Home  /  Dunia Pendidikan  / Mabal

Mabal


Mabal

Istilah mabal saya kenal sejak SMP dulu. Mabal adalah istilah untuk siswa yang kabur dari kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Mungkin sekali istilah mabal ini pertama dipopulerkan di Bandung dan sekitarnya, karena ternyata banyak teman-teman saya di Surabaya yang nggak familiar dengan istilah ini.

Kenapa Anak Sekolah Senang Mabal? Yang jelas, mereka mabal karena nggak betah di kelas, nggak menikmati proses pembelajaran di kelas.

Benarkah Mabal Identik Dengan Kenakalan Yang Negatif?  Kegiatan mabal ini tentu saja sangat disukai oleh para guru pengajar di sekolah.  Dari sudut pandang tata krama, anak-anak yang mabal memang identik dengan anak nakal.

Apakah anak yang hobi mabal bisa berprestasi di sekolah? Bisa iya bisa tidak. Saat saya di SMA dulu, saya mencatat ada beberapa orang teman sekelas tukang mabal yang justru terlihat potensi akademiknya setelah lulus sekolah. Kegiatan mabal di SMAN 3 Bandung saat itu memang unik. Banyak siswa mabal karena nggak betah di kelas, di luar kelas, mereka belajar dan membahas soal-soal mafiki agar bisa lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri. Uniknya itu mereka buktikan dengan prestasi. Para siswa rajin mabal banyak yang diterima di jurusan favorit yang mereka cita-citakan, sementara banyak “anak-anak baik dan patuh” yang cukup puas diterima di pilihan keduanya.

“Jadi ieu teh kumaha maksudna? Si Akang teh nganjurin para pembaca jadi tukang mabal ogé?,” celetuk salah satu teman yang ngintip tulisan ini pas lagi ditulis…

Ya bukan juga sih, tapii… ah, enggeus we pikiran olangan, heu heu…

Comments

comments

Related Post


Rumus The King GO
Rumus The King GO

Saat saya membuka admin area untuk memoderasi teman-teman yang berkomentar…

Ganesha Operation Bandung
Ganesha Operation Bandung

Saya mulai mengenal nama Ganesha Operation (GO) sejak kelas 6…

Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?
Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai…

Apakah Bimbingan Belajar Mutlak Dibutuhkan Setiap Anak Sekolah?
Apakah Bimbingan Belajar Mutlak Dibutuhkan Setiap Anak Sekolah?

Entah sejak kapan ya bisnis Bimbingan Belajar mulai menjamur di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *