Home  /  Opini  / Apa Arti Islam Yang Sebenarnya?

Apa Arti Islam Yang Sebenarnya?


Apa Arti Islam Yang Sebenarnya?

Kata “Islam” berasal dari istilah bahasa Arab. Dari segi bahasa, Islam artinya “berserah diri kepada Tuhan”.  Dengan demikian, Islam memiliki arti “penyerahan”, atau “penyerahan diri sepenuhnya kepada Sang Maha Pencipta”. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti “seorang yang tunduk kepada Tuhan”, atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Jika pengertian Islam adalah menyerahkan diri sepenuhnya pada segala ketentuan Tuhan. Ini berarti, sejak Nabi Adam AS turun ke dunia pun, seluruh bani Adam yang hidupnya sepenuhnya berserah diri pada ketentuan Sang Maha Pencipta adalah orang-orang yang Islam. Umat Nabi Idris AS adalah orang-orang Islam. Umat Nabi Nuh AS adalah orang-orang Islam. Umat Nabi Musa AS adalah Islam. Umat Nabi Ibrahim AS adalah orang-orang Islam. Bahkan para pengikut Nabi Isa AS yang taat pun adalah orang-oranyang hidupnya sepenuhnya berserah diri pada ketentuan Rabb tentulah Islam juga. Sekali lagi, ingat kembali definisinya, Islam artinya “berserah diri kepada Tuhan”, bukan?

Kenapa saat ini banyak sekali orang yang menyempitkan pengertian Islam pada sebatas agama yang baru lahir setelah Rasulullah SAW ada saja? Yang lebih tragis, kenapa ya saat ini banyak orang yang mengaku Islam tapi malah mengkafir-kafirkan saudaranya sesama umat Islam yang penafsirannya berbeda dengannya? Bukankah Islam itu indah? Bukankah Islam itu rahmat bagi seluruh alam semesta?

Semoga kita semua menjadi Islam yang sebenarnya, Islam yang mengasihi sesama manusia, Islam yang toleran sebagaimana dicontohkan olah Rasulullah SAW, Islam yang menginspirasi seluruh umat agar bersatu dan berkolaborasi untuk memakmurkan seluruh planet bumi. Semoga….

Comments

comments

Related Post


Mengambil Hikmah dari Kemenangan Portugal di EURO 2016
Mengambil Hikmah dari Kemenangan Portugal di EURO 2016

Sejak kecil hingga sekarang, saya memang penggemar Sepak Bola. Karena…

Sebuah Pelajaran dari Mang Jonih
Sebuah Pelajaran dari Mang Jonih

Kami mempunyai WhatsApp Group keluarga. Tidak dipungkiri, WhatsApps group merupakan…

Cara Ampuh Melestarikan Bahasa Sunda
Cara Ampuh Melestarikan Bahasa Sunda

Bahasa sunda adalah bahasa yang sangat unik. Untuk bisa bergaul…

Telkom Memang Terbukti Menjebak Konsumennya
Telkom Memang Terbukti Menjebak Konsumennya

Antara Indihome dan MNC Play Media Bagian 1 : Telkom Indihome…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *