Home  /  Gosip Inspiratif  / Berbagi Pengalaman Membereskan Saluran Mampet di Rumah

Berbagi Pengalaman Membereskan Saluran Mampet di Rumah


Berbagi Pengalaman Membereskan Saluran Mampet di Rumah

Masalah saluran mampet di rumah merupakan masalah yang sangat mengganggu kenyamanan hidup kita. Saluran mampet ini bisa terjadi pada saluran WC, saluran buangan cuci piring, ataupun yang kedua-duanya yang saling terhubung. Untuk membereskan masalah ini, kadang kita perlu melakukan bongkar saluran. Ini sangat ribet. Biayanya juga banyak. Belum lagi waktu pengerjaannya yang kadang lebih dari sehari. Berdasarkan pengalaman pribadi sih, saya sarankan sedapat mungkin jangan pake bongkar-bongkaran saluran segala dech. Bagaimana caranya biar gak perlu dibongkar?

Ada beberapa saran yang dianjurkan orang. Pertama biasanya coba dulu pakai produk anti sumbat seperti Plong, Shock, atau Soda Api. Ini merupakan cara yang paling murah. Jika kondisi kemampetannya nggak terlalu parah sih, cara ini biasanya cukup berhasil. Tapi jika tumpukan sumbatan penggumpalan lemak-lemak pada pipanya sudah terlalu parah, pemakaian soda api kadang malah memperumit masalah. bukannya berkurang, kemampetan malah bertambah. Kalau sudah begini, pusing khan? Jika ini sudah terjadi, apakah saluran perlu dibongkar? Bisa iya, bisa tidak. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi, kemungkinan masalah ini bisa dibereskan tanpa bongkar saluran. Banyak kok perusahaan jasa yang menawarkan solusi saluran mampet tanpa bongkar.

Ada produk bakteri pengurai yang katanya bisa menguras tangki septic tank tanpa sedot WC. Yang pernah saya pakai mereknya Degra Simba. Cara ini mungkin berhasil untuk kondisi septic tank yang bagus yang dilengkapi dengan sumur resapan. Tapi untuk rumah-rumah yang septic tank nya belum dilengkapi sumur resapan dan kondisinya bertambah penuh akibat rembesan air di musin hujan, Degra Simba ternyata belum bisa jadi solusi. Pada saat ini terjadi, mungkin sudah waktunya kita memanggil Jasa Solusi Saluran Mampet.

Ada beberapa jenis jasa pemberesan saluran mampet yang ditawarkan orang. Jika Akang-Teteh mencari di Google dengan kata kunci jasa saluran mampet, didapatkan hasil kurang lebih sebagai berikut :

Nah, dalam tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi saat menggunakan jasa saluran mampet ini.

Pertama, mobil jasa sedot WC. Cara ini ampuh untuk sumbatan yang diakibatkan oleh Septic Tank yang sudah penuh dan memang sudah waktunya dikuras. Untuk Septic Tank yang dilengkapi dengan sumur resapan yang baik, kuras septic tank seringkali bisa dilakukan tanpa mobil sedot WC. Biaya sedot WC khan lumayan mahal ya. Umumnya butuh biaya di atas 300rb rupiah. Caranya, dengan bantuan produk bakteri pengurai, misalnya Degra Simba, yang harganya sekitar 35rb rupiah per botol. Jika WC dan pipa saluran wastafel tetap mampet juga meski sudah diberi bakteri pengurai, berarti anda perlu mencoba cara yang kedua.

Kedua, Perusahaan Jasa yang menggunakan alat pengalir air bertekanan tinggi. Biasanya perusahaan yang anda telepon mencharge biaya 350rb hingga 450rb rupiah. Alat ini memang bisa mendorong paksa tumpukan-tumpukan lemak yang menempel pada pipa. Tapi kadang kala, masalah mampet tidak sesederhana ini. Jika setelah pipa beres kemudian ternyata masalah juga terjadi pada septic tank yang penuh, anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memanggil mobil sedot WC.

Ketiga, yang saya saranakan berdasarkan pengalaman, membawa mobil tangki sedot WC serta alat pompa dorong air bertekanan tinggi sekaligus.

Keempat, Jasa service perusahaan yang khusus dan berpengalaman di bidang penanganan saluran air tersumbat/mampet, tanpa proses bongkar.dengan di lengkapi peralatan yang canggih dan modern Spiral Cable Machine. Menurut perusahaan ini, alat yang dia pakai telah di pakai di berbagai negara dan telah terbukti sangat mampu mengatasi masalah saluran mampet ( Drain Cleaner ). Cara kerjanya, alat ini akan berputar dan masuk kedalam saluran air anda tanpa harus proses bongkar dan merusak pipa anda, jika saluran anda tersumbat karena kain akan terbawa/tertarik di spiral, jika lemak akan hancur. jika ada benda keras akan terdorong ke luar saluran anda. semua tanpa proses bongkar. alat ini terbuat dari baja yang lentur dan kuat serta elastis, dan tidak akan merusak saluran pipa air anda.

Begitu saya telepon. berapa biaya yang dia minta? Wuih, ternyata mahal banget. Dia minta harga 2,5 juta. Meskipun pake garansi kayak gimana-gimana juga, buat saya sih, terlalu mahal. Setelah selidiki sana sini, menurut para tukang yang bekerja di perusahaan sejenis ini, ternyata sebetulnya biaya yang seharusnya dibebankan ke konsumen tidak mahal. 2,5 juta itu sebetulnya trik dia saja untuk beli alatnya dulu yang mau dia pakai di rumah Anda. Terus terang, saya sendiri belum pernah pakai jasa perusahaan ini. Kalau anda tidak berada dalam kondisi punya uang berlimpah, saya sangat tidak sarankan jasa ini.

Comments

comments

Related Post


Fenomena Bigo Live di Kalangan Anak Muda
Fenomena Bigo Live di Kalangan Anak Muda

  Masa-masa chatting dengan Yahoo Messenger kini sudah berlalu. YM…

Sony Sugema College
Sony Sugema College

Banyak orang sukses yang memulai usahanya dari kondisi sangat memprihatinkan.…

Gosip Cara Tukang Ojek Berpenghasilan di Atas UMR
Gosip Cara Tukang Ojek Berpenghasilan di Atas UMR

Sejumlah media menulis kisah yang menggugah tentang fenomena gojek, dengan…

Gosipnya, Ini Sebabnya Ojek Pangkalan Menolak Gojek
Gosipnya, Ini Sebabnya Ojek Pangkalan Menolak Gojek

Pada artikel sebelumnya, saya pernah menulis tentang alasan-alasan logis yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *