Home  /  Teknologi Informasi  / Pulsa Indosat Berkurang Sendiri Tanpa Sebab Hingga Habis

Pulsa Indosat Berkurang Sendiri Tanpa Sebab Hingga Habis


Pulsa Indosat Berkurang Sendiri Tanpa Sebab Hingga Habis

“A, pulsa si kembar jangan diisi dulu ya, HP nya lho error” kata istriku

“Error gimana, bund?”

“Pulsanya terus terusan berkurang, sekarang lho udah nol rupiah, padahal mereka gak pernah pake-pake buat telepon dan SMS”

“Ah, masa sih, bund?”

Penasaran juga, saya cek HP anak-anak, dial ke *388#… ternyata benar, 2 minggu sebelumnya diisi Rp. 25.000,-, kini pulsanya sudah nol rupiah.

Oh iya, by the way saja, anak saya si kembar kelas empat SD, sedangkan si bungsu masih taman kanak-kanak. Mereka memang tidak pernah bawa HP ke sekolah. Saat ini mereka menggunakan Blackberry bekas yang dulu dipakai bundanya. Kami tidak pernah membelikan paket buat mereka, karena memang nggak butuh. Sejak Bundanya beralih ke android, blackberry bekasnya langsung dipake si kembar. Seringnya sih anak-anak hanya menggunakan HP untuk SMS ayahnya dan teman-teman sekolahnya. Mereka juga pakai HP untuk bermain games di akhir pekan dan hari libur saja.

Kembali ke topik utama, baru-baru ini kami mengalami peristiwa menyebalkan. Pulsa terus berkurang hingga habis tanpa sebab yang jelas padahal sebelumnya nggak. Gejalanya mirip : Sim Card aktif di handset blackberry. Saya tidak mengkatifkan paket data apapun karena saat ini, siapa yang masih mau maketin blackberry? Sekarang khan udah jaman android.

Masalah pulsa tersedot juga terjadi di HP Ibu saya. Kebetulan juga menggunakan handset Blackberry. Awalnya saya bantu Ibu saya mengaktifkan paket Freedom Combo selama sebulan. Tidak ada masalah pulsa hilang. Tapi karena Ibu saya gak pernah internetan, bulan berikutnya saya gantikan paketnya ke paket bicara sesama operator. Saat berada di paket non internet inilah pulsa mulai banyak tersedot. Dalam waktu satu minggu, sisa pulsa sekitar 25rb hilang tanpa jejak!

Awalnya saya cari solusi di Google. Kalau menurut hasil Googling, kebanyakan blog yang terlihat saling copy-paste tersebut, membahas kemungkinan karena kita terjebak layanan premium, dan itu bisa solusinya adalah sebagai berikut :

  • Cek SMS masuk yang biasanya menggunkan no khusus seperti no resmi dari operator dan periksa apa ada sms mencurigakan, bila ada cermati dengan seksama,untuk di tindak lanjuti.Tanpa pernah merasa melakukan registrasi tiba-tiba ada SMS masuk seperti diatas, nomor pengirimnya 99517.
  • Jika anda tidak menemukan SMS mencurigakan seperti yang di alami teman maka langkah selanjutnya adalah mengecek apakah no IM3 kita terdaftar pada layanan premium tertentu atau tidak.
  • Caranya ketik *726# kemudian Call dan pilih 1. STATUS atau jika melalui SMS caranya adalah ketik STATUS kemudian kirim ke nomor 726 untuk cek layanan dan jika terdaftar maka akan mendapat balasan seperti ini.
  • Ternyata no IM3 yang teman saya gunakan terdaftar pada layanan asoy_99517, entahlah program apa ini saya tidak tahu tetapi yang jelas pulsa Indosat IM3 saya terus berkurang setiap hari.

Setelah menemukan penyebabnya saatnya berhenti berlangganan yang dapat dilakukan dengan cara :

Cara 1, melalui SMS
Ketik STOP kirim SMS ke 726 untuk Stop semua layanan

Cara 2,  melalui UMB
Ketik *726# – Call lalu pilih 2. STOP

Cara tersebut dilakukan untuk mengatasi pulsa Indosat berkurang sendiri hanya berlaku jika anda memang tiba-tiba terdaftar pada layanan tertentu, seperti contoh kasus di atas. Jika kita tidak menemukan sedang berlangganan pada layanan apapun, ada baiknya menghubungi Contact Center Indosat di no 100 (berbayar, Rp 400/panggilan).

Cara lain yang pernah saya lakukan saat bermasalah dengan Indosat adalah mention akun twitter @IndosatCare. Biasanya, kita akan diarahkan untuk chatting dengan petugas Indosatnya lewat DM (Direct Message). Saya pernah beberapa kali melakukan cara ini, terakhir, saat paket data Freedom Combo saya gagal diperpanjang.

Untuk IM3, Indosat Mobile dan Mentari atau jika melalui PSTN ke 021-5438 8888 agar lebih pasti dan menemukan solusi yang paling tepat. Saya belum pernah pakai cara ini, jadi belum ada pengalaman pribadi yang bisa saya share di sini.

Terus terang, saya sudah mencoba cara-cara menghentikan layanan SMS Premium via SMS di atas, ternyata tidak berhasil. Pulsa tetap berkurang tanpa saya pahami penyebabnya. Kemudian jadi kepikiran juga buat datang langsung aja ke galery Indosat, da mun nelepon wungkul mah biasana sok angger teu puguh…. 🙂

Saya coba amati beberapa tanda kesamaan yang ada terdapat pada anak saya dan ibu saya, ternyata ada kesamaan :

Pulsa tersedot saat kita tidak berlangganan paket data

  1. Dua-dua nya terjadi pada handset blackberry
  2. Saat berlangganan paket data, misalnya saat saya aktifkan paket Freedom Combo, pulsa kita tetap normal, tidak ada yang hilang secara misterius. Tapi saat paket diganti ke Paket Nelepon 1000 menit sesama operator yang tidak ada hubungannya dengan paket data internet, pulsa mulai tersedot dan hilang secara misterius entah ke mana tanpa ada laporan pemakaian via SMS sama sekali.

Catatan tambahan, kejadian di atas nggak cuma terjadi di kartu Indosat sih, di kartu XL yang saya pake juga begitu. Dan itu terjadi beberapa saat setelah saya mengupgrade kartu lama XL nya ke 4G, sebelum upgrade gak ada masalah pulsa kesedot begitu.

Jadi, apa yang kami alami, ternyata sumber masalahnya bukan karena adanya program SMS Premium yang teraktivasi secara tidak sengaja, tapi karena masalah data internet yang terpakai tanpa sepengetahuan kita sebagai pelanggannya.

Ternyata penyelesaiannya sederhana, saking sederhananya sampe gak kepikiran karena mikirnya terlalu canggih :

Untuk handset Blackberry, default mobile networknya data aksesnya hidup, kalau kita lagi nggak berlangganan paket data, perlu dimatikan melalui menu :

Mobile Connection –>Mobile Network Option –> Data Service : Off-kan di sini

This slideshow requires JavaScript.

Beres, masalah selesai… Pulsa saya tidak terpotong lagi 🙂

Tambahan :

Ada hal lain yang bisa membuat pulsa kita terkuras habis yang sering juga saya alami, semoga ini tidak terjadi pada teman-teman, yaitu saat kita kekurangan pulsa di perpanjangan paket data. Pastikan pulsa cukup sehari sebelumnya, jika tidak maka perpanjangan paket data akan gagal dilakukan. Akibatnya pulsa utama akan tersedot dengan mekanisme “pay as you go” yang sangat mahal.

Saat berada di kondisi “pay as you go”, yang saya alami, pembelian paket data sering gagal. Solusinya mudah saja. Matikan dulu koneksi internet HP nya, baru lakukan pembelian paket.

By the way, meskipun pulsa saya sudah dipastikan cukup untuk perpanjangan paket data, ternyata tidak selamanya berjalan mulus. Saya pernah mengalami gagal perpanjangan paket Freedom Combo meskipun pulsanya cukup.

Comments

comments

Related Post


Wajah Baru liteBIG Messenger
Wajah Baru liteBIG Messenger

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis review pribadi tentang…

Diam Diam Telkom Menghapus Bonus Bicara Triple Play Indihome
Diam Diam Telkom Menghapus Bonus Bicara Triple Play Indihome

Salah satu nilai tambah yang ditawarkan Telkom Indihome saat awal…

Telkomsel di-hack, Pelanggan Senang
Telkomsel di-hack, Pelanggan Senang

Wow... pagi ini website Telkomsel ada yang nge-hack. Uniknya, para…

Ternyata, Chat di Telegram itu Nyaman…
Ternyata, Chat di Telegram itu Nyaman…

Beberapa waktu yang lalu saya dapat broadcast tentang aplikasi LiteBIG,…



13 thoughts on “Pulsa Indosat Berkurang Sendiri Tanpa Sebab Hingga Habis

  1. Bu Windy / says :

    Bagaimana solusinya kalau handphone yg digunakan bkn BB atau android sejenis hp biasa yg hanya digunakan buat nelpon dan sms saja, sdh di coba semua cara di atas, tp msh saja tetap habis gak ketahuan pulsanya, telp ke CS, suruh nonaktifkan layanan GPRS nya, lah wong HP nya gak bisa internetan gmna mau aktif/non aktifkan GPRS,Ngisi pulsa 10rb biasanya 1 minggu lebih baru ngisi lagi, ini 25 rb sdh habis, tlong bantuannya?

    • Kang Ridwan / says :

      Bu Windy, setahu saya, meskipun HP jadul yang belum BB atau android, GPRS nya tetap ada lho. Mungkin itu sebabnya pulsanya ilang. Cara terakhir kalau merasa semua cara sudah dicoba tapi nggak berhasil juga, ya terpaksa bawa HP kita ke Gerai Indosat terdekat…

  2. Mukhadis / says :

    Saya beli pulda m3 Rp 50ribu, gak pernah dipakai telpon, sms juga paling 1x, sekitar 1mingguan sy coba nelpon kok ada pemberitahuan pulsa gak cukup untuk melakukan panggilan. Setelah sy cek pulsa tinggal Rp 90,-. Kemana pulsa sebanyak itu gak dipakai bisa hilang. Sy mangkel tak cabut chipnya sy patahin langsung buang.

  3. agus / says :

    Aku bencintak tau apa apa pulsa kesedot terus, milik keluarg juga, jadi malas pakai indosat

  4. Kenapa inosat kok seperti itu, padahal untuk membeli pulsa yang pakai duit bukan pakain daun, thank gan informasinya

    • Kang Ridwan / says :

      Mungkin sistemnya sedang error… jadi konsumen harus sering cek… begitu dirugikan, gak usah sungkan complain ke Gerai Indosat…

  5. Dede / says :

    Kalo saya…setiap beli pulsa…pulsax tidak pernah masuk…padahal dr counterx udh masuk…kemana larix pulsa2 yg aq beli…

  6. Anonymus / says :

    Sama. Aku sekeluarga pake indosat. Dan semua mengalami masalah yg sama. Aku, mamaku, papaku, kakekku pulsanya terus kesedot.. Baru aja 10 menit isi pulsa. Uda berkurang aja 3000. Padahal pake pulsa SOS juga enggak. I-ring dll juga nggak. Masak ya Indosat gabisa ngasih pelayanan yang terbaik sih.

  7. tursinah / says :

    sy sdg mengalami niich….isi pulsa 2 hr berturut” hbs tanpa dipakai pdhl utk data aku jg pakai paket 2G. mesti kegerai indosatkah

  8. Ilus / says :

    Sama dengan aku, pulsa berkurang sendiri gak dipakai sms atau telpon. Gak ada sms berlangganan konten juga. Data seluler memang selalu aktif tapi gak masalah kan karena kuota masih banyak. Sebenarnya suka pakai indosat, paket internet harga terjangkau, didaerah tempat tinggalku jaringan nya juga paling bagus drpd operator lain tapi kesal juga kalau pulsa hilang terus.

  9. April / says :

    Indosat cepet abis semalem beli 2,5 gb malam ke 2nya abis lagi padah cuma buka WA sama fb, sangat menyebalkan sekali, puck ,pokonya sama indosat,tiap kali beli

  10. Rakhmat hidayat / says :

    Hhhhh… Ternyata bukan cmn sya ja yg brnasib sprti tmn2 pngguna Indosat M3, errorr sdh… Ganti? Trlnjur d bthkn tmn2q adduuuhhhhh…..aduhhhh aduuuuhhhh….

  11. Supriyadi / says :

    Wes gak beres poooool …



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *