Bank Penyelesaian Soal Fisika SMA

Bank Penyelesaian Soal Fisika SMA

Istilah Bank Soal tentu sudah sering kita dengar. Dari saya masih SD juga, popular istilah 2000 Soal. Waktu itu bukunya berbentuk fotocopian. Saya nggak tahu dari mana munculnya angka 2000 itu. Kenapa harus 2000 Soal? Lebih juga boleh khan? Sepertinya 2000 itu jadi angka sakral. Berlanjut ke tingkat SMP, saya kembali bertemu dengan buku 2000 Soal, yang saat itu ditulis oleh Tim Nusa Raya College (NRC), diterbitkan oleh penerbit Armico Bandung.

Kali ini saya ingin mulai berbagi koleksi soal yang saya punya. Sengaja saya bagi lewat blog ini saja ya. Saya sering bertemu dengan teman lama yang ingin meminjam koleksi buku-buku soal yang saya koleksi sejak jaman  SMA dan belum dibuang hingga sekarang. Bukan saya gak mau minjemin, masalahnya, orang yang pinjem buku itu biasanya jarang yang inget buat ngembaliin. Mending kalau buat dia jadi banyak manfaat.

Ada beberapa buku Fisika SMA yang saya miliki sejak jaman SMA , sampai sekarang masih saya simpan, gak sampe dijual ke tukang loak, he he.. Antara lain

  • Buku Pelajaran Fisika, Yohanes Surya & P. Ananta
    S.MIA, Penerbit Intan Pariwara, Cetakan 1989
  • Buku Pelajaran Fisika SMA, Marthen Kangingan, Penerbit Erlangga, Cetakan 1989
  • 1500 Soal Fisika dan Pertanyaan Teori, Sugeng Wardoyo, Penerbit Bina Budaya
  • Soal-soal Fisika dan Pertanyaan Teori, Widagdo Mangunwiyoto
  • Soal-Soal Ilmu Alam, Widagdo Mangunwiyoto
  • Ilmu Pesawat, Ir Djiwatampu
  • Ilmu Pesawat, Pekelharing



Setiap penulis punya gaya penyelesaian soal yang berbeda. Gaya Yohanes Surya berbeda dengan Marthen Kanginan maupun Bob Foster.

Yohanes Surya berusaha mengajak siswa memahami dan menyukai Fisika, dengan memberikan rumus yang sesederhana mungkin, bahkan kalau bisa, tanpa rumus pun jadi, yang penting logikanya gampang dipahami. Salah satu keistimewaan buku Yohanes Surya Intan Pariwara saat itu adalah, sarat dengan contoh soal dan penyelesaian. Dilengkapi juga dengan banyak soal pelengkap. Mungkin itu sebabnya, guru Fisika saya saat itu, Bpk Iskandar Daud, bpk Hanafi, Bpk Tata Santana, Ibu Ani, banyak merujuk ke buku ini. Buku ini juga terasa cukup banyak menolong siswa agar tidak putus asa mempelajari Fisika 🙂

Marthen Kanginan menitikberatkan pada penguasaan konsep, dipadukan dengan penurunan rumus, dengan gaya aljabar. Jadi angka-angkanya gak langsung dimasukin ke dalam rumus kayak di Buku Intan Yohanes, tapi sedapat mungkin diturunkan hingga ke bentuk yang paling sederhana. Sebetulnya, seperti inilah Konsep Dasar The King ini bermula. Mungkin karena keterbatasan ruangan agar buku ini gak terlalu tebal, contoh soalnya menurut saya sih kurang banyak. Namun soal-soal pelengkapnya cukup berlimpah. Keistimewaan lain, Marthen sudah memproyeksikan soal-soalnya pada Ebtanas, dan UMPTN, yang saat ini bernama SBMPTN.

Saat jadi siswa Ganesha Operation tahun 1992 dulu, saya pernah jadi murid Bob Foster. Tahun 1992 dulu saepertinya Bob Foster belum menulis buku, dia masih sibuk di PLN dan GO miliknya. Dari sudut pandang saya sebagai pelajar saat itu, saya rasa Bob Foster terlalu mengandalkan rumus. Saya pribadi lebih suka gaya Hasan Wiladi menyelesaikan soal. Tapi ini gak obyektif ya, cuma pendapat saya pribadi saja.

Saya baru menemukan Buku Fisika Bob Foster setelah tamat SMA, judulnya “Terpadu”, Teori-Penyelesaian Soal dan Evaluasi.

Saya lihat, soal-soalnya memang bagus-bagus. Namun saya menemukan banyak sekali siswa SMA yang frustasi menyelesaikan soal-soal yang ada di buku tersebut 😀

Dalam artikel-artikel selanjutnya, saya akan berusaha membagikan hasil pengalaman saya mengajar Matematika, Fisika, dan Kimia sejak dua puluh lima tahun yang lalu. Saya berusaha selengkap mungkin dari yang saya tahu.  Tulisan asli dari artikel yang saya bagi di sini, merupakan cikal bakal dari “Buku Sakti Fisika – Catatan Rahasia Guru Bimbel” yang masih dalam proses editing 🙂

Semoga bisa membantu para pelajar dalam mempelajari Ilmu Fisika. Dan semoga pula bisa melengkapi kekurangan dari buku-buku yang sudah beredar di pasaran.

Comments

comments