Balok di Atas Bidang Datar

Postingan ini Soal-Penyelesaian Fisika, Hukum Newton tentang gerak, dari Buku Yohanes Surya Kurikulum 1989 terbitan PT Intan Pariwara. 

Soal 1

Sebuah balok yang massanya 5 kg diletakkan pada suatu permukaan yang koefisien gesek statik 0,5 dan koefisien gesek kinetis 0,3. Kemudian balok tersebut diberi gaya sebesar 50 Newton. Hitunglah percepatan yang timbul jika (a) gaya F mendatar (b) gaya F membentuk sudut 300 terhadap garis mendatar (c) gaya F membentuk sudut 1200 terhadap sumbu X positif

Soal 2

Sebuah balok yang massanya 1 kg ditarik dengan gaya mendatar 10 N. setelah 5 detik ternyata jarak yang ditempuh benda 50 m. hitunglah koefisien gesek balok dengan bidang tumpunya dan kecepatan akhir balok.

Soal 3

Hitunglah pada sudut  bidang miring berapakah suatu benda akan bergerak turun jika koefisien gesekan statiknya = 0,75

Soal 4

Hitung percepatan suatu benda di bidang miring yang sudut miringnya 600, diketahui koefisien gesekan kinetis = 0,3

Soal 5

Sebuah benda dari bergerak dengan kecepatan 20 m/det. Akibat bergesekan dengan lantai benda tersebut berhenti setelah menempuh jarak sejauh 70 m. Berapakah koefisien gesekan antara benda dengan lantai?

Soal 6

F = 100 N, benda A bermassa 5 kg, naik dengan percepatan  m/det2. Hitung koefisien gesekan balok dan bidang miring

I am item content. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Soal 7

Sebuah titik materi (massa 10 kg) bergerak pada sebuah bidang datar yang koefisien gesekannya 0,2 dengan kecepatan awal 30 m/det. Sebuah gaya sebesar 50 N bekerja pada titik materi tersebut selama dua detik berlawanan dengan gerakan semula. Hitung setelah berapa meter titik materi tersebut akan berhenti.

Soal 8

Sebuah benda bermassa 2 kg bergerak akibat pengaruh suatu gaya mendatar 14 N pada sebuah bidang horizontal yang kasar menurut sebuah garis lurus ABCD. Kecepatan benda di titik A 10 m/det searah dengan gaya. Panjang AB 39 meter dan BC 60 meter, koefisien gesek antara benda dengan bidang AB, BC, dan CD berturut turut 0,5; 0,75, dan 1. Benda tersebut akan berhenti di titik D. Hitunglah panjang CD.

Comments

comments

You cannot copy content of this page