Home  /  Dunia Pendidikan  / 1100 Words You Need to Know

1100 Words You Need to Know


1100 Words You Need to Know

Menguasai kosa kata atau vocabulary yang banyak adalah salah satu modal untuk bisa menikmati bacaan dan tayangan-tayangan film di bioskop dan televise. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkaya vocabulary. Ada yang menganjurkan agar banyak-banyak membaca, tuliskan kata-kata yang kita gak tahu artinya, dan rajin-rajin membuka kamus. Ada juga yang menganjurkan kita untuk menghafal 5 hingga 10 kosa kata baru per hari. Dari mana kita bisa dapatkan kosa kata baru itu? Tentu dari bacaan juga khan? Salah satu masalahya yang sering ditemui oleh para pemula yang baru belajar Bahasa Inggris adalah, kita seringkali frustasi ketika kita menemukan terlalu banyak kata-kata yang kita nggak tahu artinya. Belum buka kamus udah capek duluan. Idealnya kita belajarnya bertahap, dimulai dari bacaan-bacaan yang ringan, hingga bertahap ke majalah, koran, hingga novel. Saat saya kuliah dulu, bacaan-bacaan seperti ini banyak tersedia di Perpustakaan khusus bernama British Council.

Kalau ada yang nanya buku apa yang bisa direkomendasikan untuk memperkaya kosa kata secara bertahap, buku “Barrons’s 1100 Words You Need to Know” adalah salah satu yang saya rekomendasikan. Disusun oleh dua orang ahli Bahasa Murray Bromberg dan Melvin Gordon, buku ini sudah terbukti menjadi Best Seller selama 45 tahun.

Saya mulai mengenal buku ini saat kuliah sekitar tahun 1996 dari beberapa orang teman yang saat itu mengikuti kursus TOEFL di Sam College Bandung. Tampilan buku yang terlihat itu kurang menarik sih, karena bentuknya fotocopian biasa saja. Tapi sepertinya buku itu bagus untuk meningkatkan penguasaan vocabulary. Buktinya dipake sama guru Bahasa Inggris di sana. Saat itu belum jaman internet murah. Jadi saya belum bisa mengecek seperti apa sih bentuk asli buku itu? Waktu itu pun belum seperti jaman now yang menyediakan berbagai kamus murah online atau aplikasi android kamus elektronik. Saya pribadi yang saat itu ikut memfotocopy buku tersebut, setengah mati mempelajari isinya. Yang bikin males itu buka-buka kamusnya. Capek, soalnya terlalu banyak kosa kata yang saya nggak ngerti artinya. Itu memang bisa dibilang buku pelajaran vocabulary tingkat advanced.

Buku tersebut berisi program belajar vocabulary yang ditargetkan bisa dikuasai pembacanya dalam waktu 46 minggu. Materi pelajaran disusun dalam waktu 4 minggu, setiap minggunya dibagi menjadi 5 hari. Jadi memang bukan buku yang bisa dikuasai dalam waktu cukup satu minggu.

Salah satu keistimewaan buku ini, kosa kata yang diperkenalkan sebelumnya selalu terulang di pelajaran-pelajaran selanjutnya.

Apa prasyarat yang dibutuhkan untuk mulai mempelajari buku ini? Anda minimal harus menguasari Bahasa Inggris tingkat SMA lah… Iya.. kalau nggak bisa susah. Pengalaman saya pribadi, seringkali kita menemukan kata-kata asing serta idiomatic expression lain di dalam bacaan dan soal-soal evaluasinya, di luar kosa kata baru yang dia perkenalkan itu sendiri. Menurut saya, buku ini diperuntukan untuk Level Upper Intermediate hingga Advance.

Setelah saya mulai mengenal blog, tiba-tiba kepikiran aja untuk berbagi materi buku tersebut di sini. Sekaligus bisa mereview ulang penguasaan saya juga sih, tapi siapa tahu bisa ngebantu teman-teman yang saat ini sedang berjuang meningkatkan penguasaan vocabularynya. Oh iya, jaman saya kuliah, fotocopy yang saya punya ternyata baru edisi ketiga. Saat ini saya cek di Amazon ternyata sudah sampai pada edisi ke-6. Selain bentuk buku, juga sudah tersedia dalam bentuk FlashCard-nya juga. Saya belum lihat bentuk flash cardnya seperti apa. Salah satu kekurangan buku ini, menurut saya, adalah tersedia dalam bentuk Audiobook yang bias membantu kita mendengarkan pelafalan kata-kata tersebut langsung dari native speakernya.

Menguasai vocabulary secara luas dan mendalam itu asyik lho. Ngebantu banget buat menikmati film-film yang tayang di TV dan bioskop. Ngebantu banget juga buat bisa menikmati novel-novel berbahasa Inggris. Ngebantu banget buat memahami textbook materi kuliah. Minimal bantu dapat nilai A lah di mata kuliah Bahasa Inggris. Dan tentunya bisa jadi modal yang besar untuk menguasari keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris.  Gimana, apa teman-teman bisa makin tertarik dan semangat buat mendalami Ilmu Vocabulary?

Apa yang saya bagikan di sini, sudah diolah berisi catatan-catatan pribadi yang saya tambahkan pada tiap materi pelajaran di buku tersebut. Sudah tidak perlu terlalu repot buka-buka kamus lagi. Semoga bermanfaat.

Silahkan memulainya dari sini 🙂

Comments

comments

Related Post


Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?
Pak Mendikbud Yakin Fullday School Baik Untuk Anak?

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai…

Antara Bimbel dan Dunia Sekolah
Antara Bimbel dan Dunia Sekolah

Waktu saya masih duduk di bangku SD, saya belum kenal…

MELATIH ANAK BERENANG, MEMANAH DAN BERKUDA
MELATIH ANAK BERENANG, MEMANAH DAN BERKUDA

Pengantar Admin : Saya menemukan artikel bagus yang ditulis oleh…

Membongkar Kebohongan Tayangan Mistis di Televisi
Membongkar Kebohongan Tayangan Mistis di Televisi

Banyak sekali tayangan mistis di televisi. Acara-acara seperti ini ratingnya…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *