Home  /  Opini  / Benarkah Tayangan “Ancient Aliens” Merupakan Pembodohan Tidak Mendidik?

Benarkah Tayangan “Ancient Aliens” Merupakan Pembodohan Tidak Mendidik?


Benarkah Tayangan “Ancient Aliens” Merupakan Pembodohan Tidak Mendidik?

Tidak semua orang menanggapi tayangan History Channel dengan open mind dan positif. Tayangan yang dalam beberapa tahun terakhir aktif mempromosikan acara bertajuk “Ancient Aliens” ini dianggap berisi teori spekulatif dan manipulatif bahwa umat manusia diciptakan oleh aliens yang datang ke planet bumi pada jaman dahulu, dimana para aliens itu dianggap sebagai Dewa oleh manusia pra-modern. Mereka menghubungkan teori spekulatif itu dengan artifak-artifak eksotik yang merupakan bagian dari keagungan peradaban manusia masa lampau. Sayangnya, artifak-artifak tersebut jarang diekspos dalam tayangan normal, sehingga tayangan yang tidak normal ini jadi tampak menarik.

Saya rasa, agar pembahasannya menjadi nyambung, hal pertama yang perlu kita samakan adalah persepsi tentang Alien itu sendiri. Sebetulnya apa sih arti alien itu? Sederhananya, alien artnya makhluk asing, atau orang asing. Ketika anda datang ke suatu daerah yang sama sekali asing bagi anda, anda adalah alien bagi penduduk setempat. Apakah Adam dan Hawa merupakan penduduk asli bumi? Bukan! Adam dan Hawa adalah pendatang, penduduk asli Syurga yang turun ke bumi, hingga mereka pun awalnya bisa disebut alien bagi planet bumi. Tapi ketika pendapat ini dikemukakan, banyak pihak berkepentingan menjadi tersinggung. Kenapa? Karena alien selalu diidentikan dengan mahkluk aneh yang bentuknya jelek-jelek itu 🙂

Setelah itu, ada teori baru yang perlu dikemukakan.  Teori lama yang diajarkan di sekolah dan lingkungan hidup kita secara turun temurun, yang selama ini kita pegang, adalah beranggapan bahwa Nabi Adam sebagai manusia pertama yang turun ke muka bumi, memulai hidupnya dalam keadaan lemah dan serba primitif. Kemudian barulah sedikit sedikit peradaban mulai maju secara bertahap hingga makin lama makin modern.

Masalahnya, makin ke sini, semakin banyak ditemukan bukti-bukti yang menjadi bantahan teori tersebut. Bertahan dan keukeuh peuteukeuh dengan teori lama membuat kita semakin terpojokkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan dasar teori yang sejak kecil kita yakini kebenarannya itu.

Adanya reaktor nuklir berusia 2 milyar tahun ditemukan di Gabon, artinya, muengkinkah teknologi nuklir sudah ada sejak jaman prasejarah? Lalu apa tujuan pengembangan reaktor nuklir di jaman tersebut?

Jika kita bersikukuh dengan teori primitif, senjata pamungkas kita ketika tidak bisa berargumen lagi adalah, katakan saja, itu mah cuma dongeng, cuma khayalan manusia belaka, ngapain percaya dongeng? Selesai, habis perkara…

Banyak dari kalangan yang mengatasnamakan agama mengatakan bahwa teori Ancient Aliens itu sok ilmiah. Tayangan tersebut memang selalu menghubungkan dengan artifak-artifak eksotik yang menarik dengan pembahasan yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa yang berpikir kritis. Mereka khawatir tayangan tersebut menjadi proganda yang merusak akidah anak-anak, bisa membuat anak-anak percaya bahwa tuhannya adalah aliens. Tayangan tersebut dianggap bertentangan dengan tafsiran mereka pada isi kitab suci.

Menurut saya sama sekali tidak bertentangan, yang ada hanya perbedaan tafsir. Tayangan tersebut memang memaksa kita mengkaji ulang apa sebenarnya yang terjadi pada saat Nabi Adam turun ke bumi untuk pertama kalinya.

Pertanyaan berikutnya, kenapa bangsa aliens itu sampai memiliki teknologi yang lebih canggih dari kita?  Kalau begitu :

  1. Mungkinkah Alien itu adalah Bani Adam juga seperti kita?
  2. Kalau sampai dianggap dewa oleh orang-orang primitive, mungkinkah itu terjadi karena mereka menguasai berbagai teknologi canggih yang membuat mereka terpukau yang tidak terjangkau oleh pola pikir bangsa primitive tersebut?
  3. Kalau para alien itu merupakan Bani Adam seperti kita, kenapa penguasaan teknologi kita sampai jauh tertinggal oleh mereka? Bukankah dalam Al Qur’an dikatakan bahwa manusia adalah makhluk yang dilebihkan dari mahluk lainnya? Sebetulnya apa yang terjadi jaman dahulu kala itu sehingga kita yang hidup di muka bumi ini teknologinya tidak sedahsyat para alien itu? Piramida Mesir menyimpan misteri dan kontroversi yang tak ada habisnya dibahas. Tanpa menghubungkannya menghubungkannya dengan teori Ancient Aliens, kita tidak akan bisa menjelaskan bagaimana bangunan ini bisa dibangun oleh bangsa Mesir Kuno. Karena terbukti para manusia modern sampai saat ini belum bisa membangun ulang bangunan serupa dengan piramida itu. Ada yang berpendapat bahwa Piramida di Mesir dibangun oleh bangsa Mosram.

Comments

comments

Related Post


Apa yang diamalkan lebih penting dari sekedar dihafalkan
Apa yang diamalkan lebih penting dari sekedar dihafalkan

Yang ditanya di akherat itu amalan, bukan hapalan. Maaf.. saya…

Polemik 1 Ramadhan dan 1 Syawal, Bagaimana Umat Menyikapinya ?
Polemik 1 Ramadhan dan 1 Syawal, Bagaimana Umat Menyikapinya ?

ﻳَٰAlhamdulillah, tahun ini kita masih dipertemukan kembali dengan Bulan Suci…

Memahami Makna Spiritual Wudhu
Memahami Makna Spiritual Wudhu

Masih ingatkah kapan kita pertama kali belajar wudhu? Pemikiran tentang…

Ketika Sampurasun Diplesetkan Menjadi Campur Racun
Ketika Sampurasun Diplesetkan Menjadi Campur Racun

SAMPURASUN dan RAMPES merupakan salam khas warisan nenek moyang bangsa…



One thought on “Benarkah Tayangan “Ancient Aliens” Merupakan Pembodohan Tidak Mendidik?

  1. Pingback: Kajian Surat Al Fiil | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *