Home  /  Dongeng  / Superhero Marvel, DC Comics, dan Indonesia Yang Saling Berpadanan

Superhero Marvel, DC Comics, dan Indonesia Yang Saling Berpadanan


Superhero Marvel, DC Comics, dan Indonesia Yang Saling Berpadanan

Marvel Cinematic Universe dan DC Comics merupakan 2 publisher besar yang kerap bersaing dalam membuat cerita dari tokoh-tokoh superhero. Tak ayal, kedua publisher tersebut sering bersaing secara sportif untuk merebut gelar siapa yang terbaik sebagai pencipta tokoh superhero. Banyak asumsi bermunculan bahwa mereka memang saling bermusuhan, namun ditengah persaingan itu, entah disengaja ataupun tidak, beberapa superhero dari Marvel dan DC yang tampil dilayar kaca muncul dengan kemampuan yang nyaris sama. Selalu saja ada tokoh-tokoh yang saling berpadanan.

Flash – Quick Silver

Karakter The Flash sebetulnya sudah lama popular. Tahun 1992 muncul di serial TV sebanyak 2 season. Flash semakin popular ketika dibuat ulang tahun 2014, dengan banyak adaptasi, modernisasi, serta teori Fisika modern baru yang ditambahkan sebagai bumbu-bumbu penyedap tambahan sebagai unsur scifi pembenarnya. Hingga artikel ini ditulis, Flash sudah sampai di Season 4.

Quicksilver mundul dalam film The Avengers : Age of Ultron dan X-Men Apocalypse.

Melihat sosok 2 superhero di atas, menurut saya, Indonesia diwakili oleh karakter Gundala Putra Petir. Dari segi penampilan, Gundala memang mirip Flash. Mungkin Hasmi, komikus Gundala saat itu, tidak berlatar belakang Fisika Modern, hingga saat itu belum terpikirkan untuk memasukan unsur-unsur teori Relativitas dan Twin Paradox ke dalamnya. Gundala hanya disebutkan bisa berlari cepat sekencang angin, dan dapat menembakan petir. Kalau belum bias melebihi kecepatan cahaya, tentunya dia belum bisa membuka portal ke masa lalu dan masa depan seperti The Flash yang baru. Seru juga ngebayangin Gundala buka portal ke masa lalu. Di jaman apa aja dia seru buat dimunculin? Di jaman Majapahit kah? Atau sekalian aja di jaman pewayangan biar dia ketemu Cepot, Dawala, Gareng, dan Semar, heu heu heu…

Karakter The Flash mulai populer ketika tahun 2014 sampai dengan saat ini CW menayangkan serial TV-nya dengan judul The Flash. Sementara Quicksilver muncul di dua film berbeda yaitu The Avengers : Age of Ultron dan X-men Apocalypse. Keduanya adalah superhero dengan kemampuan super cepat dan bahkan mereka dapat melewati kecepatan cahaya. Quicksilver yang memiliki kemampuan mutan hasil eksperimen, dan Flash yang memiliki kekuatan Speed Forcenya. Hal mencolok yang membedakan Flash dan Quicksilver adalah pakaiaan yang mereka kenakan. Flash tampil dengan pakaian serba merahnya sementara Quicksilver tampil dengan pakaian berwarna abu.

Kedua karakter ini mempunyai kemampuan yang sama, yaitu kemampuan dalam hal akurasi yang tinggi. Hawkeye dan Arrow adalah dua sosok manusia biasa yang sangat terlatih dalam menggunakan senjata busur dan panah.

Hawkeye pertama kali muncul di film The Avengers (MCU) yang diperankan oleh Jeremy Renner,

Arrow muncul dalam TV series berjudul sama yang diperankan oleh Stephen Amell. Sebelumnya Green Arrow alias Oliver Queen ini muncul juga sih di Serial Smallvile. Dongeng Arrow versi Arrowverse dan Smallvile itu memang beda mazab sih. Dalam Arrowverse, Oliver Queen dan Clark Kent berada di dunia parallel yang berbeda.  Hal yang membedakan Arrow dan Haweye, kemapuan Arrow terasah sejak dia terdampar di sebuah pulau terpencil di China yang bernama Lian Yu.

Hawkeye (Clint Barton) lahir di Waverly, Iowa. Di usia muda ia kehilangan kedua orang tuanya dalam sebuah kecelakaan mobil. Setelah enam tahun berada di panti asuhan, Clint dan saudaranya Barney melarikan diri untuk bergabung dengan Carson Carnival of Travelling Wonders. Clint segera menarik perhatian Swordsman, yang membawa anak muda itu sebagai asistennya. Seiring dengan bantuan Trick Shot, Swordsman melatih Clint untuk menjadi pemanah utama.

Dead Pool – Deathstroke

Kedua superhero yang sama-sama menggunakan topeng ini menjadikan pedang dan pistol sebagai senjata utamanya. Keduanya juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan diri dengan cepat, namun healing factor Deadpool lebih baik ketimbang Deadstroke. Healing factor Deadpool masih dapat bekerja disaat ia bertarung, sementara healing factor Deathstroke hanya dapat bekerja ketika dia beristirahat. Dalam versi awalnya, Deadstroke muncul di kisah=kisah Batman. Tapi dalam Arrowverse yang berbeda mazab, Deadstroke pertama kali muncul di musim pertama dan kedua dalam serial Arrow. Deadpool muncul sebagai sosok anti hero difilm X-Men Origins: Wolverine (20th Century Fox) dan di film solo Deadpool (20th Century Fox).

Ironman, Ant-Man, Atom

Ant-Man dan Atom memiliki kemampuan yang sama yaitu mampu menyusutkan tubuhnya hingga ke ukuran sub-atomik. Namun Ant-man mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki atom yaitu ia mampu memperbesar ukuran tubuhnya ke wujud raksasa dan ia juga dapat berkomunikasi dengan makhluk serangga.

Begitu juga sebaliknya , kelebihan Atom yang tidak dimiliki Ant-man adalah Atom memiliki kemampuan untuk dapat terbang di udara dengan bantuan kostumnya.

Ant-Man kekinian bias kita lihat pada film solo pertamanya berjudul Ant-Man (2015). Sedangkan The Atom muncul di TV series Arrow yang berlanjut kiprahnya di Legends of Tomorrow. Menurut saya sih, Atom tepat juga jadi padanan Iron Man. Kekuatannya sama-sama berasal dari teknologi nano yang terpasang di kostumnya. Hanya saja Ironman tidak bias menyusutkan tubuhnya ke ukuran mini seperti Atom maupun Ant-Man.

Martian Manhunder – Vision

Martian Manhunter dan Vision memiliki banyak kemampuan super yang sama antara lain mereka dapat membaca pikiran musuhnya, berkomunikasi jarak jauh secara telepati, menciptakan ilusi, dan kekuatan supernya yang utama adalah mereka dapat mengendalikan dan mendominasi pikiran musuhnya.
Martian Manhunter muncul pada film animasi Justice League, dia juga muncul dalam Serial Supergirl.  Vision muncul pertama kali di Film The Avengers : Age of Ultron dan muncul kembali di film Captain America : Civil War.

Itu dia Geeks para superhero Marvel dan DC yang mempunyai kemampuan yang sama. Siapa diantara mereka yang menjadi favorit kalian?

Comments

comments

Related Post


3 Sisters’ Story
3 Sisters’ Story

Koichi and Eiichi are two brothers, who were separated after…

Apakah ZHUNNDA = SUNDA?
Apakah ZHUNNDA = SUNDA?

Kalau dari segi pengucapan, kata ZHUNNDA memang mendekati SUNDA. Tapi…

Kisah Legenda Naga Mancanegara
Kisah Legenda Naga Mancanegara

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil…

Sudut Pandang Lain Kisah Malin Kundang
Sudut Pandang Lain Kisah Malin Kundang

Kisah Malin Kundang, cerita rakyat Sumatera Barat ini, seringkali dianggap…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *