Home  /  Dunia Pendidikan  / Rumus The King GO

Rumus The King GO


Rumus The King GO

Saat saya membuka admin area untuk memoderasi teman-teman yang berkomentar di blog ini, ternyata cukup banyak juga ya yang buka blog saya untuk cari rumus the King yang bisa didonlot. Kebetulan kata kunci “Rumus The King” tersebut trafic-nya menuju salah satu artikel tentang Nostalgia Bimbel Ganesha Operation yang pernah saya tulis.

Mungkin sebagian pembaca bertanya, “Apa sih Rumus The King GO itu?”

Bagi teman-teman yang belum “ngeuh” apa yang dimaksud dengan judul artikel ini, Rumus The King adalah branding Bimbingan Belajar Ganesha Operation Bandung untuk cara cepat penyelesaian soal-soal Matematika, Fisika, dan Kimia. Waktu saya kelas 3 SMA, branding The King belum dipakai.

Cara cepat ini awalnya dipopulerkan dengan sukses oleh Sony Sugema (alm) pada Bimbel Sony Sugema College miliknya. The Fastest Solution, yang saat itu menjadi slogan Sony Sugema College memang menyedot minat siswa-siswi SMA favorit di Bandung. Awalnya cara-cara cepat SSC tersebut banyak dicela oleh para pengajar GO. Banyak juga tentor Bimbel lain yang mengatakan “Cara Cepat” tersebut tidak mendidik.

Ah, masa iya sih tidak mendidik? Menurut saya pribadi sih, penurunan rumus-rumus cepat, yang saat ini dipopulerkan dengan istilah “Konsep Dasar The King” atau “Koding”, merupakan kegiatan ilmiah biasa. Mungkin karena kurikulum pendidikan nasional kita terlalu cepat gonta-ganti buku, rumus-rumus ini tidak pernah keluar dalam textbook standar sekolah. Guru-guru di sekolah saja belum bisa sepenuhnya memenuhi tuntutan Kurikulum 94, tahun 96 udah diganti jadi KTSP. Saat mulai sedikit paham apa itu KTSP, eh, keluar lagi Kurikulum 2013 (Kutilas).

Kembali ke soal “Rumus Cepat”, sekitar tahun 1992, Parulian Panggabean, guru senior matematika GO, mengklaim bahwa soal-soal matematika yang dia ajarkan di kelas, tidak bisa diakali dengan cara-cara SSC tersebut. Parulian memang sangat ahli di bidang matematika SMA. Dia berusaha mengajarkan konsep yang benar pada siswanya. Soal-soal bikinan Parulian dalam tiap Try Out maupun Quiz kecil di kelas memang yahud.

Namun tetap saja “The Fastest Solution” ini heboh dan populer dan menjadi “trending topic” di kalangan siswa SMA.

Untuk memenangkan persaingan bisnis, akhirnya Bob Foster dan teman-temannya merumuskan cara-cara cepat ala SSC tersebut, lalu mereka branding dengan nama Rumus The King of The Fastest Solution, atau disingkat menjadi “Rumus The King” saja.

Soal claim meng-claim dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa. Saat awal Sony sugema mempromosikan “The Fastest Solution” inipun, Bapak Obos Bastaman, guru Matematika senior di SMA Negeri 3 Bandung saat itu, menyatakan bahwa rumus-rumus cepat ini adalah hasil ulikan beliau. Sony Sugema adalah murid Pak Obos di SMA 3 saat itu, konon, sempat meminta restu pada Pak Obos untuk menggunakan cara-cara cepat tersebut di Lembaga Bimbingan Belajar miliknya.

Tapi menurut saya sih, siapapun boleh meng-claim. Ini khan cuma algoritma matematika biasa yang bisa ditemukan oleh siapapun yang menggalinya. Tidak bisa di-patent! For Your Information, Bimbel Primagama pun punya metoda yang sama dengan The King, tapi mereka menjualnya dengan judul “Smart Solution”

Sebetulnya, jika siswa SMA menguasai konsep yang kuat, dia bisa menemukan “Rumus The King” nya sendiri. Cara-cara kreatif dan ilmiah ini memang berada di luar jangkauan buku-buku pelajaran standar. Juga jarang sekali diulik secara khusus oleh guru-guru sekolah biasa. Kok bisa? Jangankan bikin cara-cara kreatif lah, seringnya gonta-ganti kurikulum juga udah bikin guru-guru di sekolah jadi “Pusing Pala Barbie” 🙂

Agar menguasai “Rumus Cepat” ini , siswa sebaiknya dibimbing oleh guru atau tentor yang berwawasan dan berpengalaman.

Dulu saat saya masih SMA, Ada beberapa “Rumus Cepat” yang secara “default” tidak ter-cover oleh Kurikulum SMA saat itu. Misalnya dalil L’hospital pada soal-soal Limit Fungsi, atau metoda Spallanzani untuk menyelesaikan integral-parsial. Cara ini juga saat itu jarang sekali diketahui oleh guru bidang studi yang bersangkutan. Tapi saya lihat di kurikulum SMA saat ini, dalil L’Hospital ternyata sudah masuk ke dalam kurikulum pelajaran matematika, pada bab Turunan. Tapi yang bikin soal-soal ujian juga nampaknya paham dengan kondisi ini. Walhasil :

  • Soal-soal limit yang gampang diakalin dengan dalil L’Hospital sederhana tidak pernah keluar lagi.. 🙂
  • Soal menghitung luas di bawah kurva untuk kasus kurva penuh jarang keluar lagi
  • Soal menghitung panjang lintasan bola yang dipantulkan dengan rasio a/b tidak pernah keluar lagi

Meskipun demikian, setiap guru bidang study dan para tentor bimbel kreatif selalu ada saja yang bisa menemukan “cara-cara the king” yang baru. Para pelajar SMA yang rajin ngulik dan ngutak-ngatik-nguteuk matematika pun pasti bisa menemukan cara-cara ini. Asalkan tekun dan rajin mencoba. Asal keyeng tangtu pareng.

Saat duduk di bangku kuliah, salah satu hobi saya adalah mengajar. Tentu saja saat itu saya banyak berkecimpung di pengulikan rumus-rumus cepat yang banyak dibahas di depan murid-murid bimbingan saya. Ada beberapa yang masih saya ingat, daripada nggak barokah karena nggak diamalkan, karena saya memang sudah tidak aktif mengajar lagi, sedikit-sedikit mulai saya bagikan di sini dech..

Semoga bermanfaat untuk para pelajar SMA, guru-guru di sekolah, maupun rekan-rekan sejawat para tentor bimbel maupun guru-guru privat les.

Silahkan klik link di bawah ini

Rumus The King Persamaan Kuadrat
Rumus The King Limit Fungsi Aljabar – Part 1
RumusThe King Limit Fungsi Aljabar – Part 2
Rumus The King Limit Fungsi Trigonometri
Rumus The King Barisan dan Deret
Rumus The King Menghitung Luas Kurva (Integral)
Rumus The King Gaya Kontak
Rumus The King Tumbukan dan Momentum (1)
Rumus The King Tumbukan dan Momentum (2)
Rumus The King Tegangan Tali Statis
Rumus The King Gaya Gesekan Pada Bidang Miring
Rumus The King Rangkaian Listrik
Rumus The King Relasi dan Fungsi

Last but not least, daftar Rumus The King di atas, Insya Allah akan selalu saya update dari waktu ke waktu…. pembahasan pun akan terus disempurnakan 🙂

Comments

comments

Related Post


Rumus The King Tumbukan dan Momentum – Part 2
Rumus The King Tumbukan dan Momentum – Part 2

Ini adalah lanjutan pembahasan Impuls-Tumbukan-Momentum yang pernah saya bahas pada…

Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?
Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai…

Rumus The King Tumbukan dan Momentum – Part 1
Rumus The King Tumbukan dan Momentum – Part 1

Untuk menghitung kecepatan dua buah benda yang bertumbukan, kita gunakan…

Rumus The King Barisan dan Deret
Rumus The King Barisan dan Deret

Soal 1 Sebuah bola tenis dijatuhkan dari lantai yang tingginya…



3 thoughts on “Rumus The King GO

  1. Pingback: Gaya Kontak Pada 3 Buah Balok Di Atas Bidang Datar Kasar | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  2. Pingback: Ganesha Operation Bandung | Belajar… Tumbuh… Berbagi

  3. Pingback: Rumus The King Limit Fungsi Aljabar | Belajar… Tumbuh… Berbagi



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *