Home  /  Opini  / Keuntungan Visual Basic Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Keuntungan Visual Basic Untuk Mahasiswa Teknik Sipil


Keuntungan Visual Basic Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Dalam kurikulum pendidikan sarjana Teknik Sipil, selalu ada mata kuliah Bahasa Pemrograman Komputer. Idealnya, mata kuliah ini dikaitkan dengan Analisis Numerik, karena aplikasi penyelesaian analisis numerik adalah pemrograman komputer. Di kalangan dosen-dosen senior, bahasa paling populer hingga tahun 90-an awal adalah Fortran (Formula Translation). Coba saja buka textbook Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi dari Bowles, di sana banyak sisipan bahasa program Fortran. Setelah Fortran berlalu, banyak yang coba beralih ke Pascal, karena dianggap lebih cocok untuk pembelajaran awal bahasa pemrograman komputer.

Saat kuliah di ITB, saya punya dosen yang begitu fanatik pada bahasa pemrograman C++. Entah kenapa, menurut beliau, VB dan Delphi bukanlah bahasa pemrograman yang serius bagi Teknik Sipil. Ah, masa sih Pak? Sebetulnya serius atau tidak khan tergantung yang make. Lebih baik pake VB sederhana tapi menghasilkan banyak program numerik bermanfaat daripada guma komentar gagayaan tapi gak ada bukti. Setuju?

Menurut saya dan rekan-rekan praktisi pemrograman, ada beberapa keuntungan menggunakan VB dibanding bahasa pemrograman lain yang lebih “serius”.

Pertama, kurva pembelajaran dan pengembangan yang lebih singkat/mudah dibanding dengan bahasa pemrograman lain, seperti C/C++, Delphi atau PowerBuilder sekalipun. Meskipun pernyataan ini masih bisa diperdebatkan. Tetapi yang jelas, VB merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak penggunanya. Cukup banyak literatur, kursus, situs internet ataupun komunitas yang siap membantu. Yang perlu disiapkan hanya tinggal kemauan dan kerja keras, dan pengaturan waktu yang baik untuk mempelajarinya.

Kedua, Visual Basic for Application (VBA) digunakan oleh keluarga Microsoft Office (Word, Excel, Access, PowerPoint, Project). VBA dikembangkan dari aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan istilah macro, otomasi langkah-langkah berulang. Dengan adanya VBA, kemampuan macro dapat ditingkatkan menjadi seperti bahasa pemrograman lain. Bagi yang ingin mengoptimalkan kemampuan Autocad pun, dapat digunakan macro yang menggunakan VBA, bukan Fortran, he he..

VBA tidak berbeda dengan VB, jika dipelajari dan dimanfaatkan dengan produk software di atas, akan menjadi investasi yang berharga.

Itulah keunggulan VB. Tapi biar lebih, fair, kita bahas dikit soal kekurangan VB di sini. Oke? Pertama, dibanding dengan C/C++, maka file distribusi run-time yang dihasilkan VB berukuran lebih besar. VB juga fungsi-fungsi untuk mengambil fitur-fitur sistem operasinya lebih sedikit.

Kedua, VB bukanlah sepenuhnya bahasa pemrograman yang berorientasi objek seperti C/C++ dan Borland Delhpi. Kecuali VB Net dan versi yang lebih canggih. Kekurangan OOP VB 6 ke bawah adalah dalam hal konsep inheritance atau pewarisan.

By the way, apaan tuh OOP dan inheritance? Itu mah urusan orang Informatika kali ya, orang Sipil mana urus? Yang penting buat kita-kita khan asal program bisa jalan dan hasilnya bener, khan? He he.

Comments

comments

Related Post


Apa yang diamalkan lebih penting dari sekedar dihafalkan
Apa yang diamalkan lebih penting dari sekedar dihafalkan

Yang ditanya di akherat itu amalan, bukan hapalan. Maaf.. saya…

Baju Koko
Baju Koko

Di Indonesia jaman kekinian saat ini, baju koko identik dengan…

Pro-Kontra Teknologi Bahan Bakar Air
Pro-Kontra Teknologi Bahan Bakar Air

Dalam pelajaran IPA, kita tentu faham bahwa Hidrogen bisa dihasilkan…

Apakah Borland Delphi Cocok Untuk Teknik Sipil?
Apakah Borland Delphi Cocok Untuk Teknik Sipil?

Saya tidak tahu anda-anda ini kuliah di mana. Tapi di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *