Pembahasan Masalah Poligami Akan Selalu Menuai Kontroversi

Di nagara kita, adakah contoh rumah tangga harmonis dari para pria yang melakukan praktek poligami? Kalau ada, berapa persen sih probabilitas keberhasilannya?

Aa Gym berpoligami dan menceraikan istrinya yang sudah melahirkan 7 anak, meski kemudian rujuk lagi. Tapi saya salaut dengan kebesaran hati beliau saat mengakui kesalahannya di muka umum pada saat memberikan tausiyah.

Ustadz Al Habsyi menyembunyikan poligaminya yang sudah berjalan 7 tahun dan kemudian bercerai dengan istrinya setelah poligaminya ketahuan.

Opick berpoligami dengan backing vokal sahabat istrinya sendiri, dan istrinyapun sakit hati, lalu minta cerai.

Ustadz Faisal, kakak Uje, berpoligami dan istrinya juga menuntut cerai.

Ustadz Arifin Ilham berpoligami dan sukses tanpa kontroversi dan perceraian.

Secara akal sehat, sangat wajar jika wanita manapun akan merasa sakit dan terzalimi kita suaminya berpoligami, apalagi jika dilakukan secara diam-diam. Jadi niat para pria untuk berpoligami gak kesampaian, nggak usah mengkambinghitamkan keberadaan “jin penghambat poligami” yang harus diryuqyah segala dech.

Saya sendiri termasuk orang yang tidak memandang poligami sebagai sebuah perintah agama, melainkan sebagai sebuah tradisi masyarakat jaman dulu, terutama di benua Asia. Tidak hanya di Arab, di Jawa, Cina dan India dulu, poligami juga hal yang biasa.

Masalahnya, saya jadi muak kalo orang bawa-bawa nama Tuhan dan agama demi kepentingan nafsunya baik nafsu harta, nafsu berkuasa maupun nafsu syahwat.

Mending dengan jujur saja bilang bahwa saya ini cuma manusia biasa yang masih punya nafsu dengan lawan jenis. Tidak usah ngoceh ini itu untuk membenarkan nafsunya apalagi bersikap sok suci.

Hukum cambuk, penggal, potong tangan, dirajam / dilempar batu sampai mati menurut saya juga bukan perintah Tuhan melainkan hukum masyarakat jaman dulu. Masyarakat kuno memang punya hukum yang cukup kejam dan sadis menurut pandangan manusia modern.

Tidak cuma di Arab, di Cina juga ada hukuman tubuh dipisah dengan ditarik 2-4 ekor kuda.

Di Eropa ada hukum bakar hidup-hidup.  Begitu juga dengan berbagai masyarakat kuno lainnya.

Kembali ke soal poligami, saya pribadi masih banyak mengkaji, benarkah riwayat-riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah berpoligami hingga punya 9 orang istri tersebut? Jika ayat Al Qur’an dalam Surat Annisa sendiri membatasi hingga 4 orang istri dengan syarat harus benar-benar berlaku adil, riwayat Nabi punya 9 istri secara poligami sangatlah tidak masuk akal. Rasulullah itu adalah Al Qur’an berjalan. Segala sikap, ucapan, dan perbuatannya tentu saja sangat menggambarkan ajaran-ajaran yang tertulis dalam Al Qur’an. Jika Rasul beristri 9, ini bisa disebut penistaan terhadap beliau donk, karena itu menunjukkan bahwa beliau sendiri adalah orang pertama yang melanggar ajaran Al Qur’an. Sangat mustahil bukan? 🙂

Kadang saya kepikiran, jangan-jangan sebetulnya beliau itu tidak pernah berpoligami? Jangan-jangan istri beliau hanya Khadijah seorang? Jangan-jangan Aisyah sendiri bukanlah istri beliau? Maaf ya jika pikiran liar saya dianggap mengacak-acak Sirah Nabawiyah yang sudah disepakati, terutama oleh para pendukung poligami. Ah, jangan-jangan saya juga mulai dianggap ingkar sunnah oleh mereka…  Jangan-jangan… tapi.. tapi ya sudahlah….

Broadcast Aneh di Awal Dzulhijah 2017

Akang-Teteh, tadi malam saya dapat broadcast lagi di WA, dan isinya persis sama dengan BC yang pernah saya terima lebih dari seminggu yang lalu. Inilah isi BC tersebut :

Malam ini jam 3:25 pagi bulan akan mengelilingi Ka’bah dan langit akan berwarna biru muda, inilah sa’at penerima’an dan sa’at ini terjadi setiap 100 ribu tahun sekali,

Hari ini di malam hari siapa pun yang berdo’a akan diterima. Bulan akan melakukan Tawaaf di sekitar Ka’bah. Tolong sampaikan ini kepada semua orang. Rabbi minkulli zambi watubu illiahi.. ,

jika kamu mengirim doa ini ke temanmu, Allah akan menyelesaikan semua masalahmu.

Tolong kirimkan ini ke Setiap orang dekat Kita sehingga mereka bisa mengetahui.. 👍👍


Nuhun infona… lagi berusaha mengkaji neh…

Karena saya dapat BC ini juga lebih dari seminggu yg lalu, pertanyaan pertama… “Malam ini jam 3:25 itu tepatnya tgl berapa ya? Yang benar itu hari ini atau hari seminggu lebih yang lalu itu? 🙂

Kedua,  bagaiimana ya proses bulan berputar mengelilingi kabah itu? Apakah itu berarti arah revolusi terhadap bumi berubah? Lagipula. hari ini adalah awal bulan Dzulhijah, berarti masih bulan baru. Di saat ini. bulan khan dalam kondisi belum memantulkan cahaya matahari secara penuh. Beberapa hari hari barulah bulan sabitnya kelihatan membesar hingga penuh menjadi bulan purnama di pertengahan bulan nanti.

Banyak teman-teman yang langsung mengucapkan “terima kasih” dan langsung ngasih tanda jempol tanpa dicerna dulu apa maksud BC ini. Apakah ini merupakan tanda-tanda kebanyakan dari kita udah pada malas berpikir? Yang penting ada kalimat “tawaf”, “kabah”, “do’a diterima”, dan kata-kata religius lainnya, langsung dianggap benar tanpa dipikir? 🙂

Saya pribadi sih meskipun berpendapat bahwa isi BC tersebut tidak logis, mikirnya simpel aja. Mending kita fokus berbuat baik saja untuk kemaslahatan umat. Mari kita jaga pikiran, ucapan, dan tindakan kita agar terhindar dari segala hal yang tidak diridhoi oleh-Nya…

Semoga ada hikmahnya bagi kita semua…

Siapa Penulis Sejarah Berikutnya?

Waktu kecil, saya sangat suka pelajaran sejarah, karena isinya adalah dongeng yang menarik semua, tepatnya dongeng yang dianggap benar-benar pernah terjadi. Masalahnya, benarkah sejarah masa lampau yang diajarkan di bangku sekolah itu pasti benar dan bisa dipertanggungjawabkan? Kini saya semakin  yakin  bahwa itu segala dongeng yang tercatat dalam buku pelajaran sejarah dari bangku SD hingga SMA itu belum tentu benar.

Salah satu yang  contoh yang saya ingat adalah pelajaran tentang   asal-usul bangsa Indonesia. Menurut ajaran sejarah jaman SD, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Asia Selatan. Setiap keluar di soal ulangan, kami harus menjawab Yunan. Kini muncul teori lain disertai dalil dalil pelengkapnya.

Masih menurut ajaran sejarah SD, ajaran Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang Gujarat.. Sekarang sudah ada teori lain disertai bukti-buktinya. Teori gujarat tentang masuknya Islam ke Indonesia pun banyak dianggap salah.

Di jaman SD yang saya alami pun, jendral Soeharto diajarkan sebagai pahlawan pembasmi G30S PKI, bahkan filmnya sampai diputar tiap tahun hingga saya tamat SMP pun masih diputar. Setelah terjadi reformasi tahun 1998 lalu, sejarah seakan direvisi. Film G30S PKI tidak pernah ditayangkan lagi.

Sejarah mana yang harus kita ikuti? Tergantung tujuannya apa. Kalo untuk dapat nilai bagus di rapot sekolah, atau ingin dapat nilai A untuk memperbesar IPK, tentu saja sejarah versi guru atau dosen kita, yang sebetulnya belum tentu benar di dunia nyata 😊

Saat ini, setelah Pilkada Jakarta selesai, kita belum tahu apa yang akan tertulis di buku sejarah anak-cucu kita nanti? Satu pihak dengan tim penulisnya menganggap Ahok sebagai penista agama. Sementara kubu lain menganggap Ahok sebagai pahlawan pemberantas korupsi dan kesemrawutan birokrasi di ibu kota.

Kebenaran catatan sejarah saat ini tidak lebih dari hasil kesepatakanyang ditulis dan dibuat oleh para pemenang perang, untuk kepentingan politik mereka semata. Kebenaran sejarah yang mutlak semuanya tercatat di ALLAMUDZ, dimensi dimana semua sejarah tercatat. Hanya manusia yang bias mengakses ALLAMUDZ sajalah yang bias tahu sejarah yang sebenar-benarnya. 

Apa yang akan tertulis di buku sejarah tahun yang akan datang tergantung hasil tulisan siapa yang pemenang perang yang nanti memasukan topik ini ke dalam kurikulum pendidikan sejarah. Karena sesungguhnya sejarah ditulis oleh pemenang perang, disesuaikan dengan visi misi politiknya.

Maafkan Saja…

Kenapa sih kita harus memaafkan orang-orang yang menyakiti kita?

Mungkin kita tidak pernah menyadari, bahwa,  saat kita tetap membencinya, maka dia menjadi penting sekali di hati kita. Malah persis duduk di pintu depan hati kita, selalu terlihat. Tapi saat dimaafkan, maka dia seperti disiram air sejuk, mengalir hingga jauh. Hilang terlupakan di belakang sana.

Kadang kita lupa bagaimana mekanisme dari Sang Maha Pencipta bekerja. Kita mungkin sudah memaafkan orang, karena kita sering menganggap dengan pemaafan kita, dosa orang tersebut jadi hilang. Padahal, kebaikan dan keburukan sekecil apapun, sekecil zarrah sekalipun, tetap akan ada hisabnya. Itulah keadilan Sang Pencipta.

Jadi, kenapa tidak maafkan saja?

Sampai Kapan Angkot dan Taksi Petahana Mampu Bertahan?

 

Kenapa Taksi Online Lebih Disukai Konsumen?

Biaya Terjangkau

Pantesan transportasi online banyak disukai teman-teman, karena memang terasa nyaman, terutama bagi orang-orang seperti saya, seorang ayah dengan tiga putri kecil usia SD.

Hari selasa tanggal 17 April kemarin, saya menjemput istri, anak anak, dan bapak-ibu mertua saya di stasiun Bandung. Taksi di stasiun jahatnya minta ampun. Mereka gak mau pake argo. Maunya borongan. Berapa ongkos yang dia minta dari stasiun ke Turangga? Awalnya dia minta 70rb. Wow! Begitu lihat yang baik banyak sampai penuh, mendadak dia menaikan tarif jadi 100rb! Double Wow! Berapa biaya go-car dari rumah saya ke stasiun Bandung? Ternyata Cuma Rp. 22.000! Taksi non argo menuntut tarif hampir 5 kali lipat lebih mahal! Jangan heran semakin paham masyarakat, taksi non argo akan semakin dijauhi konsumen.

Biaya Transparan

Saat order belum dieksekusi, tarif sudah bisa dihitung di depan. Kita sebagai konsumen bisa menilai tarif tersebut cocok atau tidak sebelum dia memutuskan jadi tidaknya ambil layanan. Saat tombol jadi dieksekusi, identitas driver pun muncul dan kota bisa berkomunikasi dengan driver tersebut.

Nyaman,

senyaman mobil pribadi ber-AC. Rata-rata mobil yang beroperasi memang termasuk mobil baru dengan kondisi prima. Dari hasil obrolan, ternyata memang cukup banyak yang membeli mobil baru lalu mendaftar di layanan transportasi online untuk membayar cicilan sekaligus cari yang.

Gak perlu mikirin kerumitan masalah parkir.

Salah satu masalah berpergian dengan mob9il pribadi adalah masalah parkir. Sering khan kita harus muter-muter di parking lot yang sudah penuh sesak sebelum kita bisa memarkir mobil kita dengan nyaman?  Di tempat-tempat tertentu seperti mall atau toko buku Gramedia biaya parkir durasi lebih dari 2 jam lumayan banyak lho.


Kenapa Peminat Angkot Akan Semakin Berkurang?

Pertama, ongkos angkot sekitar 4rb/org terasa lebih mahal. Untuk berangkat sendirian dengan jarak tempuh yang sesuai, ini masih fair. Tapi saat berpergian beramai-ramai dengan keluarga lengkap, seperti saya misalnya, yang bawa istri dan 3 orang anak kecil, jelas terasa perbedaan anggaran transportasi yang harus dikeluarkan.

Kedua,  Juga kalah praktis. Banyak tujuan perjalanan yang tidak terjangkau satu kali angkot. Biaya transportasi pun masih sering bertambah saat di jalan banyak ketemu dengan para pengamen.

Ketiga, faktor kenyamanan konsumen. Saat angkot sepi penumpang, mereka sering ngetem, ini tidak nyaman bagi penumpang yang sedang ngejar waktu untuk sampai tujuan tepat waktu. Belum lagi gangguan dari para pengamen di perempatan, memang sih bukan kewajiban penumpang buat bayar pengamen, tapi jelas menambah komponen biaya transportasi yang harus dia keluarkan.

Apakah transportase online akan menjadi penyebab matinya angkot di kemudian hari? Belum tentu lah. Di Kertosono Kabupaten Nganjuk, tempat tinggal mertua saya, yang belum mengenal ojek dan taksi online, keberadaan angkot atau angdes tergeser oleh peningkatan kepemilikan sepeda motor dan beroperasinya becak bermotor yang lebih dipilih masyarakat. Saat harga bensin semakin naik, masyarakat semakin berat membayar angkot sebagai transportasi harian. Daripada buat angkot sebulan, kalau dihitung-hitung ya mending buat bayar cicilan kredit motor, khan?

Bagaimana solusinya?

Alternatif pertama adalah batasi jumlah angkot. Angkat sopir angkot jadi PNS Pemkot. Dengan demikian mereka dapat gaji tetap. Dengan cara seperti ini, siapa tahu angkot bisa dibuat gratis, kalaupun tidak gratis, bisa diakali dengan sistem tarif lain yang tidak memberatkan masyarakat, seperti beli paket berlangganan internet misalnya.

Alternatif lain yang kebih keren, Ganti dengan transportasi massal yang lebih baik, misalnya Busway dan Monorail yang menjangkau seluruh kota. Memang butuh keberanian besar untuk merubah sistem lama yang sudah dirasa tidak efektif. Perubahan itu wajar. Dulu delmam diganti dengan bemo dan oplet. Setelah masa kejayaannya habis, diganti dengan angkot. Jika di Jakarta dibuat busway, barangkali kemacetan kota Bandung akan banyak berkurang jika angkot dihilangkan dan diganti dengan sistem transportasi online. Juga akan lebih kondusif untuk menjadikan Bandung sebagai kota sepeda. Adanya transportasi online juga membuat banyak pemilik mobil pribadi akan mengurangi pemakaian mobil pribadinya.