​Istilah Setiap Generasi dalam Budaya Jawa

Dalam Keluarga Jawa biasanya anak menyebut orang tuanya dengan sebutan Bapak dan Ibu. Orang tua Bapak dan ibu disebut Eyang (Kakek/Nenek dlm bhs Indonesia). Orang tua Eyang disebut apa? dst.

Berikut adalah istilah untuk level keturunan (ke bawah) dan level leluhur (ke atas) sampai urutan ke-18 dalam Bahasa Jawa.

URUTAN KE ATAS :

Moyang ke-18. Eyang Trah Tumerah
Moyang ke-17. Eyang Menyo-menyo
Moyang ke-16. Eyang Menyaman
Moyang ke-15. Eyang Ampleng
Moyang ke-14. Eyang Cumpleng
Moyang ke-13. Eyang Giyeng
Moyang ke-12. Eyang Cendheng
Moyang ke-11. Eyang  Gropak Waton
Moyang ke-10. Eyang Galih Asem
Moyang ke-9. Eyang Debog Bosok
Moyang ke-8. Eyang Gropak Senthe
Moyang ke-7. Eyang Gantung Siwur
Moyang ke-6. Eyang Udeg-udeg
Moyang ke-5. Eyang Wareng
Moyang ke-4. Eyang Canggah
Moyang ke-3. Eyang Buyut
Moyang ke-2. Eyang (kakek/nenek dlm bhs Indonesia)
Moyang ke-1. Bapak/Ibu

DILIHAT DARI POSISI KITA :

Urutan ke bawah :

Keturunan ke-1. Anak
Keturunan ke-2. Putu
Keturunan ke-3. Buyut
Keturunan ke-4. Canggah
Keturunan ke-5. Wareng
Keturunan ke-6. Udeg-udeg
Keturunan ke-7. Gantung siwur
Keturunan ke-8. Gropak Senthe
Keturunan ke-9. Debog Bosok
Keturunan ke-10. Galih Asem
Keturunan ke-11. Gropak waton
Keturunan ke-12. Cendheng
Keturunan ke-13. Giyeng
Keturunan ke-14. Cumpleng
Keturunan ke-15. Ampleng
Keturunan ke-16. Menyaman
Keturunan ke-17. Menyo2
Keturunan ke-18. Tumerah

Monggo disimpen .. niki peninggalan leluhur yang nyaris terlupakan…

Kisah Legenda Naga Mancanegara

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular ular besar, wujud ini lebih banyak menggambarkan wujud naga di daerah Asia. Sedangkan di bagian wilayah Eropa, wujud naga digambarkan sebagai seekor kadal bersaya yang kadang memiliki beberapa kepala dan mempunyai kemampuan menghembuskan nafas api.

Boleh dibilang naga adalah makhluk mitologi paling terkenal seantero dunia. Bukan saja karena mereka eksis dalam berbagai kebudayaan, tetapi desain bentuknya sendiri yang mencerminkan sesuatu yang gagah sekaligus kejam, membuat sosoknya begitu populer, baik itu di game ataupun di film.

Berikut adalah 15 Naga Terkeren dari Berbagai Belahan Dunia.

1. Naga – India

Sama halnya dengan Indonesia, makhluk mitos ini dikenal juga dengan sebutan Naga. Dalam Bahasa Sansekerta sendiri, Naga berarti Ular. Wujudnya seringkali digambarkan dengan sosok setengah manusia setengah ular. Naga sangat terkenal dalam kebudayaan India, bahkan berbagai literatur kuno menceritakan secara detil makhluk ini. Seperti dalam kitab Mahabarata yang mengisahkan bahwa Naga merupakan anak-anak Resi Kasyapa hasil perkawinannya dengan Dewi Kadru.

2. Bakunawa – Philipina

Ada sebuah legenda yang sangat terkenal di negara jiran kita Filipina. Pada zaman dahulu kala, orang-orang Filipina percaya bahwa gerhana bulan terjadi akibat bulan yang ditelan oleh sesosok naga (super) raksasa bernama Bakunawa. Untuk mencegah bulan hilang ditelan Bakunawa, mereka memukul-mukul benda untuk menimbulkan keributan. Bunyi nyaring keributan inilah yang dipercaya dapat mengusir Bakunawa sehingga bulan bisa kembali bersinar.

3. Yilbegan – Siberia

Yilbegan atau dikenal pula dengan nama Yelmogus, adalah multi-headed dragon (naga berkepala banyak), bersifat jahat dan pemakan manusia yang berasal dari kisah rakyat di Siberia. Bangsa Siberia sendiri terdiri dari dua etnis, yaitu Turki dan Tatar. Uniknya dari kedua etnis ini, sosok Yilbegan juga berbeda penafsiran wujudnya. Etnis Turki menggambarkan Yilbegan sebagai naga sama seperti foto di atas, sedangkan etnis Tatar mengambarkannya sebagai Ogre berkepala tujuh.

4. Imoogi – Korea

Di Korea terkenal ada 3 jenis naga, yaitu Yong (langit), Gyo (gunung) dan Imoogi (samudera). Dari ketiga naga tersebut, mungkin Imoogi lah yang paling terkenal. Imoogi secara harfiah berarti Good Lizard. Dalam legendanya disebutkan, seorang gadis yang telah dipilih oleh dewa matahari akan bergabung dengan Imoogi di umurnya yang ke-17. Well, ada film yang cukup menarik yang menggambarkan legenda ini, yaitu D-War. Silahkan sahabat menontonnya, recommended deh.

5. Nidhoggr – Scandinavia

Naga yang berasal dari legenda Norse ini dikatakan hidup terperangkap di bawah pohon Ash raksasa yang bernama Yggdrasil. Nidhoggr adalah naga jahat yang keberadaan selalu saja menggerogoti kehidupan pohon tersebut. Dalam legendanya dikatakan, apabila Nidhoggr berhasil lolos dari Yggdrasil, maka Ragnarok segera tiba dan kehancuran dunia pun dimulai.

6. Zmaj – Slovenia

Zmaj adalah sosok naga berkepala 3 dengan sisik berwarna kehijauan serta bernafaskan api. Kepalanya apabila dipotong akan langsung memunculkan kepala yang baru. Zmaj dengar masih ‘sepupuan’ dengan Hydra. Kejam dan sangat susah dibunuh. Menurut ceritanya, Zmaj berhasil dibunuh dengan cara mengelabuinya dengan memberikan hadiah makanan yang ternyata mengandung sulfur belerang. Kejam tapi gampang dikadalin 🙂

7. Verechelen – Russia

Verechelen berarti berarti invisible snake, salah satu jenis naga yang bernafaskan api. Merupakan naga yang terkenal dalam cerita rakyat di daerah Chuvash, Rusia. Oleh karenanya Verechelen juga dikenal dengan sebutan Chuvash Dragon. Diceritakan bahwa pada zaman dahulu ketika rakyat Chuvash menemukan kota tersebut, mereka berhadapan dengan sesosok ular naga raksasa. Ular naga itu hampir terbunuh tetapi kemudian ia memohon ampun. Sosok ular naga inilah yang dikenal dengan nama Verechelen.

8. Cuelebre – Spanyol

Dalam dongengnya, ada seorang gadis yang acuh terhadap larangan untuk tidak menyisir rambutnya sembari memandang pantulan bayangannya di air. Tak disangka, sehelai rambutnya jatuh ke air dan membuat peri air menjadi marah. Sang peri air itupun mengutuk gadis tersebut menjadi naga. Inilah awal mula munculnya si naga Cuelebre menurut cerita rakyat Spanyol. Konon, untuk kembali ke wujud gadisnya, Cuelebre harus bertemu dengan pangeran yang berhati murni dan berani mendekatinya sembari berkata dengan sepenuh hati bahwa Cuelebre adalah sosok yang cantik. Tertarik nyoba gan?

9. Wyvern – United Kingdom

Di Inggris Kuno, terkenal sesosok makhluk raksasa yang begitu ditakuti oleh rakyat. Sosok itu meneror mereka dari angkasa dan membawa kematian bagi siapapun yang mencoba melawannya. Makhluk itu adalah Wyvern. Naga ini adalah yang unik karena memiliki bentuk yang khas apabila dibandingkan dengan naga Eropa lainnya. Bila naga Eropa pada umumnya sayap dan tangan naga terpisah, tangan dan sayap Wyvern bergabung menjadi satu.

10. Liong – China

Dalam kebudayaan kuno negeri Tiongkok, terkenal sesosok makhluk raksasa yang dianggap sebagai simbol kekuatan alam yang bernama Liong. Di Tiongkok sendiri, Liong dianggap sebagai hewan spiritual suci yang keberadaannya harus dihormati. Liong dianggap sebagai jelmaan roh manusia suci yang jiwanya belum masuk nirwana. Maka tak heran bila di Tiongkok sendiri, menghina bahkan merusak gambar Liong dianggap sebagai perbuatan yang tabu.

11. Azi Dahaka – Persia

Dalam agama kuno bangsa Persia, dikenal seekor makhluk raksasa yang merupakan cerminan segala hal jahat yang ada di dunia. Nama makhluk itu adalah Azi Dahaka. Namanya sendiri diambil dari kata Dahag yang berarti naga. Disebutkan bahwa dia adalah ular naga yang memiliki kecerdasan setara manusia, bahkan konon dia dapat menjadi raja dan memimpin suatu kerajaan. Azi Dahaka dikenal sebagai raja yang lalim, playboy alias punya banyak selir dan sangat menyukai peperangan.

12. Quetzalcoatl – Aztec

Aztec diciptakan oleh dewa yang bernama Quetzalcoatl. Begitu menurut legenda suku Aztec, suku yang mendiami daerah Amerika Tengah. Quetzacoalt sendiri gabungan dari kata quetzal (burung Mesoamerica yang berwarna cerah) dan coalt yang berarti ular. Quetzacoalt sering digambarkan sebagai ular naga bersayap. Akan tetapi menurut sejarah yang sebenarnya, Quetzalcoalt adalah seseorang berkulit putih, tinggi dan berjanggut yang membangun sebuah pemukiman yang kelak akan menjadi pusat peradaban suku Aztec.

13. Zilant – Tatar

Zilant adalah gabungan antara ular naga dengan Wyvern. Merupakan makhluk mitologis yang berasal dari legenda bangsa Tatar. Zilant adalah simbol dari kebijaksanaan, keabadian dan kekuatan dari bangsa yang kini banyak menghuni daerah Kazan. Dalam legendanya ketika Khan Ulugh Muhammad menemukan kota Kazan, ia beserta pengikutnya mendapati daerah tersebut penuh dengan ular. Mereka pun membunuhi ular tersebut agar daerah tersebut bisa ditinggali. Ketika semua ular mati, dari balik bukit muncullah seekor ular naga raksasa yang menjadi raja para ular tersebut dan mengusir para pengikut Khan. Ular naga inilah yang kini dikenal sebagai Zilant.

14. Balaur – Romania

Balaur adalah makhluk yang berasal dari legenda bangsa Rumania. Balaur merupakan salah satu naga terbesar yang ada di Eropa. Dia digambarkan mempunyai 2 kepala, bahkan kadang ketika kekuatannya membesar, kepalanya bisa bertambah sampai berjumlah 12 buah. Balaur adalah naga bersimbol kejahatan. Dalam legendanya, Balaur menculik seorang putri dimana akhirnya seorang ksatria bernama Fat-Frumos berhasil membunuh Balaur dan menyelamatkan sang putri.

15. Ryujin – Japan

Sama halnya dengan Imoogi di Korea dan Liong di China, Ryujin yang berasal dari Jepang adalah makhluk spiritual yang dikenal sebagai dewa naga di lautan. Ryujin adalah naga baik hati yang merupakan simbol harapan bagi rakyat Jepang. Ryujin dikenal pula dengan sebutan Wadatsumi, dan dia merupakan ayah dari putri Otohime. Putri Otohime dalam legendanya menikahi seorang pangeran bernama Hoori. Kaisar pertama Jepang, Jimmu dikatakan adalah cucu dari pasangan Otohime dan Hoori. Hal ini berarti Ryujin adalah nenek moyang dari anggota keluarga kekaisaran Jepang.


Itulah berbagai dongeng legenda Naga yang tersebar di berbagai belahan bumi. Saya beru nemu 15 data, kalau ada data baru, Insya Allah tulisan ini nanti di-update lagi ya.

Yang jadi pertanyaan, kok bisa banyak persamaan ya? bukankah orang-orang jaman dulu itu katanya belum bisa saling komunikasi? Jaman dulu katanya khan belum secanggih sekarang, belum ada internet dan Smartphone. Bisa aja sih dipakai logika ini : dongeng tentang naga sudah ada sejak generasi awal keturunan Adam dan Hawa sebelum mereka menyebar ke berbagai negara, jadi gak heran dongeng naga sekarang ada di mana-mana.

Saya ingin menambahkan dongeng lain di sini. Boleh khan? Ya jelas boleh lah, lha wong ini blog pribadi gw. Blog aing nya kumaha aing. Betul? he he…

Konon, makhluk ular naga ini dulu dikenal dengan istilah TRONDALLO.  Makhluk ini merupakan rekayasa genetik buatan bangsa TARX, berbentuk seperti ular, tetapi sangat besar sekali. Diameternya 3-4 meter dengan panjang bisa mencapai 30 meter. Trondallo memiliki sayap yang sangat kuat dan daya terbang luar biasa jauh. Kulit mereka memiliki sisik yang tahan api dan tahan benturan.

Bagaimana dengan dongeng naga menyemburkan api dari mulutnya? Api tersebut berasal dari hidogen. Mekanismnya adalah, trondallo mengambil unsur air atau H20 diambil dari awan. Mereka menyerap awan ke dalam badannya melalui pori-pori sisiknya, lalu memisahkan hidrogen dan oksigen dengan kulit bagian dalam. Oksigen digunakan untuk mereka bernafas, sedangkan hidrogen dikumpulkan di bagian tembolok untuk dijadikan senjata. Gigi mereka sangat kuat, bagaikan logam kraiman. Ketika makhluk ini menembakkan hidrogen dari mulutnya, gigi akan digesekan sehingga menimbulkan percikan api, lalu terlontarlah bola-bola api dengan kecepatan dan kekuatan yang sangat tinggi. Mungkin senjata pada masa kini hanya dirasa gelitikan saja oleh Trondallo.

Oleh bangsa KRAIRON, binatang ini difungsikan sebagai penggali tanah yang sangat cepat. Sebetulnya TRONDALLO adalah binatang yang mudah dikendalikan, tetapi bila tuannya lupa memberi makan, TRONDALLO suka muncul ke permukaan tanah untuk mencari makan.

Masyarakat jaman dulu sering melihat kemunculan binatang ini, dan mereka menyebutnya Naga, Dragon, Liong, dan lain sebagainya seperti 15 nama yang tertulis di bagian atas.

Trondallo untuk keperluan bangsa Krairon ini tikda memiliki sayap dan bisa menembakkan hidrogen dari mulutnya.

Beberapa orang dari bangsa TARX membawa Trondallo bersayap ini ke Ardh Grumma untuk uji coba hidup. Ternyata mereka bisa hidup dan menjadi sangat kuat karena makanan yang cukup. Bahkan mereka mencoba memutasikan Trondallo ke bentuk yang lain. Mereka dengan teknologi bangsa TARX berhasil membuat beberapa jenis TRONDALLO berkaki, tetapi tidak panjang, namun memiliki sayap dan bisa terbang, juga mampu mengeluarkan hidrogen, dan berbagai macam jenis TRONDALLO lain yang aneh-aneh.

Rentetan Peristiwa Sebelum Kiamat Menurut Baba Vanga

Baba Vanga, peramal buta asal Bulgaria, meramal kejadian secara tepat peristiwa 11 September di Amerika, terpilihnya Barrack Obama menjadi Presiden Amerika beberapa waktu yang lalu, hingga munculnya ISIS yang menjadi bagian dari ramalannya. Baba Vanga memang sudah meninggal dunia pada tahun 1996 dalam usia 85 tahun, tapi ada beberapa kondisi masa depan yang dia ungkapkan sebelum dia meninggal.

Vanga memang pernah tepat memberi petunjuk datangnya gempa dan tsunami yang menghantam Aceh pada 2004 silam.

Vanga memberikan petunjuk pada tahun 1950-an dimana saat itu ia mengatakan bahwa akan ada ombak sangat besar yang menghantam wilayah yang sangat luas hingga menenggalamkan manusia dan perkotaan.

Adapun sebelum kematiannya, Vanga sempat mengatakan bahwa akan ada bocah berusia 10 tahun di Perancis yang mewarisi kemampuanya. Bocah ini kemudian akan dikenal banyak orang. Siapakah bocah ini? Saya mah belum nemu euy 🙂

Selain itu, beberapa ramalan lainnya antara lain pecahnya Uni Soviet, bencana nuklir Chernobyl serta kematian Stalin.

Tapi dia juga pernah nggak akurat tuch, Vanga juga ternyata sempat keliru ketika meramalkan babak final piala dunia tahun 1994. Saat itu ia mengatakan bahwa laga final akan mempertandingkan dua tim yang berawalan huruf B. Faktanya laga final mempertemukan antara Brasil dan Italia.

Inilah Deretan Peristiwa Sampai Datangnya Kiamat Menurut Ramalan Baba Vanga. Memang hari kiamat atau akhir zaman adalah rahasia Sang Maha Pencipta. Terbukti khan sudah banyak ramalan bahkan tanda-tanda hari kiamat yang meleset dari prediksi.

Tapi melihat beberapa prediksi yang sebelumnya diungkapkan Baba Vanga yang sudah banyak terbukti, bahkan pengikutnya mengklaim 80% ramalan Baba Vanga terbukti, tak ada salahnya kita sebagai manusia harus waspada terhadap bencana yang akan menimpa kehidupan dibumi bahkan sampai kapan datangnya hari kiamat terjadi. Jika kiamat terjadi sebelum tahun 2020, maka semua ramalan di bawah ini tentu saja gugur. Buat saya pribadi sih, prediksi di bawah ini seru juga buat ide pembuatan dongeng dan film scifi futuristik, he he…

Oke… inilah dia….

2018 China menjadi kekuatan baru di dunia ini. Mengalahkan Amerika dan negara-negara Eropa.

2023  Orbit bumi mengalami sedikit perubahan. Tidak jelas detail perubahannya seperti apa dan apa dampaknya bagi kehidupan manusia bumi.

2025  Eropa mempunyai issue politik serius.

2028  ditemukan sumber energi baru. Namun kelaparan menjadi masalah baru bagi manusia.

2033  gunung-gunung es di kutub utara mengalami pelelehan drastis hingga level air laut naik. Jakarta, Surabaya, dan kota kota lain yang ada di pinggir pantai pada tenggelam donk?

2043  Ekonomi dunia melaju pesat. Sementara itu muslim menguasai Eropa…

2046  Organ tubuh manusia bisa diproduksi dan dijual. yang memungkinkan seseorang mengganti organ tubuhnya dengan yang baru.

2066  Kekuasaan muslim di Roma diserang oleh Amerika. dengan menggunakan senjata modifikasi cuaca. Berbicara tentang senjata modifikasi cuaca, sebetulnya saat ini manusia sudah berhasil kok membuat peralatan modifikasi cuaca. Untuk menahan hujan, orang tidak perlu cara klenik seperti pawang hujan lagi. Banyak hujan dicegah dengan cara menembakan laser agar awan yang sudah terkumpul terpecah-pecah lagi. Bukankah teknologi HAARP yang bisa memodifikasi cuaca sudah ada sejak tahun 1993?

2076  dunia mengadopsi komunisme.

2084  iklim kembali pulih. Belum jelas apa yang dilakukan manusia hingga bisa memulihkan iklim yang terganggu beberapa tahun sebelumnya.

2088 lahir penyakit baru dimana penderita penyakit ini menjadi tua dalam hitungan detik. Jadi inget film Captain America yang dibikin sebelum tahun 1990, yang tamengnya masih transparan. Di film itu musuh Captain America khan bawa-bawa serum yang bisa menyebabkan orang menua dalam waktu beberapa detik.

2097 Penyakit menua sekejap telah ditemukan obatnya.

2100 manusia menciptakan matahari baru untuk menyinari belahan bumi lain. Dongeng manusia mengkloning matahari bukan dongeng baru. Sejak Arkhytirema lahir tahun 419 Origom lalu juga bangsa Krairon sudah melakukan itu untuk matahari di planetnya.

2111 manusia berhasil menciptakan manusia robot. Bukannya sekarang robot juga sudah ada? Mungkin robot yang dimaksud adalah robot yang sudah benar benar manusiawi.

2123 negara-negara keil berperang sementara negara-negara besar tidak ikut campur.

2125 Hungaria menerima sinyal dari luar angkasa dalam arti sinyal alien. Bukankah kontak manusia dengan alien sudah terjadi sejak jaman dulu kala?

2130 Koloni besar manusia terbentuk di bawah laut.

2164 Manusia setengah hewan dilahirkan. Dongeng manusia setengah hewan sebetulnya sudah ada sejak jaman pra-sejarah. Contohnya Anubis yang digambarkan di dinding piramida mesir, yang merupakan rekayasa genetik dari manusia Brodella dan sejenis serigala besar.

2167 Muncul agama baru

2170 kekeringan besar dan kemarau panjang

2185 koloni yang ada di Mars menjadi negara nuklir. dan meminta berpisah atau merdeka dari bumi.

2187 dua gunung berapi berhasil dicegah meletusnya. Gunung apa ya?

2195 koloni yang ada di bawah laut berevolusi makanan dan energi berlimpah

2196 benua Asia dan Eropa sepenuhnya bersatu

2201 suhu matahari merendah dan planet semakin dingin.

2221 dalam pencarian ke ruang angkasa manusia menemukan hal yang mengerikan

2256 kapal luar angkasa yang hilang kembali ke bumi dan membawa penyakit yang mengerikan.

2271 hukum fisika berubah

2273 dengan bersatunya benua Asia dan Eropa warna kulit akan berubah dan ras baru mulai tercipta.

2288 pengembara waktu diciptakan dan kontak dengan alien terjadi lagi.

2291 matahari kembali normal

2296 Badai matahari terjadi semua satelit buatan hancur. Konon, badai matahari sudah beberapa kali terjadi. Pada tahun 419 Origom yang lalu, atau sekitar 80.000 tahun yang lalu, saat bumi kita dihuni oleh bangsa Atlantis dan Lemurian 40%, badai matahari pun pernah terjadi. Saat itu bangsa Lemurian mengatasi badai matahari dengan sebuah teknologi bernama Rabaqoltrha

2299 di Perancis gerakan gurela bangkit kembali dan melawan Islam

2302 hukum hukum dan rahasia alam semesta terbongkar

2304 Rahasia Bulan Terbongkar

2341 Sesuatu yang mengerikan dari luar angkasa datang ke bumi

2354 Kecelakaan di matahari buatan menyebabkan dunia kekeringan.

2371 Kelaparan Besar-Besaran

2378 Muncul Ras Baru

2480 Bumi semakin gelap

3005 Terjadi Peperangan di Planet Mars

3797 Semua hal yang ada di bumi mati mereka yang bertahan hidup beradaptasi dan berevolusi

3805 Perang antara manusia memperebutkan sumber energi

3815 Perang Berakhir

3854 Manusia hidup seperti hewan tidak punya aturan hukum rimba pun berlaku

3871 Lahir Rasul Baru yang mengajarkan nilai-nilai agama

3874 Rasul ini mendapat sambutan baik dari hampir separuh populasi manusia lalu ia dibuatkan tempat ibadah

3878 Tempat ibadah ini mengajarkan ilmu sains baru

4304 di tempat ibadah tersebut banyak ditemukan obat-obatan untuk penyakit

4308 dengan mutasi manusia mereka berhasil menggunakan 75% otak mereka dan tidak ada kebencian diantara mereka.

4509 menusia berhasil mencapai pengembangan dari level tertinggi dan melakukan kontak dengan Tuhan.

4599 Manusia menjadi abadi

5076 batas ruang angkasa telah tercapai tapi tak ada yang tahu apa di baliknya.

5078 batas ruang angkasa telah terlewati, lebih dari 40% populasi manusia berusaha melewatinya.

5079 Hari kiamat terjadi.

Boriska Kipriyanovich – Indigo Rusia Yang Dimanipulasi Bangsa Zervo

Menurut laporan Truth Report Rusia pada tanggal 12 Maret 2004, disebutkan bahwa seorang anak lelaki berusia 7 tahun di kawasan utara Rusia mengaku dirinya berasal dari Mars, bahkan memiliki bakat bawaan yang menakjubkan dan kepandaian yang luar biasa. Borischa, demikian nama bocah dari planet lain itu melakukan perjalanan yang jauh dan sulit hingga tiba di kawasan yang penuh dengan misteri itu.

Harian itu melaporkan, bahwa seorang saksi mata mengatakan, “saat itu di suatu malam yang hening, orang-orang yang berkemah duduk di hadapan api unggun berbincang-bincang. Tiba-tiba, Borischa berdiri membungkukkan badan, dengan suara nyaring membangkitkan perhatian setiap orang, semua orang dengan perasaan tertarik memandanginya. Saksi mata mengatakan: “Ternyata, ia bermaksud memberitahu kepada mereka tentang kehidupan penduduk di planet Mars, serta pengalaman legendaris mereka terbang menuju bumi.” Dalam sekejap itu, lokasi api unggun tenggelam dalam kesunyian.

Dan yang lebih fantastis lagi adalah, bocah laki-laki ini bahkan secara hidup menceritakan tentang daratan misterius Limoliya yang tenggelam di dasar laut dalam legenda kuno manusia. Dan menurut penuturan bocah laki-laki ini, ketika ia tiba di bumi dari planet Mars persis mendarat di sana, dan memahami sekali kehidupan di sana.

Banyak orang secara mengejutkan menemukan, bahwa bocah laki-laki misterius ini sedikitnya memiliki 2 ciri khas. Pertama, Borischa memiliki pengetahuan yang luar biasa, inteligensinya jelas lebih tinggi levelnya daripada seorang bocah biasa sebayanya. Limoliya adalah negeri misterius dalam legenda minimal 800 ribu tahun silam, jangankan anak-anak, bahkan profesor universitas pun mustahil semuanya bisa tahu, dan ia secara terperinci dan dengan paham sekali menceritakan sejarah, kebudayaan dan penduduk negeri yang kuno ini. Dan ciri khas kedua yang menimbulkan perhatian adalah, bocah laki-laki ini memiliki kemampuan penyampaian dengan bahasa yang membuat orang kagum. Ia menguasai berbagai macam istilah kejuruan, memahami data-data dengan tepat dan cermat, bahkan mengetahui secara jelas tentang sejarah bumi dan planet Mars.

Seorang saksi mata mengatakan, “Manurut saya, ketika bocah ini membicarakan memori pribadi dari kehidupan terdahulu pada kami, bukan bicara sembarangan dan tidak berdasar.”

Menurut laporan, Borischa yang misterius lahir di sebuah rumah sakit di pedesaan terpencil di kota kecil Rusia pada tanggal 11 Januari 1996. Secara permukaan terlihat orang tuanya cukup bersahaja, lugu dan baik hati. Ibunya, Nadezhda adalah orang baik, seorang dokter kulit di sebuah rumah sakit umum. Sedangkan ayah sang bocah adalah seorang pensiunan perwira tentara.

Nadezhda mengenang, setelah 15 hari kelahiran, Borischa sudah bisa menengadahkan kepalanya. Namun, yang menakjubkan adalah ketika ia berusia 1,5 tahun sudah bisa membaca dan memahami judul berita yang ada di koran. Dan 2 tahun kemudian, Borischa memiliki daya ingat yang luar biasa, serta kemampuan menguasai pengetahuan baru yang sulit dipercaya. Kemudian, dengan cepat orang tuanya mengetahui, bahwa anak mereka dengan suatu cara yang unik –dari suatu tempat yang misterius– mendapatkan informasi.

Nadezhda mengenang kembali dan mengatakan: “Tidak pernah ada orang yang mengajarinya tentang hal-hal itu, namun kadang kala ia melipat kaki dan duduk menyilang, bicara dengan tenang dan penuh keyakinan akan hal-hal yang merawak rambang. Ia suka bicara tentang planet Mars, sistem planet, dan peradaban yang sangat jauh sekali. Kami benar-benar tidak berani percaya dengan pendengaran kami. Sejak usia 2 tahun, setiap hari ia seperti membaca kitab suci membicarakan tentang alam semesta, dan kisah dunia lainnya yang tak terhitung banyaknya juga tentang angkasa yang tiada batasnya.”

Sejak saat itulah, Borischa terus berkata pada orang tuanya, bahwa dulu ia tinggal di planet Mars. Ketika itu, ada sejenis manusia tinggal di planet Mars, oleh karena terjadi sebuah bencana dahsyat yang mematikan, lapisan atmosfer di atas planet Mars lenyap total, sehingga penduduk di atas planet Mars itu terpaksa harus hidup di kota bawah tanah. Dan sejak itu, ia sering keluar berdagang dan berkunjung ke bumi dengan tujuan mengadakan penelitian, lagi pula ia hanya seorang diri mengendarai pesawat antariksa.

Menurut penuturan Borischa, bahwa semua ini terjadi pada masa makmur peradaban Limoliya. Waktu itu, ia memiliki seorang sahabat karib di Limoliya, namun temannya ini tewas di hadapannya. Borischa mengenang kembali dan mengatakan: “Waktu itu, di atas bumi telah terjadi suatu bencana dahsyat, sebuah daratan yang mahabesar bagaikan ditelan oleh hujan badai laut. Tiba-tiba, sebuah batu raksasa menghantam sebuah bangunan, dan secara kebetulan teman saya berada di sana, saya sama sekali tidak sempat menyelamatkannya.” Dengan hidup bocah laki-laki ini menceritakan seluruh pemandangan hilangnya Limoliya, bagaikan baru terjadi kemarin.

Borischa mengatakan, bahwa pesawat ulang-alik mereka, hampir dalam sekejap telah rampung dalam suatu perjalanan sejak tinggal landas dari planet Mars hingga mendarat di bumi. Bersama itu, ia mengeluarkan sebatang kapur tulis dan melukis sebuah benda yang berbentuk bulat di atas papan tulis. Ia mengatakan: “Pesawat ruang angkasa kami dibentuk dari 6 lapisan, lapisan luar mendominasi 25%, dibuat dari metal yang kokoh. Lapisan ke-2 mendominasi 30%, dibuat dari bahan yang menyerupai karet. Lapisan ke-3 mendominasi 30%, juga terbuat dari metalc dan lapisan terakhir hanya mendominasi 4%, dibuat dari bahan magnetisme khusus. Jika kami mengisi penuh energi pada lapisan magnetisme ini, maka pesawat ruang angkasa bisa terbang menuju ke mana pun di alam semesta ini.”

Dengan agak serius Borischa juga memprediksi dan mengatakan, bahwa pada tahun 2009 akan terjadi bencana besar yang pertama kalinya di sebuah daratan di atas bumi, dan bencana kedua kalinya yang lebih menghancurkan lagi akan terjadi pada tahun 2013.

Catatan :

Borischa itu memang anak Indigo, tapi dia bukan dari Planet Mars. Penghuni Mars itu membuat semacam Stealth Camouflage untuk membuat tempat mereka tidak terlihat oleh siapapun. Tapi memang ada beberapa reruntuhan yang tidak ditutup, seperti The Face, dan beberapa piramida di permukaan Mars. Tujuannya adalah untuk menunjukkan saja bahwa di sana ada yang tinggal. Tapi tidak mau orang terlalu memahami. Foto-foto dari NASA juga banyak yang diedit seolah-olah Mars itu Red Planet. Padahal Mars itu aslinya berwarna alami seperti Planet kita. Sekarang memang akan bermunculan anak-anak Indigo ini, tujuannya adalah untuk menggantikan generasi sebelumnyayang sudah sangat menyedihkan.

Borischa ini dapat segala macam petunjuk dari Bangsa ZERVO, bukan ETHEPHAKA, karena ETHEPHAKA tidak boleh ikut campur terlalu jauh soal penghuni planet yang dijaganya. Klau ZERVO selalu getol sekali memberikan informasi salah soal segala macam.Berarti Boriska ini dimanipulasi bangsa ZERVO.

Apakah Jin Dapat Dilihat Manusia?

Apakah manusia bisa melihat jin dalam bentuk aslinya? Pertanyaan ini memang sudah banyak dibahas orang. Pada saat tanya sama Om Google pun, ternyata memang banyak sekali bermunculan berbagai blog dan postingan di Facebook yang membahas masalah ini.

Tapi terus terang saja, saya pribadi kurang puas dengan bahasan-bahasan di sana, karena kebanyakan hanya berteori berdasarkan tafsiran si pembahasnya dari dalil kutipan ayat Al Qur’an, hadits, dan penjelasan para ulama, tanpa bukti nyata yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, masuk akal, dan didukung dengan penelitian-penelitian yang menggunakan teknologi. Lho? Apa perlu dukungan teknologi? Ya iya lah, gan… Al Qur’an sebagai petunjuk hidup manusia, isi kandungannya tentu saja akan selalu sesuai dengan perkembangan jaman, karena memang didesain oleh Sang Maha Pencipta untuk menjadi pedoman hidup hingga akhir zaman. Kalau sudah merasa tidak sesuai, kita yang harus upgrade pengetahuan kita, jangan-jangan tafsirnya sudah tidak tepat. Tolong koreksi saya juga jika pemikiran saya kurang tepat. Namanya juga masih belajar. Lagipula, saya khan bukan Ustadz lulusan pesantren manapun.

Banyak orang, terutama para praktisi Ruqyah yang aktivitas sehari-harinya melakukan ritual permbersihan jin, berpendapat bahwa manusia tidak bisa melihat jin. Ada juga yang berpendapat bahwa jin bisa dilihat, tapi manusia tetap tidak bisa melihat jin dalam wujud aslinya.

Dalil Pertama, QS Al A’raf:27  :

[7:27] Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.

Terus terang, saya kurang setuju jika ayat di atas dijadikan pembenaran mengenai ketidakmampuan manusia untuk melihat jin.  Ayat di atas jelas menjelaskan bahwa syaitan melihat kita dari tempat yang kita tidak bisa melihat mereka.

Pertanyaan dasar, apakah Jin sama dengan Syaitan? Kenapa banyak yang mensinonimkan Jin dengan Syaitan? Jin dan Syaitan adalah dua hal yang berbeda. Jin adalah makhluk. Sedangkan Syaitan adalah sifat. Sifat syaitan itu ada pada diri jin dan manusia. Jadi tentu saja Jin dan Syaitan itu berbeda.

Selama ini mungkin kita terbiaskan karena kutipan berbagai dalil-dalil berikut :

Rasulullah bersabda, “Jika kalian mendengar lolongan anjing dan ringkikan keledai di malam hari, maka berlindunglah kepada Allah. Karena mereka sedang melihat apa yang tidak kalian lihat.” (HR. Abu Daud, no. 5103).

Pertanyaan : apa yang dimaksud dengan “apa yang tidak kalian lihat?” Syaitan kah? ataukah cuma jin?

Rasulullah bersabda, “Apabila kalian mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari (kejahatan) syetan. Karena ia telah melihat syetan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pertanyaan, dalam hadits di atas, syetan yang dimaksud adalah syetan dari golongan jin atau golongan manusia? Pahami konsepnya yang benar, jin bukanlah sinonim dari syetan. Jin adalah makhluk, sedangkan syetan adalah sifat!

Perlu penjelasan lebih lanjut. Sebetulnya yang dilihat oleh  itu syaitan atau jin? Terjemahan di atas memang syaitan. Tapi apakah faktanya memang demikian?

Dalil lain yang sering dipakai sebagai pembenaran ketidakmampuan manusia untuk melihat jin :

Imam Syafi’i rahimahulloh berkata, “Barangsiapa yang mengaku dirinya bisa melihat jin (dalam bentuk aslinya), maka kami tolak kesaksiannya kecuali dia seorang nabi.” (Kitab Fathul Bari: 4/ 489).

Penjelasan di atas bukanlah ayat Al Qur’an maupun Hadits, itu adalah pendapat ulama yang masih perlu banyak dikaji secara ilmiah. Faktanya, banyak kok teman-teman saya yang bisa melihat jin, lagipula keberadaan jin bisa dideteksi dengan mudah dengan bantuan teknologi.

Demikianlah berbagai dalilnya. Sekarang bagaimana dengan faktanya?

Berbicara masalah penampakan hantu, ada banyak pendapat yang menyatakan itu hanyalah tahayul dan tidak sedikit juga yang memprcayai hal tersebut. Namun yang pasti parapsikolog di Amerika yang mempelajari mahluk astral ini sudah sedikit banyak mengetahui bagaimana tahapan mahluk kasat mata dengan sifat elektromagnetik ini muncul di alam nyata (manusia). Berikut tahapannya.

Tahap Pertama: Orbs

Tahap ini ditandai dengan kemunculan Orbs

Orbs adalah pemunculan pertama dari Jin. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Jin terbuat dari Api yang sangat panas, maka apabila terjadi aktivitas mahluk tersebut dan cukup energi untuk mempengaruhi kelembaban udara, maka akan muncul titik-titik seperti air di atas. Untuk level orbs seperti ini, bisa dikatakan kekuatan mereka ( jin ) tidak begitu kuat. Tetapi mereka sudah cukup kuat untuk memberikan halusinasi pada manusia, berupa bayangan apapun yang manusia takuti.

Memang ada bantahan dari kalangan fotografi tentang Orbs ini. Tapi silahkan buktikan saja, apakah keberadaan Orbs yang tertangkap kamera anda selalu konsisten dengan kondisi tempat? Orbs ternyata banyak tertangkap kamera di tempat-tempat yang dianggap angker dan menakutkan oleh manusia.

Tahap Kedua: Ectoplasma

Tahap ini ditandai dengan kemunculan Ectoplasma

Ectoplasma adalah tahapan kedua pemunculan Jin. Kekuatan mereka sudah cukup untuk memadatkan dan menyatukan uap air di udara sehingga cukup untuk membuat bayangan asap dan memanjang seperti gambar di atas. Kekuatan mereka berasal dari ketakutan manusia dan dari manusia yang menyembah mereka seperti tukang minta-minta nomor pada setan atau dari mereka yang suka meberikan persembahan berupa suguhan suguhan kepada mereka. Tetapi sesungguhnya, bukanlah pengaruh dari suguhan yang manusia beri tetapi pengaruh dari energy manusia itu sendiri yang memohon pertolongan dan perlindungan dari mereka itu.

This slideshow requires JavaScript.

Tahapan pemunculan kedua dari Jin ini sudah memiliki kekuatan lebih besar dari Orbs. Pernahkah anda melihat hasil dari foto anda terlihat asap putih? Nah, asap putih itulah yang disebut Ectoplasma. Kekuatan dari Ectoplasma ini lebih besar dari Orbs. Ectoplasma sudah cukup untuk menggerak-gerakkan benda-benda ringan dan kecil.

Tahapan Ketiga: Vortex

Pada tahap ini ditandai dengan kemunculan vortex atau sering disebut penampakan.

Vortex atau Penampakan adalah tahap ketiga pemunculan Jin. Mereka memiliki kekuatan dengan level energy seperti ini dikarenakan kerjasama dengan manusia dalam bentuk sihir. Manusia yang mempelajari ilmu sihir, baik itu teluh, santet, ilmu kutuk, guna-guna, menyilap pandangan mata, susuk, ilmu ilusi seperti tali berubah menjadi ular dan sebagainya, pesugihan ( karena terus disembah oleh manusia ), itu memerlukan kerjasama yang sangat mendalam dengan mahluk Jin seperti ini.

This slideshow requires JavaScript.

Setiap hari energy manusia yang bersekutu dengan mereka akan mereka serap, sehingga cukup untuk membuat mereka mampu memasuki dimensi manusia secara nyata. Tidak perlu lagi mereka mengirimkan sinyal ke otak manusia, karena mereka bisa mewujudkan diri kapan saja dan dimana saja dalam waktu tidak terbatas siang atau malam.

Semakin mereka mempunyai energi yang kuat dari persekutuan mereka dengan manusia, maka dengan sangat mudah mereka masuk ke alam manusia dan tidak mengherankan apabila ada foto penampakan hantu yang sangat nyata (tidak samar) bahkan di siang hari, selain itu mereka mampu menggerakan benda benda yang lebih besar dan lebih berat, mampu mengapungkannya, tertangkap kamera dan melakukan kegiatan-kegiatan horor lain yang benar benar menyeramkan dan menakutkan.

Bagaimana Cara Kita Menyikapi Hal Ini?

Tanamkanlah keyakinan dalam diri kita, hantu dalam bentuk penampakan jin bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti. Ingatlah bahwa Sang Maha Pencipta telah menciptakan manusia dilebihkan atas makhluk-makhluk-Nya yang lain. Jangan pernah ajarkan anak-anak didik kita untuk takut pada hantu yang ada di film-film dan tayangan televisi. Faktanya belum pernah ada Jin yang bisa membunuh manusia. Apakah manusia dapat membunuh jin? Sebenarnya amat sangat mudah. Gangguan jin dapat kita musnahkan dengan menggunakan energi tubuh manusia itu sendiri, maupun dengan aplikasi teknologi buatan manusia. Gangguan jin dapat kita singkirkan dengan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita pada Sang Maha Pencipta karena sesungguhnya dalam keimanan dan ketakwaan terdapat kekuatan.