Home  /  Gosip Inspiratif  / Anda Mau Jual Listrik ke PLN?

Anda Mau Jual Listrik ke PLN?


Anda Mau Jual Listrik ke PLN?

Kabarnya, sebentar lagi rakyat Indonesia sudah bisa jual listrik ke PLN. Itu bisa terjadi jika di rumah tinggal kita sudah terdapat Pembangkit Tenaga Listrik Independen. Salah satu bentuknya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dihasilkan dari Solar Cell yang dipasang di atap-atap rumah. Teknisnya adalah dengan menghubungkan jaringan kabelnya ke jaringan listrik milik PLN.

Menurut staf ahli PLN,  konsepnya yang digunakan sifatnya seperti ekspor-impor. Dengan kondisi saat siang hari Solar Cell menghasilkan listrik saat konsumsi listrik di rumah sedang turun, pemilik rumah bisa menjual listriknya ke PLN. Di malam hari saat tidak ada sinar matahari, Solar Cell tidak menghasilkan listrik,  sehingga giliran pemilik rumahnya beli listrik ke PLN. Dengan cara seperti ini, tagihan listrik akan berkurang signifikan, karena dipotong penjualan listrik ke PLN. Kabarnya ini sudah dilakukan di beberapa wilayah Jabodetabek, seperti yang terjadi di daerah Menteng dan Depok. Pemilik rumah bekerjasama dengan PLN dengan memasang meteran listrik khusus. Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Menteri ESDM, terkait tarif jual-beli listrik, yang berasal dari atap rumah yang dipasangi solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sederhananya, bisa dikatakan tidak jual-beli listrik, tapi melainkan saling tukar saja. Kalau konsumen kirim ke PLN 100 kWh (kilowatt-jam), lalu konsumen pakai dari PLN 300 kWh, maka yang dibayar konsumen hanya 200 kWh, jadi lebih hemat.

Nah, yang jadi masalah, bagaimana jika di tiap rumah tersebut, alat PLTS-nya di-upgrade dengan Generator Tanpa Bahan Bakar yang bisa terus menghasilkan listrik dalam jumlah besar siang-malam terus menerus? Dapatkah PLN menerima kondisi ini? Sebagai informasi, saat ini GTBB sudah bisa dipesan dengan range harga antara Rp. 10 juta – Rp. 20 juta dengan kapasitas 1000 Watt dan 2000 Watt. Karena jika sebuah rumah sudah memiliki GTBB sendiri, rumah tersebut sudah tentu tidak lagi membutuhkan supply listrik dari PLN lagi khan? Pemilik rumah yang sudah memasang Solar-Cell-GTBB ini pun sebetulnya sudah tidak butuh beli listrik dari PLN lagi, malah bisa jadi supplyer listrik bagi PLN. Alternatif lain daripada jual listrik ke PLN adalah menyimpannya di sistem Home UPS, seperti diilustrasikan pada gambar di bawah ini :

Prinsip Kerja GTBB di Rumah

Comments

comments

Related Post


Ganesha Operation Bandung
Ganesha Operation Bandung

Saya mulai mengenal nama Ganesha Operation (GO) sejak kelas 6…

Surat Terbuka Untuk Abang dan Mamang Angkot
Surat Terbuka Untuk Abang dan Mamang Angkot

Dear Abang dan Mamang Angkot.. Abang angkot yang baik, sebenernya…

Benarkah Bahasa Arab Adalah Bahasa Khusus Umat Islam Sekaligus Bahasa Syurga?
Benarkah Bahasa Arab Adalah Bahasa Khusus Umat Islam Sekaligus Bahasa Syurga?

Rasulullah SAW memang diturunkan di Jazirah Arab. Sudah tentu di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *