Home  /  Network Marketing  / 4 Kesalahan Bodoh Saat Melakukan Prospecting di Facebook

4 Kesalahan Bodoh Saat Melakukan Prospecting di Facebook


Tidak dapat dipungkiri, Facebook merupakan tambang emas bagi orang-orang yang melakukan bisnis online. Saat ini hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan Facebook, dan bahkan sering menghabiskan waktu mereka di Facebook. Sosial Media paling popular di dunia ini memang memberi kita kemudahan dalam membuat daftar nama dan melakukan List Building.

Saya sudah sering menyaksikan bagaimana seorang prospek bagus ditemukan secara tidak sengaja melalui Facebook.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus anda ketahui untuk menghindari kesalahan dalam merekrut dengan facebook, perhatikan :

1. Aktivitas Facebook Kurang Profesional

Hati-hati dengan aktivitas update status dan postingan-postingan anda. Saya pernah dikirimi sebuah pesan di inbox saya mengenai marketing plan sebuah perusahaan. Marketing Plan sangat menarik. Tapi semua ketertarikan itu menjadi sirna saat saya melihat profil pengirim pesan tersebut. Kenapa? Timeline update-update statusnya dipenuhi dengan banyak kalimat-kalimat alay, caci maki yang ditujukan pada mantan pacarnya, hujatan terhadap orang yang tidak dia sukai, ajakan provokasi untuk membenci seseorang atau golongan masyarakat tertentu. Jika hanya sesekali saja, itu masih bisa dimaklumi. Tapi jika status-status facebooknya hanya berisi hal-hal yang negatif seperti cercaan, provokasi, banyak mengeluh, rasanya kita juga tidak akan tertarik untuk melakukan hubungan bisnis dengan orang tersebut.

Bila anda ingin merekrut seseorang ke dalam bisnis anda, sebaiknya anda mencoba untuk tampil sebagai pengusaha yang profesional di foto profil Facebook anda. Hindarkan status-status alay, SARA, dan pesan-pesan negatif yang bersifat provocatif.

2. Mengirim Pesan Masal Melalui Facebook

Pesan massal biasanya dilakukan dengan melakukan multiple chat. Saya sering menerima pesan massa seperti ini tanpa tahu kapan saya mulai terlibat di Multiple Chat tersebut, dan tidak tahu siapa yang mengundang. Apakah ini akan berhasil? Hal yang lebih buruk dari kegagalan adalah hasil yang negatif. Bila anda ingin menyampaikan pesan pada teman anda, kirimi dia pesan secara pribadi. Jangan pernah mengirimi pesan dengan jumlah penerima yang banyak (masal) ! Karena semua respon yang positif dan negatif akan terkumpul menjadi satu. 

Teman anda menjadi frustasi mengenai pesan yang anda kirim. JANGAN PERNAH anda mengirim pesan masal untuk merekrut orang. Cara seperti itu tidak akan berhasil!

3. Spamming

Banyak hal bersifat spamming yang mungkin tidak kita sadari selama ini. Misalnya :

  • Menulis, mengirimkan penawaran, mencantumkan link replika di wall orang tanpa persetujuan pemilik wall yang bersangkutan.
  • Melakukan tagging foto promosi dan penawaran pada teman-teman anda di facebook
  • Membroadcast pesan-pesan penawaran melalui Inbox FB.

Sebetulnya ada teknik-teknik tertentu yang lebih efektif dari kegiatan spamming. Hanya saja, itu butuh kesabaran, dan banyak orang justru tidak sabar dan menganggap teknik tersebut terlalu bertele-tele.

4. Terlalu Memaksa

Yang lebih buruk lagi adalah ketika orang mengirim pesan yang terlalu mencolok tentang MLM mereka. Berikut contohnya :

Hallo,

Saya senang sekali berkenalan dengan orang sehebat Anda. Saya rasa anda tertarik dengan network marketing…….Saya pikir ini akan jadi peluang yang luar biasa untuk anda. Apalagi anda punya koneksi yang banyak, ini akan menjadi hal yang besar! Senang berhubungan dengan anda. Saya tunggu kabar dari anda!

                                                                                                                                                                                                    Mr. XYZ

Mengapa hal di atas adalah hal yang seharusnya tidak kita lakukan?

Pertama, kesan yang ditimbulkan bersifat tidak tulus. Kedua, dengan hanya mengirimkan pesan seperti di atas, anda terlihat mengemis dan jauh dari kesan profesional. Ini adalah aturan emas dalam merekrut melalui Facebook.

Saya sarankan juga agar Anda tidak mengirimkan “link” yang tidak diminta pada orang lain. Berikut alasan saya agar anda memahaminya……….

Media sosial layaknya sebuah pesta di rumah! Bagaimana perasaan anda ketika anda sedang berbicara dengan rekan anda di sebuah pesta, dan secara tiba-tiba ada seseorang yang bukan rekan anda memberikan kartu nama bisnisnya pada anda?

Cara yang lebih baik untuk merekrut melalui FB adalah pendekatan personal. Bangun keakraban terlebih dahulu dengan mengajukan pertanyaan, dan ketika waktunya tepat, berbicaralah mengenai peluang anda.

Kabar buruknya adalah saat ini banyak sekali yang melakukan kesalahan di atas. Saatnya anda melakukan dengan cara yang lebih profesinal dan memaksimalkan Facebook anda.

Apakah informasi ini berguna bagi anda?

Jika YA….. tinggalkan komentar anda dan berbagilah!

Untuk Sukses Anda

Comments

comments

Related Post


Antara Paytren dan Bebas Bayar
Antara Paytren dan Bebas Bayar

Seru juga perhatiin adu argumen member Paytren dan Bebas Bayar…

Benarkah MLM Haram?
Benarkah MLM Haram?

Apakah MLM haram? Masalah itu sebetulnya sudah cukup banyak dibahas…

Didaftarin ke HPAI, jalanin gak ya?
Didaftarin ke HPAI, jalanin gak ya?

Adik saya mendaftarkan saya menjadi member di bisnis MLM barunya,…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *