You cannot copy content of this page
Bisnis BO, Manis di Awal, Nangis di Akhir

Bisnis BO, Manis di Awal, Nangis di Akhir

Yang dimaksud dengan BO dalam artikel ini, adalah sebuah “bisnis, yang sifatnya Duduk-Diam-Dapat-Duit. Sebetulnya, BO adalah sebuah bisnis  singkatan dari Bisnis Online. Entah kenapa, dalam Dunia Persilatan  MLM, istilah BO dipersempit menjadi sebuah bisnis, yang pada pelaksanaannya jauh berbeda dengan definisi Bisnis Online  yang diperkenalkan oleh Anne Ahira, Café Bisnis, Andre Andropia, Rianto Astono, dan orang-orang berkompeten lainnya di bidang Internet Marketing.

Banyak sekali “bisnis online”, saya tulis dalam tanda kutip aja ya,  yang  pernah menjadi primadona masyarakat beberapa tahun lalu. Banyak masyarakat Indonesia menjadi korban penipuan berkedok investasi ini. Siapa sih yang nggak tergiur saat perusahaan-perusahaan seperti ini mengiming-imingi calon investornya dengan pengembalian modal cepat berbunga tinggi. Siapa yang tidak tertarik? Apalagi perusahaan BO ini biasanya punya program Member Get Member atau Nasabah Get Nasabah.

Investor-investor tingkat atas yang menanamkan uangnya di “BO” sempat merasakan untung dari investasinya itu. Akhirnya, sama sekali tak ada yang mereka dapatkan kembali karena perusahaan tersebut sebenarnya tak pernah menginvestasikan uang yang terkumpul melainkan hanya diputar dan digunakan untuk pribadi.

Orang kok gak kapok kapok ya maen BO? Alasan pertama, yang pernah dapat selalu ketagihan, Meskipun orang-orang yang dia ajak banyak yang menjadi korban. Alasan kedua, mereka yang pernah gagal berharap kekecewaan mereka bisa terobati di sini. Masalahnya, pasti akan banyak timbul korban-korban baru. Bukankah ini penyakit masyarakat?

Apa saja sih BO yang sudah SCAM tersebut? Inilah beberapa diantaranya :

  • Speedline
  • Investasi Amanah
  • MMM
  • Dua Belas Suku (DBS)
  • VGMC
  • Dream For Freedom (D4F)
  • Maxim

Nanti kalau saya ingat lagi perusahaan BO lain yang sekarang udah bubar, saya tambahkan lagi daftar di atas ya.

Sekarang yang lagi marak adalah BDIG, Sok taruhan, perusahaan ini bisa bertahan berapa lama? 😀

Saya dapat broadcast di group WA kalau gak lagi mau muncul  MMM versi baru yang dikait-kaitkan dengan investasi Cryptocurrency. BO memang gak ada habis-habisnya

Saat artikel ini ditulis, salah satu BO yang lagi rame adalah JJ Mobil. Polanya sangat menggiurkan. Daftar 1,5 Juta, lalu tinggal duduk manis, gak perlu jualan produk apa-apa, tiap hari ditransfer uang sejumlah 45rb. Berarti dalam waktu satu bulan, atau tepatnya 34 hari, udah balik modal donk? Iya! Selanjutnya tinggal nikmati profit 45Rb per hari berikutnya. Apa gak edan tuch? Belum lagi keuntungan dari bonus sponsor dan bonus pasangan. Secara teori MLM binary, keuangan perusahaan sudah pasti tekor, sudah pasti overpay! Meskipun katanya gak akan bangkrut karena uang perusahaan diputar di program HYIP, High Yield Investment Program, tetap aja riskan. Kalau Anda tergiur untuk ikut bisnis beginian, saran saya, gunakan uang dingin, uang yang siap Anda relakan untuk hilang jika sewaktu-waktu perusahaan ini bubar. Itu hukum BO.

Saya masih ingat bagaimana salah satu teman baik saya kehilangan uang, rumah, mobil, dan semua aset-aset miliknya karena uangnya amblas di Bisnis Maxim. Dia sampai harus “menghilang” dari kota Bandung dan mengungsi ke sebuah kampung di kota lain, dalam kondisi dikejar-kejar member-member nasabahnya yang duitnya juga pada ilang.

Saya juga masih ingat bagaimana Fily Mutaqin, salah satu leader besar Tianshi, yang nasibnya berakhir di penjara lantaran bisnis Dream 4 Freedom yang dia klaim sebagai “Bisnis yang tidak masuk akal tapi uangnya masuk rekening”, terbukti tidak bisa membayar bonus-bonus membernya. Padahal sejak jaman kuliah, dia orang hebat, salah satu bintang tujuh di groupnya Pak Vigor. Fily juga punya bakat leadership yang luar biasa yang saat itu punya impian untuk menjadi Walikota Palembang. Kalau sudah begini khan kacau.

Comments

comments