Bisnis BO, Manis di Awal, Nangis di Akhir

Bisnis BO, Manis di Awal, Nangis di Akhir

Dalam artikel ini, BO adalah sebuah “bisnis, yang sifatnya Duduk-Diam-Dapat-Duit. Sebetulnya, BO adalah sebuah bisnis  singkatan dari Bisnis Online. Entah kenapa, dalam Dunia Persilatan  Member Get Member, istilah ini dipersempit menjadi sebuah bisnis  Jauh berbeda dengan definisi Bisnis Online dalam pikiran saya, yang diperkenalkan oleh Anne Ahira, Café Bisnis, Andre Andropia, dan orang-orang berkompeten lainnya di bidang Internet Marketing.

Banyak sekali “bisnis online”, saya tulis dalam tanda kutip aja ya,  yang  pernah menjadi primadona masyarakat beberapa tahun lalu. Banyak masyarakat Indonesia menjadi korban penipuan berkedok investasi ini. Siapa sih yang nggak tergiur saat perusahaan-perusahaan seperti ini mengiming-imingi calon investornya dengan pengembalian modal cepat berbunga tinggi. Siapa yang tidak tertarik? Apalagi perusahaan BO ini biasanya punya program Member Get Member atau Nasabah Get Nasabah.

Investor-investor tingkat atas yang menanamkan uangnya di “BO” sempat merasakan untung dari investasinya itu. Akhirnya, sama sekali tak ada yang mereka dapatkan kembali karena perusahaan tersebut sebenarnya tak pernah menginvestasikan uang yang terkumpul melainkan hanya diputar dan digunakan untuk pribadi.

Orang kok gak kapok kapok ya maen BO? Alasan pertama, yang pernah dapat selalu ketagihan, Meskipun orang-orang yang dia ajak banyak yang menjadi korban. Alasan kedua, mereka yang pernah gagal berharap kekecewaan mereka bisa terobati di sini. Masalahnya, pasti akan banyak timbul korban-korban baru. Bukankah ini penyakit masyarakat?

Apa saja sih BO yang sudah SCAM tersebut? Inilah beberapa diantaranya :

  • Speedline
  • Investasi Amanah
  • MMM
  • Dua Belas Suku (DBS)
  • VGMC
  • Dream For Freedom (D4F)
  • Maxim

Sekarang yang lagi marak adalah BDIG, Sok taruhan, perusahaan ini bisa bertahan berapa lama? 😀

Saya dapat broadcast di group WA kalau gak lagi mau muncul  MMM versi baru yang dikait-kaitkan dengan investasi Cryptocurrency.

Comments

comments