perlu Direset Saja

Sudah cukup lama saya berlangganan Indihome. Selama berlangganan sejak Agustus…

Tarif nomor XL ku ternyata Cukup Unik
Tarif nomor XL ku ternyata Cukup Unik

Saya baru nyadar tarif XL yang saya pakai ternyata beda.…



One thought on “Wajah Baru liteBIG Messenger

  1. Pingback: LiteBig Messenger Aplikasi Berkirim Pesan Buatan Anak Negeri | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *