Home  /  Opini  / Ramadan – Waktu Untuk Revolusi Materi Ceramah di Mesjid-Mesjid.

Ramadan – Waktu Untuk Revolusi Materi Ceramah di Mesjid-Mesjid.


Ramadan – Waktu Untuk Revolusi Materi Ceramah di Mesjid-Mesjid.

Ramadhan baru saja berlalu, selama sebulan penuh kemarin, semoga kita semua sudah mengoptimalkan bulan penuh barokah tersebut untuk peningkatan diri.

Ada satu hal neh yang nggak tahu kenapa, tiba-tiba aja kepikiran. Selama satu bulan penuh mendengarkan ceramah tarawih di mesjid, kultum subuh di mesjid, di radio, dan chanel-chanel TV, perasaan kok materi ceramahnya banyak yang itu-itu aja ya? Itu menurut saya pribadi aja sih, nggak tahu klo menurut sidang pembaca…

Daripada bercerita berulang-ulang tentang Nabi Ibrahim AS yang mau mengurbankan anaknya dan digantikan dengan kambing, kisah Firaun yang dikutuk, Nabi yang dimakan ikan paus, kisah contoh-contoh keteladanan para sahabat Nabi, dll. yang intinya baik, tapi kok rasanya tidak berbekas pada perilaku berkendara masyarakat Indonesia yang penuh sumpah serapah, sebaiknya mesjid-mesjid bersama-sama dan terkoordinir secara central melakukan revolusi materi ceramah dengan program yang jelas dan jitu, Saya pribadi sebagai santri bedegong mengusulkan materi ini :

  1. Satu bulan penuh – Tentang perilaku kebersihan, manajemen sampah dan kelestarian lingkungan.
  2. Satu bulan penuh berikutnya – Tentang pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sehat bergizi bagi keluarga.
  3. Satu bulan penuh – Tentang perilaku berlalu-lintas yang beradab (catat: b e r a d a b !!) dan keselamatan berkendara.
  4. Satu bulan penuh – Pemahaman dan pemberdayaan warga penderita cacat serta infrastruktur fisik dan sosial pendukungnya.
  5. Satu bulan penuh – Pendidikan toleransi antar umat beragama dan pengetahuan tentang peradaban-peradaban di belahan lain dunia (+ ambil contoh-contoh yang baiknya)
  6. Satu bulan penuh – Pendidikan tentang hemat energi, serta energi ramah lingkungan dan terbarukan.
  7. Satu bulan penuh – Tentang teknologi tepat guna dan kecintaan mengembangkan IPTEK. Jangan kalah sama India dong.
  8. Satu bulan penuh – Tentang Hak Kekayaan Intelektual, patent/copyright, zero-pembajakan ide orang lain, merangsang kreativitas.
  9.  Satu bulan penuh – Tentang Futurism – prediksi perubahan-perubahan dalam peradaban yang akan terjadi di masa depan dan perlunya mempersiapkan diri.  Misalnya kemajuan teknologi, ledakan jumlah penduduk, kurangnya pangan dan sumber daya alam, perumahan, arus perpindahan penduduk dunia, dll.
  10. Satu bulan penuh – Tentang hukum negara dan perpajakan, sehingga masyarakat melek hukum, anti korupsi dan tahu hak dan kewajibannya yang benar dalam konteks sebagai warganegara.
  11. Satu bulan penuh – Tentang pendidikan seksual (yang islami), sehat dan aman. Banyak wanita berjilbab yang hamil di luar nikah dan aborsi krn sang pria dan sang wanita takut dan buta pengetahuan seksual. Jujur sajalah, seks tidak bisa dihindari oleh siapapun, maka harus diantisipasi kemungkinan terburuknya.
  12. Satu bulan penuh – Tentang psikologi terapan dan metoda komunikasi, baik di lingkungan rumah, bertetangga maupun lingkungan kerja.

Setelah itu semua program bisa diulang untuk tahun-tahun ke depannya. Materi harus disiapkan oleh para ahli di bidangnya. Mesjid juga harus dilengkapi dengan proyektor untuk presentasi, agar materi jelas disampaikan dan para hadirin tidak tertidur di dalam mesjid.

Ilmu-ilmu tentang kaidah agama, kisah-kisah keteladanan, dan lain-lain. kan sudah banyak disampaikan,  dan tersedia di banyak media, baik online, maupun buku serta pengajian-pengajian komunal. Apakah  materi tersebut perlu diulang-ulang saat ceramah di mesjid? Gimana? Pak Ustadz dan Bu Ustadzah setuju? 🙂

Seandainya mesjid-mesjid Indonesia berhasil dengan program-program seperti di atas dan membawa perubahan signifikan ke arah kebaikan, siapa tahu bisa dijadikan contoh oleh negara-negara lain.

Comments

comments

Related Post


Apa Arti Islam Yang Sebenarnya?
Apa Arti Islam Yang Sebenarnya?

Kata "Islam" berasal dari istilah bahasa Arab. Dari segi bahasa,…

Surat Terbuka Untuk Abang dan Mamang Angkot
Surat Terbuka Untuk Abang dan Mamang Angkot

Dear Abang dan Mamang Angkot.. Abang angkot yang baik, sebenernya…

Mengambil Hikmah dari Kemenangan Portugal di EURO 2016
Mengambil Hikmah dari Kemenangan Portugal di EURO 2016

Sejak kecil hingga sekarang, saya memang penggemar Sepak Bola. Karena…

Broadcast Aneh di Awal Dzulhijah 2017
Broadcast Aneh di Awal Dzulhijah 2017

Akang-Teteh, tadi malam saya dapat broadcast lagi di WA, dan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *